Comscore Tracker

Kasihan, Satpol PP Makassar Belum Terima Gaji Tiga Bulan

Tidak juga menerima biaya operasional

Makassar, IDN Times - Anggota Satpol PP Kota Makassar mengeluh. Pasalnya, gaji mereka hingga kini belum dibayarkan.

Kepala Satpol PP Kota Makassar, Iman Hud, mengakui hal itu. Dia mengatakan gaji tersebut belum dibayarkan selama tiga bulan.

"Sekarang TPP dan honor dari Desember sampai Februari belum terbayarkan," kata Iman Hud, Minggu (21/2/2021).

1. Tidak menerima biaya operasional

Kasihan, Satpol PP Makassar Belum Terima Gaji Tiga BulanSatpol PP Kota Makassar sidak pelanggar PSBB di Makassar. IDN Times/Satpol PP Makassar

Tidak sampai di situ, Iman bahkan mengaku pihaknya tidak lagi menerima biaya operasional dari Pemkot sejak 26 Oktober 2020 lalu, yakni saat berakhirnya Satuan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Makassar. 

"Selama ini operasional yustisi, makan minum dan operasional difasilitasi oleh BNPB Kota Makassar," kata Iman. 

Hal ini tentu menjadi berat mengingat sudah ada lebih dari 100 orang anggota Satpol PP Makassar yang terpapar COVID-19. Meski begitu, Iman menegaskan pihaknya akan tetap profesional dalam menindak pelanggar protokol kesehatan.

"Tetap saja kita berbuat sebatas kemampuan tanggung jawab saya sebagai pimpinan," katanya.

Baca Juga: Satpol PP Copot dan Kembalikan Baliho Rizieq Shihab ke FPI Makassar

2. Tidak bisa bekerja maksimal jika gaji belum dibayar

Kasihan, Satpol PP Makassar Belum Terima Gaji Tiga BulanSatpol PP Kota Makassar sidak pelanggar PSBB di Makassar. IDN Times/Satpol PP Makassar

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar, Kasrudi, menyampaikan keprihatinannya. Dia menilai hal itu sangat berat bagi Satpol PP yang tiap hari harus bekerja.

Dia pun meminta Pj Wali Kota untuk lebih memikirkan anggota-anggotanya, utamanya Satpol PP. Sebab menurut dia, Satpol PP tidak bisa bekerja maksimal jika gajinya juga tidak maksimal.

"Harusnya itu yang dipikirkan semua. Bagaimana mau bisa bekerja maksimal kalau tidak dipikirkan gajinya. Kasian Satpol PP kita," kata Kasrudi.

Baca Juga: 71 Anggota Satpol PP Makassar Positif COVID-19

3. Pj Wali Kota diminta turun tangan

Kasihan, Satpol PP Makassar Belum Terima Gaji Tiga BulanPj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin. IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Kasrudi, Satpol PP merupakan salah satu garda terdepan dalam memutus mata rantai penularan COVID-19 di Makassar. Maka dari itu, dia meminta Pj Wali Kota untuk turun tangan membantu Satpol PP supaya gaji mereka segera terbayarkan.

"Kasihan Satpol PP kita yang kerjanya siang malam memutus mata rantai COVID-19 baru tidak dibayar. Tolong Pj Wali Kota bantulah di sisa masa jabatannya harus sesuai, jangan lagi sembarang dia kerja," katanya.

Baca Juga: Tagihan Menunggak, Aliran Listrik di Kantor Satpol PP Makassar Diputus

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya