Pj Gubernur Sulsel Minta Tak Ada Lagi Kasus Bullying Siswa di Sekolah

Kasus perundungan marak terjadi di Sulawesi Selatan

Intinya Sih...

  • Mulai masa pengenalan lingkungan sekolah di Sulawesi Selatan, diikuti ribuan siswa SMA, SMK dan SLB.
  • Pj Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh, meminta sekolah ciptakan suasana bahagia bagi siswa dan hindari aksi negatif seperti perundungan.
  • Zudan menekankan pentingnya akhlak mulia, adab, sopan santun, kesusilaan dalam lingkungan sekolah untuk efektivitas pembelajaran.

Makassar, IDN Times - Hari pertama masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di Sulawesi Selatan (Sulsel) telah dimulai. MPLS diikuti ribuan siswa SMA, SMK dan SLB se-Sulsel 

Upacara pembukaan MPLS untuk hari pertama dipusatkan di Lapangan Upacara Rumah Jabatan Gubernur, Rabu (10/7/2024). Upacara dipimpin langsung Pj Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh.

"Hari ini Provinsi Sulawesi Selatan mengawali untuk masuk sekolah bagi anak-anak kelas 1 SMA. Ini baru diawali dengan masa pengenalan lingkungan sekolah," kata Zudan.

1. Sekolah harus ciptakan suasana gembira

Pj Gubernur Sulsel Minta Tak Ada Lagi Kasus Bullying Siswa di SekolahPj Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakrullah menyambut siswa baru saat upacara pembukaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di Lapangan Upacara Rumah Jabatan Gubernur, Rabu (10/7/2024).

Dalam arahannya, Zudan meminta semua sekolah menciptakan suasana gembira dan bahagia bagi para siswa. Hal ini supaya para siswa semakin semangat belajar ke sekolah.

"Ini tugas para kepala sekolah, para guru, pengawas untuk menciptakan sistem pembelajaran yang membuat semua siswa merasa bahagia bersekolah. Ini penting," kata Zudan.

2. Cegah kekerasan di lingkungan sekolah

Pj Gubernur Sulsel Minta Tak Ada Lagi Kasus Bullying Siswa di Sekolahilustrasi perundungan (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebaliknya, Zudan menekankan tidak ada aksi-aksi negatif utamanya kekerasan baik fisik dan verbal di lingkungan sekolah. Para siswa justru harus dididik dengan hal-hal baik.

"Oleh karena itu, yang harus dihindari adalah bullying, kekerasan, makian, kata-kata kasar. Yang harus dijunjung tinggi, adalah akhlak yang mulia, adab, sopan santun, kesusilaan," kata Zudan.

Baca Juga: Siswi SMP asal Sulbar Diperkosa Pria Makassar Kenalan di Sosmed

3. Siswa harus diajarkan bersyukur

Pj Gubernur Sulsel Minta Tak Ada Lagi Kasus Bullying Siswa di Sekolahilustrasi pelajar SMA. (IDN Times/Istimewa)

Zudan berpesan apabila aksi-aksi negatif dijauhkan dan aksi positif semakin didorong maka tingkat pembelajaran akan berjalan efektif. Para pelajar, kata Zudan, harus disampaikan perihal rasa syukur karena bisa mendapatkan sekolah yang dicitakan atau sekolah terbaik yang ada di Sulsel. 

"Bersyukur harus diisi dengan belajar. Berdoa dan harus sabar bahwa tidak ada yang instan. Semuanya ada tahapan, ada waktunya, dan kuncinya adalah disiplin, taat sama aturan," kata Zudan.

Baca Juga: Menerka Arah Dukungan Parpol di Pilgub Sulsel 2024

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya