Pernah Gagal, Cicu Tika Pikir-pikir Maju Lagi di Pilkada Makassar

Dia masih menunggu perintah partai dan respons masyarakat

Makassar, IDN Times - Anggota DPRD Sulawesi Selatan Andi Rachmatika Dewi belum memastikan kesiapannya bertarung di pemilihan kepala daerah Kota Makassar tahun 2020. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Makassar itu mengaku masih pikir-pikir.

Tika yang juga akrab disapa Cicu merupakan peserta Pilkada Makassar tahun 2018. Saat itu dia menjadi calon wakil wali kota, berpasangan dengan  bos PSM Makassar Munafri Arifuddin. Namun mereka gagal meraih suara mayoritas pemilih, sehingga pilkada diulang.

“Kalau saya pribadi ikut apa yang menjadi perintah partai, apakah kita diharuskan maju atau tidak. Sambil melihat respons masyarakat seperti apa,” kata Tika di Makassar, Rabu (18/12).

1. Dia menunggu sampai awal tahun depan

Pernah Gagal, Cicu Tika Pikir-pikir Maju Lagi di Pilkada MakassarInstagram/cicutika

Rachmatika menyatakan dia masih melihat perkembangan situasi jelang pilkada. Dia juga menanti seperti apa respons masyarakat yang tertuang dalam hasil survei.

Jika masyarakat menginginkan, kata Tika, dia bakal mencalonkan diri kembali. Sebaliknya jika tidak, dia pun tetap menjalankan tugasnya di legislatif.

“Saya pikir tahun depan semuanya akan jelas. Sekarang masih bersayap jawabannya. Saya pikir juga awal tahun semua (kandidat) baru bersikap dengan jelas,” ucap Tika.

2. Tika sengaja tidak menyebar alat peraga kampanye

Pernah Gagal, Cicu Tika Pikir-pikir Maju Lagi di Pilkada MakassarIlustrasi alat peraga kampanye. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Hingga akhir tahun 2019, belum banyak ditemukan poster atau baliho Rachmatika di Kota Makassar. Padahal di saat yang sama, sejumlah kandidat wali kota sudah mulai sosialisasikan diri lewat alat peraga kampanye.

Menurut Tika, penyebaran alat peraga dan semacamnya memang belum perlu. Alasannya, bahan kampanyenya sudah banyak beredar dalam satu hingga dua tahun terakhir.

“Kalau alat peraga dan lain-lain belum perlu, karena saya masih baru ikut pilkada yang lalu, lalu caleg,” katanya.

Baca Juga: Pernah Gagal, Ini Modal Bos PSM Maju Lagi di Pilkada Makassar

3. Bos PSM Makassar sudah terang-terangan sebagai kandidat

Pernah Gagal, Cicu Tika Pikir-pikir Maju Lagi di Pilkada MakassarSahrul Ramadan/IDN Times

Mantan pasangan Rachmatika di Pilkada Makassar 2018, Munafri Arifuddin sebelumnya sudah terang-terangan menyampaikan niatnya bertarung kembali di tahun 2020. Dia sudah mendaftarkan diri pada penjaringan kandidat wali kota di beberapa partai politik.

Appi -sapaan Munafri- bahkan sudah menjajaki sejumlah kandidat wakil wali kota yang bakal mendampinginya kelak. Dan Rachmatika termasuk salah satunya.

“Sudah ada 12 nama yang kami godok, tapi kemungkinan masih akan bertambah. Intinya dalam menentukan wakil, kita menggunakan metode ilmiah, bukan melalui takwil mimpi,” kata juru bicara Appi, Fadli Noor dalam keterangannya di Makassar, Kamis (5/12).

Baca Juga: Jaring Kandidat Wali Kota, NasDem Makassar Libatkan 5 Lembaga Survei  

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya