Comscore Tracker

Ingin Jelajahi Makassar? Pasang Dulu Aplikasi Ini di Gawaimu

Aplikasi Explore Makassar disediakan Dinas Pariwisata

Makassar, IDN Times - Mengisi waktu luang umumnya diisi dengan berbagi macam kegiatan. Salah satunya melakukan perjalanan wisata.

Sebuah perjalanan, agar maksimal, butuh persiapan matang. Misalnya, kamu mesti tahu informasi tentang lokasi yang kamu tuju. Begitu pula dengan akses transportasi ke sana, atau fasilitas dan sarana yang tersedia.

Buat kamu yang sedang atau ingin menjelajahi Makassar, ada banyak panduan tersedia. Yang termudah, kamu bisa mengunduh aplikasi Explore Makassar di gawaimu. Aplikasi ini disediakan oleh Dinas Pariwisata Kota Makassar untuk mempermudah akses informasi serta berbagai keperluan lain bagi pengunjung Kota Daeng.

Baca Juga: 7 Spot Camping di Sulawesi Selatan Ini Bikin Kamu Gak Mau Pulang

1. Bisa diunduh di semua perangkat Android dan iOS

Ingin Jelajahi Makassar? Pasang Dulu Aplikasi Ini di Gawaimupexels.com/ Pixabay

Aplikasi Explore Makassar menghimpun semua data pariwisata di dalam kota. Mulai tujuan wisata, beragam pilihan transportasi, akomodasi, hingga agenda hajatan wisata.

Aplikasi ini tersedia bagi smartphone dengan basis Android dan iOS. Ukurannya cukup ringan. Di Playstore, hanya butuh kuota data 11 Megabyte. Explore Makassar mulai tersedia sejak tahun 2016, namun baru dipasang oleh lebih dari seribu pengguna.

2. Antarmuka ramah pengguna

Ingin Jelajahi Makassar? Pasang Dulu Aplikasi Ini di GawaimuIDN Times / Aan Pranata

Cukup mudah menggunakan aplikasi Explore Makassar karena antarmukanya didesain ramah. Pada halaman awal, disajikan pilihan bahasa: Indonesia atau Inggris. lalu cukup tekan tombol ‘Start Guide’ untuk mulai menjelajah beragam informasi.

Pada halaman panduan, ada sembilan menu yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Ada Peta Wisata; Titik Rujukan berdasarkan jenis wisata; Jelajah untuk menemukan kuliner, akomodasi, hiburan, belanja, dan lainnya; Penawaran Khusus untuk berbagai diskon dan promo di destinasi wisata.

Selanjutnya, Kultur Lokal menyediakan informasi sejarah dan kultur lokal Makassar; Acara untuk mengecek kalender kegiatan; Transportasi; Info Layanan Publik; serta Utilitas untuk belajar bahasa serta konversi nilai ulang lokal ke asing.

3. Pilih tujuan wisata berdasarkan lokasi peta atau titik rujukan

Ingin Jelajahi Makassar? Pasang Dulu Aplikasi Ini di GawaimuIDN Times / Aan Pranata

Untuk menjelajah berbagai tujuan wisata, pengguna bisa memilih dua jenis akses informasi. Pertama melalui peta lokasi, yang memuat titik-titik daerah tujuan wisata sesuai koordinat. Dimunculkan beragam jenis tujuan, mulai wisata alam, sejarah, budaya, belanja, hingga religi.

Pilihan kedua, melalui titik rujukan yang disediakan Dinas Pariwisata. Di sini disediakan sejumlah daerah tujuan wisata yang populer dan disarankan di Makassar. Antara lain Benteng Fort Rotterdam, Benteng Somba Opu, Desa Wisata Lakkang, Gedung Kesenian, dan lain-lain.

Baca Juga: 7 Jajanan Pasar Khas Sulawesi Selatan Bikin Lidah Bergoyang

4. Tersedia rekomendasi kuliner dan suvenir

Ingin Jelajahi Makassar? Pasang Dulu Aplikasi Ini di Gawaimuinstagram.com/intankarinaijo

Kunjungan wisata biasanya kurang lengkap tanpa kuliner atau belanja suvenir. Aplikasi Explore Makassar juga menyediakan panduan untuk ini loh.

Pada menu utama, pilih menu Jelajah untuk melihat daftar rujukan informasi penting selama berkeliling Makassar. Ada menu dan lokasi wisata kuliner lengkap dengan penjelasan lokasi hingga harga. Ada pilihan tempat menginap dan hiburan, hingga lokasi toko penjualan suvenir atau oleh-oleh.

Jika bingung menempuh perjalanan ke daerah tujuan, tinggal memilih menu Transportasi dari menu utama. Ditampilkan sejumlah alternatif transportasi dalam kota, mulai sarana publik, agen travel, taksi, dan lain-lain.

Untuk informasi lebih lengkap, segera pasang aplikasi Explore Makassar di gawaimu dan rasakan sendiri pengalaman menjelajah potensi wisatanya.

 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya