Sidak Rutan Makassar, Petugas Gabungan Temukan Sabu dan Tisu Magic

Ditemukan di blok narkoba Rutan Klas 1 Makassar

Makassar, IDN Times - Petugas Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Selatan menemukan sejumlah barang-barang terlarang saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Makassar, Jumat (13/12) malam.

Selain narkoba diduga sabu yang tersimpan dalam saset plastik kecil, petugas juga menemukan beragam perangkat elektronik. “31 kamar yang kita geledah, kita temukan beberapa handphone, charger, stop kontak listrik, sendok-sendok besi dan ini ada barang yang diduga jenis sabu,” kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sulsel Taufiqurrahman usai sidak.

1. Temuan barang-barang terlarang bukti pihak Rutan Kelas 1 Makassar kecolongan

Sidak Rutan Makassar, Petugas Gabungan Temukan Sabu dan Tisu MagicPetugas gabungan Kanwil Kemenkumham Sulsel dalam sidak di Lapas Kelas 1 Makassar, Sabtu (13/12) malam / Sahrul Ramadan

Sidak mulai berlangsung sekitar pukul 20.00 WITA dan berakhir pukul 22.30 WITA. Selama dua jam lebih, petugas gabungan menyisir 31 kamar di blok F dan G tindak pidana narkoba Rutan Kelas 1 Makassar. Kedatangan petugas sempat membuat seluruh tahanan yang ada di dalam blok panik.

Satu per satu, napi yang ada di dalam kamar dikeluarkan. Petugas menggeledah semua isi kamar tahanan. Alhasil, seluruh barang-barang terlarang disita petugas. Beberapa barang lain yang disita seperti tisu magic hingga timbangan digital.

Taufiq menyatakan, masuknya seluruh barang bukti hasil sitaan yang ada di dalam blok hingga kamar tahanan, dianggap sebagai sesuatu yang tidak seharusnya terjadi. Kelengahan petugas, menurutnya, menjadi salah satu faktor situasi ini terjadi.

“Kecolongan pasti kecolongan ya, dan kami belum bisa memperkirakan dari mana Ini masuknya barang-barang semuanya. Untuk lebih jelasnya nanti kami laporkan ke pihak polri dan nanti akan ada tindak lanjut,” terangnya

Baca Juga: Polisi Sita 5 Kg Sabu di Bandara Makassar, 1 Tersangka Ditembak Mati

2. Sidak digelar untuk memberantas dugaan peredaran narkoba di dalam Rutan Kelas 1 Makassar

Sidak Rutan Makassar, Petugas Gabungan Temukan Sabu dan Tisu MagicPetugas gabungan Kanwil Kemenkumham Sulsel dalam sidak di Lapas Kelas 1 Makassar, Sabtu (13/12) malam / Sahrul Ramadan

Taufiq menjelaskan, sidak ini digelar dalam rangka pemberantasan dugaan peredaran narkoba yang ada di dalam Rutan Kelas 1 Makassar. Itu setelah pihaknnya menerima sejumlah laporan terkait maraknya transaksi jual beli barang haram yang diduga melibatkan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

“Ini adalah perintah dari Dirjen Pemasyarakatan dan memang inilah yang kita harapkan. Dalam rangka pemberantasan narkoba ini membuktikan bahwa, tidak ada pembiaran terhadap peredaran gelap narkoba di dalam lapas dan rutan. Ini merupakan jawaban kepada masyarakat bahwa setiap pelanggaran akan dipidanakan,” tegasnya.

Pihak Kemenkumham, kata Taufiq, berkomitmen dan tak pandang bulu menindak tegas siapa pun pelaku yang terlibat dalam upaya penyelundupan hingga peredaran dan transaksi gelap narkoba di dalam ranah pemasyarakatan. Meski pun, ujar dia, melibatkan oknum-oknum sipir di dalam rutan hingga lapas.

“Apapun barang-barang yang ada dalam kamar hunian yang kami perkirakan dapat menimbulkan gangguan kamtibmas itu kami ambil semua. Ini nanti akan ada tindak lanjutnya dan nanti kita akan laporkan ke pihak polri,” tegasnya kembali.

3. Barang bukti sitaan diserahkan ke pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti

Sidak Rutan Makassar, Petugas Gabungan Temukan Sabu dan Tisu MagicPetugas gabungan Kanwil Kemenkumham Sulsel dalam sidak di Lapas Kelas 1 Makassar, Sabtu (13/12) malam / Sahrul Ramadan

Sidak ini melibatkan sejumlah institusi lain seperti Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulsel, hingga jajaran Polda Sulsel. Lebih lanjut, kata Taufiq, seluruh barang bukti hasil sitaan ini akan diserahkan ke pihak kepolisian dalam jalur koordinasi sesuai dengan ketentuan aturan hukum yang berlaku.

Termasuk, lanjut dia, tindakan untuk mendalami dan menindaklanjuti keterlibatan WBP atau pun oknum sipir yang ikut terlibat dalam tindak kejahatan peredaran gelap barang haram tersebut.

“Kita bersinergi, ini membuktikan bahwa tidak ada pemeliharaan terhadap peredaran gelap narkoba. Kita koordinasi dan kerjasama dengan pihak polres dengan BNNP mengadakan razia secara bersama-sama.”

Baca Juga: [BREAKING] Kemenkumham Sulsel Sidak Rutan Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya