Comscore Tracker

Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe Senilai Rp1,2 Triliun

Bendungan bisa mengairi tujuh ribu lahan pertanian

Makassar, IDN Times - Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo meresmikan Bendungan Karalloe, di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, pagi ini, Selasa (23/11/2021).

Peresmian ditandai dengan pemutaran roda pintu air dan penandatanganan prasasti. Bendungan pun langsung beroperasi untuk mengairi lahan pertanian dia dua kabupaten, yakni Gowa dan Jeneponto.

"Hari ini alhamdulillah Bendungan Karalloe yang dibangun menghabiskan anggaran Rp1,27 telah selesai dan siap untuk kita resmikan," kata Jokowi pada siaran langsung kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Mengenal Bendungan Karalloe di Sulsel yang Bakal Diresmikan Jokowi

1. Bendungan mengairi lahan pertanian di dua kabupaten

Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe Senilai Rp1,2 TriliunBendungan Karalloe di perbatasan Kabupaten Gowa dan Jeneponto, Selasa (23/11/2021). YouTube Sekretariat Presiden

Secara administrasi, Bendungan Karalloe  terletak di Desa Taring, Kecamatan Biring Bulu dan Desa Garing, Kecamatan Tompo Bulu Kabupaten Gowa. Lokasinya berbatasan dengan Desa Jenelata, Kabupaten Jeneponto.

Bendungan itu diharapkan bisa mengairi 7.000 hektar lahan pertanian di Kabupaten Jeneponto. "Ini bendungannya ada di Kabupaten Gowa tapi yang mendapat manfaat ada di petani Jeneponto," kata Presiden.

2. Diharapkan mendorong peningkatan produksi padi dan palawija

Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe Senilai Rp1,2 TriliunBendungan Karalloe di perbatasan Kabupaten Gowa dan Jeneponto, Selasa (23/11/2021). YouTube Sekretariat Presiden

Jokowi menyebutkan 7.000 hektar lahan itu merupakan kawasan yang sangat luas. Bendungan ini diharapkan bisa membantu petani setempat untuk menanam padi dan palawija.

"Petani yang sebelumnya panen padi sekali palawija sekali, nanti insyaallah bisa dua kali panen padi, dan sekali palawija sehingga bisa meningkatkan pendapatan income kesejahteraan bagi petani," kata Jokowi.

3. Bendungan juga mengurangi dampak banjir

Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe Senilai Rp1,2 TriliunPresiden Joko Widodo menandatangani prasasti Bendungan Karalloe di perbatasan Kabupaten Gowa dan Jeneponto, Selasa (23/11/2021). YouTube Sekretariat Presiden

Bendungan Karalloe, kata Jokowi, juga akan mengurangi banjir terutama di Kabupaten Jeneponto hingga 49 persen. Hal ini mengingat banjir besar yang pernah terjadi pada awal 2019 lalu di Kabupaten Jeneponto.

"Ini akan memberikan dampak yang baik karena airnya dan juga pemanfaatan bagi pembangkit listrik, air baku yang semuanya dibutuhkan untuk masyarakat," kata Jokowi.

Baca Juga: Daftar Proyek yang Diresmikan Jokowi di Sulsel selama 2021

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya