Sulut dan Jeju Air Buka Penerbangan Langsung Manado-Korea

Gubernur Sulut dampingi Megawati ke Pulau Jeju, Korea

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menjalin kerja sama dengan maskapai penerbangan Korea Selatan, Jeju Air. Kedua pihak sepakat membuka rute penerbangan langsung dari Manado ke Pulau Jeju di Korea Selatan.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dalam keterangannya mengatakan, dia mendampingi Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri bertolak ke Pulau Jeju, Korea. Salah satu agendanya mempromosikan potensi pariwisata Indonesia.

"Perjalanan ini sekaligus menandatangani kerja sama antara Pemprov Sulut dengan maskapai Jeju Air dalam rangka penerbangan langsung dari Korea ke Sulut," kata Olly dilansir Antara, Selasa (13/9/2022).

Baca Juga: Scoot Tambah Frekuensi Penerbangan Rute Manado-Singapura

1. Diharapkan mendorong pariwisata di Sulut

Sulut dan Jeju Air Buka Penerbangan Langsung Manado-KoreaTaman Hutan Raya Gunung Tumpa yang terletak di Kelurahan Tongkeina, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara. IDNTimes/Ungke Pepotoh/bt

Gubernur Olly mengatakan, potensi kerja sama cukup besar. Sebab waktu tempuh antara Jeju ke Sulut cuma sekitar lima jam. Dia berharap kerja sama itu dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian, khususnya masyarakat Sulut.

"Karena memang di Sulut investor Korea sudah ada. Ada yang investasi pariwisata, hotel, dan lapangan golf. Jadi, ini akan mendorong pariwisata di Sulut," ucap Gubernur.

2. Didukung pelonggaran mobilitas masyarakat

Sulut dan Jeju Air Buka Penerbangan Langsung Manado-KoreaIlustrasi penumpang di terminal penerbangan internasional. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Selama ini, kata Gubernur, cukup banyak warga Korsel yang berkunjung ke Sulut. Meskipun jumlah kunjungan wisatawan menurun karena pandemi COVID-19, kini pemerintah Indonesia dan Korsel sudah melonggarkan syarat kunjungan.

"Pemerintah Korsel sudah mulai melonggarkan. Saya kira mulai berdampak positif terhadap pariwisata Sulut untuk Indonesia," ujarnya.

3. Sudah ada rute penerbangan internasional di Manado

Sulut dan Jeju Air Buka Penerbangan Langsung Manado-KoreaIlustrasi Pesawat. (IDN Times/Arief Rahmat)

Jeju Air merupakan maskapai berbasis di Jeju, Korea Selatan. Selama ini, maskapai itu telah menyasar Manado sebagai pasar potensial untuk menerbangkan turis dari Korsel ke Manado.

Sebelumnya, Pemprov Sulut juga membuka rute penerbangan langsung Manado-Singapura dengan maskapai Tiger Scoot. Selain itu, ada pula penerbangan langsung dari Manado menuju kota-kota di Cina yang dapat meningkatkan perekonomian kedua negara.

Baca Juga: Manjoo, Transportasi Online di Sulawesi Utara Digagas Eks Driver Ojol

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya