Proyek Renovasi Stadion Mattoanging Segera Dilelang

Lelang tender dimulai sebelum pergantian tahun

Makassar, IDN Times – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan segera menggelar lelang tender proyek renovasi Stadion Mattoanging Makassar. Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Sulsel Junaedi menyebut lelang berakhirnya tahun 2020.

"Tender untuk pembangunan stadion tahun ini segera dilakukan. Nantinya proyek ini memakai sistem multiyear yang akan tuntas dalam waktu 18 bulan," kata Junaedi di Makassar dilansir ANTARA, Jumat (6/11/2020).

Baca Juga: Stadion Mattoanging Dibongkar, Rehabilitasi Ditarget Selesai 2022

1. Pada tahap awal dianggarkan Rp200 miliar

Proyek Renovasi Stadion Mattoanging Segera DilelangKondisi tribun dan lapangan Stadion Mattoanging Makassar jelang pembongkaran. IDN Times/Sahrul Ramadan

Junaedi mengatakan, proyek pembangunan sarana dan prasarana Stadion Mattoanging bakal dianggarkan sesuai pengerjaan sistem tahun jamak. Pada tahap awal, disiapkan anggaran Rp200 miliar.

“Tahun ini kami upayakan konstruksi sudah dimulai lalu berlanjut untuk 2021 mendatang," katanya.

2. Bangunan lama sementara dibongkar

Proyek Renovasi Stadion Mattoanging Segera DilelangPekerja dengan alat berat melakukan pembongkaran bangunan Stadion Mattoangin Andi Mattalatta di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (21/10/2020). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Saat ini proses renovasi Stadion Mattoanging sedang dalam tahap pembongkaran bangunan lama. Junaedi menyebut progresnya belum menemui hambatan yang berarti. Atap dan pagar lapangan telah rata dengan tanah, sedangkan tribun terbuka segera dituntaskan pembongkarannya pekan ini.

Pelaksana Lapangan Pembongkaran Stadion Mattoanging, Dg Sikki' menyebut pekerjaan melibatkan tiga alat berat dan 50 tenaga kerja dari beberapa kabupaten. Semua bekerja simultan.

"Ini sudah sekitar 10 persen perkembangannya sejak satu pekan lalu,” ucapnya.

Dg Sikki optimistis target pembongkaran selama dua bulan dari Pemprov Sulsel dapat dipenuhi, kemudian dilanjutkan ke tahap konstruksi dan pembangunan fisik.

"Di bagian tribun tertutup setengah dari konstruksi atap sudah dilepaskan. Menara untuk penerangan stadion juga telah dirobohkan," katanya.

3. Stadion baru akan berkapasitas 40 ribu penonton

Proyek Renovasi Stadion Mattoanging Segera DilelangDED Stadion Mattoanging yang dibuat oleh PT Arkonin. IDN Times/Istimewa

Pemprov Sulsel merehabilitasi Stadion Mattoanging sesuai standar FIFA sehingga bisa menggelar pertandingan sepak bola bertaraf internasional. Desain untuk Stadion Mattoanging yang baru dibuat oleh arsitek bernama Yori Antar. Saat dihubungi IDN Times pada Rabu (21/10/2020), Yori menjelaskan secara terperinci rancangan stadion yang disebut akan berkapasitas 40.000 penonton itu.

Yori menuturkan, awalnya bangunan baru stadion dirancang berkapasitas 25.000 penonton sebagaimana yang diminta oleh Gubernur. Namun karena desakan dari masyarakat, akhirnya bangunan dirancang jadi berkapasitas 40.000 penonton. 

Desakan ini bermula saat Gubernur mengunggah desain baru stadion pertama kali di Instagram. Saat itu, Yori yang turut mengunggah desain tersebut mulai banyak menerima masukan dari netizen mengenai desain tersebut, termasuk soal lintasan atletik. 

"Saya tidak menyangka bahwa para pendukung PSM Makassar itu sangat bersemangat. Di Instagram, yang paling sering mereka komentari 'tolong Pak Yori kami tidak ingin ada lintasan di stadion itu' atau 'kami ingin stadionnya bisa nonton lebih dekat kayak stadion-stadion di klub yang ada di luar negeri'" kata Yori menirukan komentar netizen.

Menurut Yori, konsep stadion tanpa lintasan atletik ini juga ada di Argentina dan negara Eropa lainnya. Namun, Gubernur rupanya menginginkan agar stadion ini bisa menjadi tempat berbagai kegiatan olahraga. Tidak hanya bola, tapi ada juga lintasan atletik dan sebagainya.   

"Oleh karena itu, saya kasih masukan kepada Pak Gubernur. Waktu itu, belum langsung jawab iya tapi memikirkan enaknya bagaimana. Kalau lintasan ini ditiadakan, kapasitas stadion bisa ditambah. Ternyata betul. Kalau lintasannya ditiadakan, itu bisa mencapai 40.000 orang," katanya lagi.

 

Baca Juga: [FOTO] Potret Stadion Mattoanging Makassar Jelang Dibongkar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya