Comscore Tracker

DPD Partai Demokrat Sulsel Ancam Pecat 4 Ketua DPC Diduga Hadiri KLB

Ketua Bappilu Demokrat Sulsel mengaku miliki bukti

Makassar, IDN Times - Lima Dewan Pimpinan Cabang tak menghadiri Rakorda dan Apel Siaga Partai Demokrat se-Sulawesi Selatan di Hotel Claro Makassar, Jumat (5/3/2021).

Lima DPC yang tidak hadir tanpa keterangan yakni DPC Barru, Sidrap, Pangkep, Gowa, dan Takalar. Kelima DPC ini tidak memberikan konfirmasi ketidakhadiran mereka.

"Yang fix tidak hadir tanpa keterangan ada 5. Dan 19 di antaranya ada yang hadir. Ada lewat Zoom, ada yang hadir secara fisik 10 orang," kata Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel, Ni'matullah.

1. DPD Sulsel tidak mengakui KLB Partai Demokrat

DPD Partai Demokrat Sulsel Ancam Pecat 4 Ketua DPC Diduga Hadiri KLBKetua DPD Demokrat Sulsel Ni'matullah saat Rakorda dan Apel Siaga Demokrat Sulsel di Hotel Claro Makassar, Jumat (5/3/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Ni'matullah menjelaskan bahwa Rakorda dan Apel Siaga Demokrat Sulsel digelar untuk menunjukkan bahwa pemegang suara ada di kegiatan tersebut dan bukan di KLB yang berlangsung di Deli Serdang Sumatra Utara.

Selain itu, Demokrat juga ingin memperlihatkan bahwa KLB Sumut itu abal-abal, ilegal dan inkonstitusional. Hingga kini, Demokrat Sulsel masih menolak hasil KLB.

"Kita sebenarnya sangat berharap aparat keamanan mengambil tindakan yang patuh terhadap kegiatan-kegiatan yang ilegal dan inkonstitusional seperti itu," katanya.

2. Ketua DPC terancam dipecat jika terbukti hadir di KLB

DPD Partai Demokrat Sulsel Ancam Pecat 4 Ketua DPC Diduga Hadiri KLBKetua DPD Demokrat Sulsel Ni'matullah saat Rakorda dan Apel Siaga Demokrat Sulsel di Hotel Claro Makassar, Jumat (5/3/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Absennya kelima ketua DPC tersebut menimbulkan spekulasi adanya kemungkinan mereka ikut ke KLB Deli Serdang. Namun Ni'matullah enggan menduga-duga soal di mana keberadaan para Ketua DPC yang tidak hadir. 

Tapi jika itu benar terjadi, maka dia tak segan-segan akan menjatuhkan sanksi. Untuk saat ini, pihaknya masih mencari tahu soal absennya kelima ketua DPC itu.

"Saya tidak mau menduga-duga seperti itu. Saya berharap tidak terjadi. Tapi kalau itu terjadi, kita akan mengambil langkah tegas. Saya kira saya akan mengusulkan pemecatan secara langsung kalau sampai terindikasi dan kami dapatkan bukti soal itu," katanya.

Baca Juga: Setia Dukung AHY, Demokrat Sulsel Tolak Keras KLB dan Moeldoko

3. Empat Ketua DPC diduga hadir di KLB

DPD Partai Demokrat Sulsel Ancam Pecat 4 Ketua DPC Diduga Hadiri KLBPendiri Partai Demokrat Etty Manduapessy (tengah) didampingi para kader lainnya menghadiri Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di The Hill Hotel Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021). ANTARA FOTO/Endi Ahmad

Sementara itu, Ketua Bappilu DPD Demokrat Sulsel, Selle KS Selle, mengakui ada indikasi 4 DPC, kecuali Gowa, yang diduga menghadiri KLB tersebut. Dia menyebut ada bukti yang menunjukkan hal tersebut.

Namun begitu, pihaknya tak ingin berspekulasi terlalu jauh sebelum benar-benar memastikan kebenaran dugaannya. Sebab bisa saja, kata dia, mereka hadir di sana dalam kapasitas sebagai penolak.

"Dokumen yang ada termasuk foto yang bersangkutan diambil oleh DPP itu sepertinya mengarah ke kebenaran. Cuma 'kan yang mau dipastikan kehadirannya di sana sebagai pendukung atau menolak," kata Selle.

Baca Juga: Demokrat Sulsel Nyatakan Perlawanan ke Pihak yang Mengusik Posisi AHY

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya