Gaet Pusakata, KPU Ingin Pilkada Makassar 2020 Lebih Menggembirakan

Peluncuran pilkada Makassar diagendakan Jumat (8/11) malam

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengagendakan peluncuran pemilihan wali kota Makassar tahun 2020. Acara akan digelar di pusat kuliner Pasar Segar Panakkukang, Makassar, Jumat (8/11) malam.

Anggota KPU Makassar Endang Sari mengatakan, peluncuran pilkada mengusung tema 'Pesta Kita Semua'. Untuk memeriahkan acara, KPU menggandeng penyanyi nasional Pusakata serta duo komedian Makassar Bassitoayya. KPU mengundang seluruh masyarakat Makassar datang untuk ambil bagian menyambut pesta demokrasi lima tahunan.

"Semua diundang, semua bisa hadir karena pemilihan wali kota dan wakil wali kota Makassar 2020 adalah pesta kita semua," kata Endang di Makassar, Rabu (6/11).

1. KPU buka partisipasi publik seluas mungkin

Gaet Pusakata, KPU Ingin Pilkada Makassar 2020 Lebih Menggembirakan(Ilustrasi) ANTARA FOTO/Reno Esnir

Sesuai tema peluncuran, KPU Makassar ingin Pilkada 2020 menjadi pesta bagi seluruh warga Makassar. Diharapkan, semua pihak merasa memiliki dan berhak merayakannya. Dengan begitu, semua bakal bergandengan tangan agar pilkada sukses terselenggara dengan damai.

Endang menegaskan posisi KPU sebagai penyelenggara pemilihan, sedangkan esensi dan kualitas proses demokrasi ditentukan oleh publik.

"Satu yang kami yakini bahwa hanya partisipasi seluas-luasnyalah yang pada akhirnya akan melahirkan kepemimpinan terbaik," kata Endang.

2. Kesan pilkada yang menakutkan bakal ditinggalkan

Gaet Pusakata, KPU Ingin Pilkada Makassar 2020 Lebih MenggembirakanIDN Times/Aan Pranata

Anggota KPU Makassar Gunawan Mashar menyatakan Pilkada Makassar 2020 dirancang dengan semangat lebih segar dan menyenangkan. Itu dimulai dengan konsep peluncuran dengan tema pesta untuk semua orang.

Gunawan menyatakan pihaknya ingin menghilangkan kesan selama ini bahwa pilkada identik dengan konflik dan perseteruan. Ke depan, pemilihan diharapkan tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang serius dan menegangkan. Setiap tahapan pun bakal dirayakan dengan riang gembira.

"Kita membuka ruang-ruang baru agar semua kalangan dengan senang hati berpartisipasi, khususnya kalangan muda dan millenials," ucap Gunawan.

Baca Juga: KPU Makassar Dapat Hibah Pilkada Rp78 Miliar

3. Tahapan pilkada digelar jauh hari sebelum pemilihan

Gaet Pusakata, KPU Ingin Pilkada Makassar 2020 Lebih MenggembirakanIDN Times/Sukma Shakti

Menurut Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan Pilkada, pemungutan suara Pilkada Makassar digelar 23 September 2020. Namun agenda penyelenggaraannya sudah dimulai sejak jauh hari, termasuk pada Oktober 2019.

KPU pada daerah penyelenggara, mulai merancang program dan anggaran sejak Mei hingga September 2019, diikuti penandatanganan dana hibah dari pemerintah daerah per Oktober 2019. KPU lalu menggelar sosialisasi mulai 1 November 2019 hingga 22 September 2020.

Panitia adhoc meliputi Panitia Pemilihan Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara, dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dimulai sejak 31 Desember 2019 hingga 21 Agustus 2020. Di sisi lain, KPU memperbarui data pemilih pada 27 Maret hingga September 2020.

Pendaftaran pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar digelar pada Maret 2020. Kampanye berlangsung 81 hari, antara 2 Juli hingga 19 September 2020.

Baca Juga: KPU Makassar Gagal Selesaikan Rekapitulasi Pemilu Sesuai Jadwal  

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya