Comscore Tracker

Pria di Makassar Terekam CCTV Curi Motor Jemaah Masjid, Ya Ditangkap!

Pelakunya warga sekitar masjid tapi gak tahu ada CCTV

Makassar, IDN Times - Seorang pria berinsial S di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, ditangkap usai terekam kamera pengawas atau CCTV saat mencuri sepeda motor di sebuah masjid.

Pelaku berusia 34 tahun tersebut mencuri motor milik RJ saat korban tengah salat magrib di Masjid Babussalam, Jalan Borong Raya, Sabtu, 19 Juni 2021.

"Pelaku terekam CCTV di masjid," kata Kanit Reskrim Polsek Manggala Iptu Jaelani dalam keterangan tertulisnya kepada jurnalis, Selasa (22/6/2021).

1. Pelaku menyasar motor yang tidak terkunci setang

Pria di Makassar Terekam CCTV Curi Motor Jemaah Masjid, Ya Ditangkap!Ilustrasi. IDN Times/Dwi Agustiar

Jaelani mengungkapkan, pelaku yang berprofesi sebagai montir tersebut memanfaatkan kesempatan saat korban dan jemaah lain tengah khusyuk beribadah.

Pelaku sengaja membidik motor yang tidak terkunci setang. Setelah mendapat mangsa, pelaku buru-buru beraksi dengan membawa kabur motor korban. "Pelaku membawa motor keluar pagar dan membawanya ke rumah kostnya," ujar Jaelani.

2. Sepeda motor korban sempat dipreteli

Pria di Makassar Terekam CCTV Curi Motor Jemaah Masjid, Ya Ditangkap!Ilustrasi Rem Tromol (IDN Times/Dwi Agustiar)

Setibanya di rumah yang tak jauh dari masjid, pelaku kemudian mempreteli motor korban. Motor itu sempat disimpan sehari kosan pelaku.

"Nomor polisi atau plat asli dilepas dan diganti dengan plat lain (di luar kode Makasar) dan melepas penutup mesinnya dan kaca spionnya," ucap Jaelani.

Baca Juga: Alasan Beli Nasi Kuning, Pemuda di Makassar Bawa Kabur Motor Teman

3. Pelaku ditahan dan masih diperiksa di Polsek Manggala

Pria di Makassar Terekam CCTV Curi Motor Jemaah Masjid, Ya Ditangkap!Pencuri sepeda motor jemaah saat salat di masjid/Polsek Manggala

Polisi pun menyelidiki laporan korban dan menangkap pelaku pada Senin, 21 Juni 2021. Kata Jaelani, pelaku ditangkap di rumahnya, Jalan Borong Raya, sekitar pukul 21.45 WITA.

Di sana, polisi menemukan barang bukti sepeda motor korban. Bersama barang bukti, pelaku kemudian digelandang ke Polsek Manggala untuk diperiksa lebih lanjut.

Baca Juga: Modus Duplikat Kunci, Pencuri Bawa Kabur Motor di Makassar

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya