Comscore Tracker

Hiatus Sebagai Grup, 7 Proyek Solo Member BTS Ini Patut Ditunggu 

Bersiap untuk era solo member BTS!

BTS terkenal sebagai grup fenomenal yang sukses hingga diakui secara internasional. Terakhir, grup idol yang digawangi RM, SUGA, Jin, J-hope, V, Jimin dan Jungkook diundang Presiden Amerika Serikat, Joe Biden untuk membahas isu rasisme atau gerakan anti-Asia yang sedang marak terjadi.

Setelah mereka comeback dengan mengeluarkan album Proof dan merilis Yet To Come, rupanya ini salah satu tanda mereka hiatus sebagai grup BTS. Pada BTS Festa 2022, BTS telah meminta ijin pada Army untuk melangkah ke era selanjutnya, yaitu fokus pada proyek solo masing-masing.

Apa saja itu? Berikut proyek solo member BTS patut ditunggu.

Baca Juga: 9 Grup KPop dengan Followers TikTok Terbanyak, BTS Sulit Disaingi!

1. V dan Wooga Squad 

Hiatus Sebagai Grup, 7 Proyek Solo Member BTS Ini Patut Ditunggu Momen Wooga Squad tanpa Park Hyung-sik (https://www.instagram.com/bn_sj2013/)

Dilansir dari Soompi, V bersama Park Seo-joon, Peakboy, Choi Woo-shik, dan Park Hyung-sik akan bertemu dalam reality show bertajuk In The Soop: Friendship Trip. Sebelumnya, program ini diisi oleh BTS dan SEVENTEEN.

Persahabatan V bersama Wooga Squad- sebutan grup berisi 5 orang itu- dimulai seusai syuting drama Hwarang. Sejak saat itu, mereka kerap liburan bersama. Penggemar Wooga Squad, bersiaplah menikmati perjalanan persahabtan mereka selama 4 hari 3 malam pada Juli mendatang.

2. Jungkook dan stik drum 

Maknae BTS itu kerap membawa stik drum. Pertama saat mereka berangkat ke Amerika dan saat syuting di tv Seoul.

Stik drum ini diyakini akan membantu dalam pembuatan mixtape Jungkook. Seperti apa karya-karya Jungkook selanjutnya? Ditunggu ya Army.

3. Jin dan debut akting 

Hiatus Sebagai Grup, 7 Proyek Solo Member BTS Ini Patut Ditunggu Kim Seok-jin saat diundang White House (https://www.instagram.com/jin/)

Karena lulus dari Universitas Konkuk University jurusan akting dan perfilman, Army menunggu debut akting Jin sebagai aktor. SUGA dan RM pun mendukung langkah Jin tersebut.

Namun member tertua BTS itu malah membahas proyek solo berupa mixtape-nya. Pada dinner BTS Festa yang tayang di channel Youtube BTS, Jin terlihat malu-malu saat ditanya proyek selanjutnya oleh member lainnya. "Mixtape-ku bakal rilis terakhir," ujarnya.

4. J-hope dan penampilan solo di Lollapalooza 

J-hope akan melakukan penampilan solo pertama di Lollapalooza pada 31 Juli mendatang. J-hope telah menelurkan album bertajuk Hope World pada 2018. Termasuk Chicken Noddle Soup yang sempat viral dan ada dance challenge di TikTok.

Rumornya, di festival yang diadakan di Chicago itu J-hope akan membawakan lagu baru dari album mixtape selanjutnya. Hwaiting Hobi!

5. Jimin dan proyek mixtape 

Hiatus Sebagai Grup, 7 Proyek Solo Member BTS Ini Patut Ditunggu Jimin saat konser Permission to Dance (https://www.instagram.com/j.m/)

Saat membahas album mixtape, Jimin bercerita bahwa dia kerap datang ke studio HYBE maupun ke rumah Bang Si-hyuk untuk melakukan rekaman. Lagu itu pun telah didengarkan oleh member BTS lainnya.

Di Soundcloud, lagu Jimin berjudul Promise adalah lagu dari member BTS yang paling sering didengarkan Army. Ini pertanda Army menantikan Jimin untuk segera merilis album mixtape-nya.

6. SUGA dan proyek produser 

Hiatus Sebagai Grup, 7 Proyek Solo Member BTS Ini Patut Ditunggu Suga saat syuting MV That That (https://www.instagram.com/agustd/)

Skill SUGA sebagai produser sudah jaminan mutu. Terakhir, dia memproduseri tembang andalan That That yang dia nyanyikan bersama PSY.

Untuk memperdalam skill, SUGA memiliki jadwal latihan yang padat seperti yang dia ceritakan di dinner BTS Festa selasa kemarin (14/6). Latihan itu termasuk belajar bahasa inggris, bahasa Jepang, les gitar, keyboard, les vokal dan belajar harmonika. Selain itu, pemilik nama Min Yoongi itu ingin memperdalam musik dan skill rap. 

7. RM dan proyek reality show 

Hiatus Sebagai Grup, 7 Proyek Solo Member BTS Ini Patut Ditunggu RM dan cast Problematic Men (https://www.instagram.com/rkive/)

Leader BTS ini meyakini bahwa hiatus grup akan membuat member lainnya makin berkembang. Toh mereka memiliki skill masing-masing yang unik dan makin cemerlang jika terus diasah.

Belum ada kejelasan soal mixtape tapi sepertinya RM akan muncul di program reality show. Pemilik nama Kim Nam-joon ini pernah menjadi cast tetap di program Problematic Men. Selain itu, dia pernah bergabung bersama Kim Gura, Cha Tae Hyun, Kim Byung Ok dan Eun Ji Won di Gu Ra Cha Cha Time Slip - New Boy.

Hiatus sebagai grup bukan berarti berhenti dan tidak bisa melihat BTS berkarya, bukan? Malah RM mengatakan cara ini bisa mempererat BTS sebagai grup dan bersama untuk waktu yang lama. BTS forever!

Baca Juga: Siapa Member BTS yang Paling Kaya? Simak Total Kekayaan Biasmu! 

Ira Kurniasari Photo Community Writer Ira Kurniasari

nulis buat healing ^^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya