Haul 40 Tahun Hadji Kalla dan Hj Athirah Dihadiri Ribuan Orang

Masyarakat kenang berbagai keteladanan semasa hidup

Makassar, IDN Times - Haul ke-40 tahun wafatnya Hadji Kalla dan Hj Athirah dihadiri ribuan orang. Haul yang diselenggarakan oleh KALLA Group ini berlangsung di Masjid Raya Makassar, Minggu (15/5/2022).

Selain masyarakat umum, acara ini dihadiri sejumlah tokoh mulai dari Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad, Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Para tamu yang hadir mengenakan dress code berwarna putih. Mereka memadati seluruh Masjid Raya hingga masjid tersebut penuh.

Namun panitia tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Tamu dan masyarakat yang hadir wajib menggunakan masker dan mencuci tangan. 

1. Berlangsung haru dan khidmat

Haul 40 Tahun Hadji Kalla dan Hj Athirah Dihadiri Ribuan OrangHaul 40 Tahun Hadji Kalla dan Hj Athirah di Masjid Raya Makassar, Minggu (15/5/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Acara haul ini terdiri dari beberapa rangkaian mulai khataman Quran. pembacaan Ayat Suci Alquran, pembacaan surat Yasin dan tahlil, sambutan keluarga oleh Jusuf Kalla, launching buku 'Saudagar Sehati' oleh Ustad Das'ad Latief, pemutaran video testimoni keluarga dan kerabat almarhum, hikmah haul oleh Prof. Dr. KH Quraish Shihab dan lantunan doa-doa yang dipimpin oleh Ketua MUI Sulsel.

Sebelum rangkaian haul ini, KALLA Group telah menggelar simaan hafalan Alquran 30 juz oleh Alumni PPTQ Masjid Fatimah sejak 12 hingga 14 Mei 2022 sebanyak 10 juz setiap harinya.

Kegiatan ini berlangsung khidmat dan haru saat penyelenggara menghadirkan kumpulan-kumpulan video kesan dan pesan oleh keluarga serta kerabat dekat dari almarhum dan almarhumah. 

2. Memetik keteladanan dari sosok Hadji Kalla dan Athirah

Haul 40 Tahun Hadji Kalla dan Hj Athirah Dihadiri Ribuan OrangHaul 40 Tahun Hadji Kalla dan Hj Athirah di Masjid Raya Makassar, Minggu (15/5/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Hadji Kalla dan Hj Athirah merupakan orang tua dari Wakil Presiden ke 10 dan 12 Jusuf Kalla sekaligus pendiri KALLA Group. KALLA Group merupakan perusahaan yang menjangkau berbagai sektor mulai dari bidang perdagangan, transportasi, infrastruktur, properti, manufaktur, energi hingga pendidikan.

Dalam haul ini, Ustad Das'ad Latief memaparkan tentang sejarah perjalanan Hadji Kalla dan Hj Athirah dalam berkolaborasi membangun usaha dan mendidik putra-putri hingga menjadi saudagar Sehati. Kisah saudagar sehati ini tertuang dalam buku berjudul serupa yang menceritakan perjalanan kedua sosok tersebut dalam menjalani kehidupannya dan memberikan inspirasi bagi banyak orang.

"Ada begitu banyak pelajaran yang bisa dipetik dari almarhum dan almarhumah, dari meniatkan segala usaha yang dilakukan untuk Allah SWT, memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan salah satunya memberikan minuman es lemon gratis bagi setiap pengunjung, hingga rajin dalam bersedekah sehingga dapat menjadi inspirasi bagi pelaku-pelaku usaha khususnya generasi millenial," kata Das'ad.

Baca Juga: Jusuf Kalla Hadiri Pelantikan Pengurus IKA Unhas Sabtu Ini

3. KALLA Group diharapkan mampu berumur panjang

Haul 40 Tahun Hadji Kalla dan Hj Athirah Dihadiri Ribuan OrangHaul 40 Tahun Hadji Kalla dan Hj Athirah di Masjid Raya Makassar, Minggu (15/5/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Prof. Dr. KH Quraish Shihab juga menyampaikan ada begitu banyak keteladanan yang dapat diambil dan menjadi contoh dari kedua sosok tersebut. Salah satunya yaitu ketaatan dan ketegasan dalam menolak perbuatan maupun keputusan yang berbanding terbalik dari ajaran-ajaran Islam.

"Kalau kita berbicara tentang Hadji Kalla dan Hj Athirah pada orang-orang yang mengenal beliau pasti kita akan memiliki banyak hal-hal istimewa, dan itu karena beliau beragama dengan baik beragama dengan sangat teliti, dan nilai-nilai inilah yang ditanamkan hingga ke dalam perusahaan sehingga bisa mencapai usia 70 tahun," kata Quraish Shihab.

Bahkan dia berharap perusahaan KALLA dapat bertahan usia hingga 100 tahun. Namun dengan pesan bahwa keluarga dan seluruh karyawan tetap memelihara dan menjaga nilai-nilai yang ditanamkan oleh pendiri.

Baca Juga: Besok, Jusuf Kalla Hadiri Haul Hadji Kalla dan Athirah di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya