3 Lagi Korban Kapal Tenggelam di Pangkep Ditemukan Tewas

Semua penumpang ditemukan, operasi pencarian berakhir

Makassar, IDN Times - Tiga penumpang KM Reski yang sempat dinyatakan hilang saat kapal tenggelam, ditemukan, Sabtu (2/12/2023). Tiga penumpang itu ditemukan dalam keadaan meninggal.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Makassar, Andi Sultan menjelaskan bahwa ketiga korban ditemukan setelah tim SAR gabungan mencari di sekitar lokasi tenggelamnya kapal.

"Yang tiga orang tadi sudah ditemukan juga dan dalam keadaan meninggal dunia," kata Sultan saat dikonfirmasi IDN Times, Sabtu.

Baca Juga: Kapal Tenggelam di Perairan Pangkep: Dua Orang Meninggal, Tiga Hilang

1. Total lima penumpang meninggal

3 Lagi Korban Kapal Tenggelam di Pangkep Ditemukan TewasPenyelamatan penumpang kapal tenggelam di perairan Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan, Sabtu (2/12/2023). (Dok. Istimewa)

Kapal ini mengangkut 15 penumpang. Saat kapal oleng, para penumpang terjatuh ke laut. Sebanyak lima orang sempat dinyatakan hilang.

Kemudian, dua orang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Dengan tambahan tiga orang ditemukan, ada lima orang yang meninggal dunia akibat insiden ini.

Sultan mengatakan kelima jenazah tersebut telah diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan. Adapun korban selamat langsung dievakuasi dan dilarikan ke Puskesmas Balang Lompo. "Semua jenazah telah diserahkan kepada keluarga masing-masing," kata Sultan.

2. Kronologi kapal tenggelam

Sultan mengatakan, KM Reski bergerak dari Pulau Pajenekang, Kecamatan Liukang Tupabbiring, menunju Kota Pangkep sekitar pukul 13.25 Wita. Kapal itu membawa 15 penumpang.

Saat lapal KM Reski melewati Pulau Balang Caddi, hujan tiba-tiba mengguyur disertai angin kencang. Ditambah lagi dengan gelombang besar yang membuat kapal oleng.

"Kapal Reski tersebut oleng ke kiri sehingga tidak bisa dikendalikan kemudinya lantaran dihantam ombak yang disertai angin kencang," kata Sultan.

Insiden nahas itu tak terelakkan. Para penumpang yang berada di atas kapal pun jatuh ke laut. Saat peristiwa itu terjadi, KM Reski berpapasan dengan kapal papalimbang dari Pulau Balang Lompo.

"Penumpang kapal papalimbang Pulau Balang Lompo yang kemudian melihat kejadian tersebut sehingga ikut menolong korban dan selanjutnya korban dievakuasi di Pulau Balang Lompo," katanya.

3. Identitas penumpang KM Reski

3 Lagi Korban Kapal Tenggelam di Pangkep Ditemukan TewasIlustrasi Tim SAR (IDN Times/Prayugo Utomo)

Aksi penyelamatan korban KM Reski ini viral di media sosial. Dalam video yang beredar, tampak sejumlah orang turun ke laut untuk menyelamatkan korban yang sudah tenggelam.

Dalam video itu, seorang laki-laki yang baru saja naik ke kapal setelah terjun ke laut menuturkan bahwa masih ada korban hilang. Mereka terjebak di bawah kapal yang tenggelam.

Berikut ini penumpang kapal KM Reski yang dievakuasi:

  1. Mariana (30 tahun), IRT, alamat Pulau Pajenekang (Meninggal Dunia)
  2. Asmira (35) IRT, alamat Pulau Pajenekang (Meninggal Dunia)
  3. Daeng Tan'ang (50), nelayan, Alamat Pulau Sanane Desa Mattaro Adae Kecamatan Liukang Tupabbiring
  4. Paharuddin (50), ABK, alamat Pulau Pajenekang
  5. Samad (65), nelayan, alamat Pulau Pajenekang
  6. Abdul Latif (53), pengemudi kapal/PNS, alamat Pulau Pajennekang
  7. Ambo Asse (41), PNS, alamat Pulau Pajenekang
  8. Asbiah (50), PNS, alamat Pulau Pajenekang
  9. Nurfadillah (20), alamat Pukau Pajenekang
  10. Adrian (17), pelajar, alamat Pulau Sanane
  11. Ismail (16), pelajar, alamat Pulau Sanane
  12. Saleha (63), IRT, alamat Pulau Sanane

Identitas penumpang yang ditemukan meninggal usai operasi pencarian oleh tim SAR gabungan:

  1. Hj. Sofa
  2. Sitti Nadira
  3. Anak dari Mariana

Baca Juga: Identitas Penumpang Kapal Tenggelam di Pangkep, Tiga Orang Dicari

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya