Dispora Sulsel: Menpora Siap Bantu Pembangunan Stadion Mattoanging

Rekomendasi untuk dapat kucuran APBN

Makassar, IDN Times - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Arwin Azis, mengklain Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sangat antusias membantu pembangunan Stadion Mattoanging di Makassar. 

Hal itu disampaikan Arwin usai kunjungan Menpora dalam rangka Sosialisasi Perpres 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang digelar di Makassar.

"Bahkan beliau (Menpora) berpesan Stadion Mattoanging itu harus dilanjutkan pembangunannya. Karena itu adalah sejarah, yang harus dijaga," kata Arwin, Senin (8/11/2021).

1. Direkomendasikan dapat kucuran APBN

Dispora Sulsel: Menpora Siap Bantu Pembangunan Stadion MattoangingIlustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Arwin juga mengklaim bahwa Menpora siap mengeluarkan rekomendasi agar pembangunan Stadion Mattoanging mendapat kucuran APBN. 

"Beliau bilang, 'saya siap mengeluarkan rekomendasi'. Kedua, dia minta surat ditembuskan ke Komisi V, yang membidangi PUPR. Jadi luar biasa beliau mengarahkan, beliau bersedia mengawal sampai tuntas," ucap Arwin. 

Atas arahan Menpora tersebut, Arwin mengaku pihaknya telah menyiapkan surat permohonan dukungan pembiayaan Pembangunan Stadion Mattoanging dari APBN melalui Menteri PUPR untuk ditembuskan ke Komisi V DPR RI. Surat yang sama juga telah ditembuskan ke Menpora dan Komisi X DPR RI yang membidangi olahraga.

2. Sulsel anggarkan Rp70 miliar

Dispora Sulsel: Menpora Siap Bantu Pembangunan Stadion MattoangingIlustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menegaskan pihaknya tidak akan pernah mundur untuk membangun Stadion Mattoanging. Sebagai wujud keseriusan, pihaknya telah menyerahkan pembahasan yang di dalamnya sudah termasuk pembangunan Stadion Mattoanging tahap 1 kepada DPRD Sulsel.

"Untuk tahap 1 Insya Allah tahun depan. Kita sudah anggarkan sebesar Rp70 miliar dan akan dibangunkan lapangan standar internasional. Kami juga apresiasi dukungan Bapak Menpora terkait kelanjutan pembangunan stadion untuk selanjutnya menjadi fokus ke depan secara bertahap," ucap Sudirman.

Baca Juga: [FOTO] Desain Baru Stadion Mattoanging, Netizen: Berubah Terus

3. Suporter tagih janji pemerintah

Dispora Sulsel: Menpora Siap Bantu Pembangunan Stadion MattoangingDemonstrasi ratusan soporter PSM Makassar soal polemik pembangunan Stadion Mattoanging di kantor DPRD Sulsel. IDN Times/Sahrul Ramadan

Pada momentum HUT PSM Makassar beberapa hari lalu, suporter tak lupa mengingatkan agar Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemeritah Kota Makassar untuk konsisten dengan janjinya mempercepat pembangunan Stadion Mattoanging. 

Seperti diketahui, PSM kini tak punya lagi stadion sekaligus markas utama untuk tim. Menurut Presiden The Maczman, Ocha Alim, keberadaan stadion merupakan rumah untuk menampung banyaknya suporter PSM. 

"Berikan kami stadion karena kecintaan kita ini betul-betul ada di PSM Makassar sebagai klub tertua, tapi tidak memiliki stadion," ungkap Ocha.

Baca Juga: Tepat Setahun Dirobohkan, Apa Kabar Stadion Mattoanging?

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya