Comscore Tracker

Pelantikan Dua Legislator, DPRD Sulsel Tanpa Persiapan Khusus  

Polisi disiapkan untuk mengantisipasi aksi unjuk rasa

Makassar, IDN Times - Sekretariat DPRD Sulawesi Selatan mengagendakan pelantikan susulan dua legislator pada Jumat (31/1) besok. Mereka masing-masing, Risfayanti Muin dari PDI Perjuangan, dan Adam Muhammad dari Partai Gerindra.

Dua nama di atas merupakan pengganti legislator terpilih yang urung dilantik pada September 2019. Saat itu, Misriani Ilyas (Gerindra) dan Novianus YL Patanduk (PDIP) dipecat oleh partainya masing-masing sebelum pelantikan 85 legislator DPRD Sulsel periode 2019-2024.

Dua legislator akan dilantik dengan pengambilan sumpah jabatan oleh kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel di ruang paripurna Kantor DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo Makassar. Pelantikan diagendakan setelah Kementerian Dalam Negeri menerbitkan surat keputusan penetapan legislator pengganti, seperti diusulkan oleh partai.

“Jadi prosesnya sesuai dengan prosedur standar. Kita tidak ada persiapan khusus,” kata Wakil Ketua DPRD Sulsel Darmawangsa Muin, di Makassar, Kamis (30/1).

1. Sebanyak 150 polisi disiapkan

Pelantikan Dua Legislator, DPRD Sulsel Tanpa Persiapan Khusus  IDN Times/Abdurrahman

Sekretaris DPRD Sulsel M Jabir mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan berbagai hal untuk agenda pelantikan dua legislator. Setelah tanggalnya ditetapkan, sekretariat langsung menyebar 250 undangan termasuk kepada gubernur.

Pada pelantikan nanti, DPRD Sulsel melibatkan tim pengamanan dari Polrestabes Makassar. Sebanyak 150 personel polisi diterjunkan untuk berjaga, baik di dalam ruang paripurna maupun di kawasan Kantor DPRD Sulsel.

“Persiapan untuk acara pelantikan sudah dibahas oleh internal Sekretariat DPRD,” ucap Jabir.

2. Agenda pelantikan dibayangi aksi demonstrasi

Pelantikan Dua Legislator, DPRD Sulsel Tanpa Persiapan Khusus  Rapat paripurna DPRD Sulsel. IDN Times/Aan Pranata

Agenda pelantikan dua legislator DPRD Sulsel bergulir di tengah protes oleh pihak tertentu. Saat ini, salah satu calon legislator yang diganti, Misriani Ilyas, tengah menempuh gugatan hukum di pengadilan. 

Kepala Urusan Operasional Polrestabes Makassar Iptu Danang Sulistiono mengatakan, petugas keamanan akan dikerahkan untuk mengantisipasi adanya kemungkinan unjuk rasa. Polisi menjamin agenda pelantikan berjalan lancar. 

"Tapi sampai saat ini, belum ada informasi kalau akan ada yang berdemonstrasi besok,” katanya.

Baca Juga: Jumat Ini, Dua Legislator Pengganti di DPRD Sulsel Dilantik  

3. Gugatan hukum tidak menghalangi pelantikan

Pelantikan Dua Legislator, DPRD Sulsel Tanpa Persiapan Khusus  Ilustrasi hukum (IDN Times/Arief Rahmat)

Salah satu legislator terpilih yang diganti, Misriani Ilyas sebenarnya telah mengajukan gugatan di pengadilan. Dia menuntut partainya untuk memulihkan status sebagai kader, agar dapat dilantik di DPRD.

Namun, KPU memastikan proses penggantian tetap berjalan meski proses hukum tengah berjalan. Berbeda dengan penggantian antar waktu, yang harus menunggu keputusan hukum tetap.

Badan Musyawarah DPRD juga memastikan gugatan hukum tidak menghalangi agenda pelantikan. Semua syarat pelantikan sudah terpenuhi, sehingga tidak ada alasan untuk mengurungkan agenda tersebut.

“Saya kira (gugatan) itu kan bukan wilayahnya DPRD. Ketika semua persyaratan administrasi sudah terpenuhi, ya tidak ada alasan untuk tidak dilantik,” kata Ketua Badan Musyawarah DPRD Sulsel Marjono.

Baca Juga: Tolak Penggantian Caleg Terpilih, Pendukung Misriani Demo KPU Sulsel

Topic:

  • Aan Pranata
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya