Comscore Tracker

Merasakan Pengalaman Nonton Konser Musik Aman di Prolog Fest 2021

Penonton tetap semangat sing along meski mengenakan masker

Makassar, IDN Times - Sempat vakum tahun lalu, temu seniman kreatif se-Makassar yakni Prolog Fest kembali digelar pada 2021. Berlangsung selama dua hari di area Rooftop Nipah Mall pada tanggal 30-31 Oktober 2021. Pusat perbelanjaan yang berada di Jalan Urip Sumohardjo itu dipilih dengan pertimbangan tempatnya sudah memadai untuk penerapan protokol kesehatan, yakni penggunaan aplikasi PeduliLindungi hingga bagian dalam mall yang berkonsep semi terbuka.

Para penonton, kru dan para musisi yang tampil dalam edisi keempat Prolog Fest ini wajib divaksinasi minimal dosis pertama dan negatif swab antigen. Total jumlah orang yang berada di area venue pun dibatasi, tak seperti event-event musik sebelum pandemik COVID-19.

Lalu seperti apa sih konser musik mode aman yang menerapkan protokol kesehatan ini? IDN Times berkesempatan meliput hari pertama agenda tahunan ruang kreatif Prolog Studio tersebut. Berikut ini foto-foto keseruannya.

1. Sukarelawan yang rutin berkeliling untuk mengingatkan para penonton di dalam venue untuk mematuhi protokol kesehatan

Merasakan Pengalaman Nonton Konser Musik Aman di Prolog Fest 2021Para volunteer yang mengamankan protokol kesehatan di Prolog Fest 2021 yang berlangsung di Rooftop Nipah Mall Makassar, 30 Oktober 2021. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

2. Total penonton yang diizinkan berada di dalam venue mencapai 1.200 orang, semuanya sudah mengantongi keterangan negatif rapid antigen

Merasakan Pengalaman Nonton Konser Musik Aman di Prolog Fest 2021Para penonton dan tim media di depan panggung utama Prolog Fest 2021 yang berlangsung di Rooftop Nipah Mall Makassar, 30 Oktober 2021. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

3. Di depan panggung utama, jarak antar penonton juga diatur melalui sedemikian rupa sebagai bagian dari komitmen atas protokol kesehatan

Merasakan Pengalaman Nonton Konser Musik Aman di Prolog Fest 2021Penataan jarak antara penonton di depan panggung utama Prolog Fest 2021 yang berlangsung di Rooftop Nipah Mall Makassar, 31 Oktober 2021. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

4. Band rock Beijing Connection saat tampil di Prolog Stage, membawakan tiga lagu termasuk dua single karya mereka

Merasakan Pengalaman Nonton Konser Musik Aman di Prolog Fest 2021Penampilan band Beijing Connection di panggung utama Prolog Fest 2021 yang digelar di Rooftop Nipah Mall Makassar, 30 Oktober 2021. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

5. Kembali tampil setelah dua tahun, Hirah Sanada manggung bersama HiLite dan solois Louie Buana

Merasakan Pengalaman Nonton Konser Musik Aman di Prolog Fest 2021Salah satu pengisi acara Prolog Fest 2021 yakni Hirah Sanada (kanan) saat tampil bersama band Hilite dan musisi Louie Buana di Pmancar Stage, Rooftop Nipah Mall Makassar, 30 Oktober 2021. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

6. Di saat bersamaan, panitia Prolog Fest juga mengadakan acara vaksinasi, mereka menyediakan 1.000 dosis untuk umum selama dua hari penyelenggaraan

Merasakan Pengalaman Nonton Konser Musik Aman di Prolog Fest 2021Suasana vaksinasi yang menjadi rangkaian acara festival musik Prolog Fest 2021 yang berlangsung di Rooftop Nipah Mall Makassar, 30 Oktober 2021. (Dok. Tim Media Prolog Fest)

7. Untuk area sekitar panggung, panitia membatasi kapasitasnya cuma 30 orang, termasuk personel band, kru dan tim yang bertugas

Merasakan Pengalaman Nonton Konser Musik Aman di Prolog Fest 2021Suasana area sekitar panggung utama Prolog Fest yang berlangsung di Rooftop Nipah Mall Makassar, 30 Oktober 2021. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

8. Beranjak malam, kuartet band metal Cadaz menggebrak panggung utama Prolog Fest dengan tiga lagu mereka

Merasakan Pengalaman Nonton Konser Musik Aman di Prolog Fest 2021Penampilan band Cadaz di hari pertama Prolog Fest 2021 yang berlangsung di Rooftop Nipah Mall Makassar, 30 Oktober 2021. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

9. Di saat bersamaan, musisi muda Azimah Fada membawakan tiga lagu termasuk single "The Author" yang rilis pada Juni lalu

Merasakan Pengalaman Nonton Konser Musik Aman di Prolog Fest 2021Penampilan solois Azimah Fada di hari pertama Prolog Fest 2021 yang berlangsung di Rooftop Nipah Mall Makassar, 30 Oktober 2021. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Baca Juga: Hirah Sanada, Seniman Muda Makassar yang Menggugat Stereotip Gender

10. Hari pertama Prolog Fest 2021 ditutup dengan penampilan Danilla Riyadi yang membawakan 6 lagu di Prolog Stage

Merasakan Pengalaman Nonton Konser Musik Aman di Prolog Fest 2021Penampilan solois Danilla Riyadi di acara musik Prolog Fest 2021 yang berlangsung di Rooftop Nipah Mall Makassar, 30 Oktober 2021. (Dok. Tim Media Prolog Fest 2021)

Total ada 27 band dan musisi yang tampil di Prolog Fest 2021. Untuk hari pertama, bertindak sebagai penampil utama adalah solois Danilla Riyadi yang cuma membawakan enam lagu. Durasi penampilannya yang cuma setengah jam tak lepas dari aturan bahwa izin keramaian cuma diizinkan hingga pukul 20.00 WITA.

Pemadatan waktu manggung pun juga terjadi di penampil sebelumnya. Beijing Connection, Natinson, Hirah Sanada feat. Hilite dan Louie Buana, Cadaz, Failures9997, DVY dan lain-lain cuma membawakan tiga lagu. Hujan deras yang mengguyur pada sore hari sempat membubarkan penonton, membuat agenda konser tersendat.

Andini, salah satu penonton, menyambut Prolog Fest dengan sukacita sebab jadi ajangnya "buka puasa" ngegigs selama satu setengah tahun.

"Konser tahun ini punya kesan sendiri bagi saya. Soalnya sejak pandemi, seringnya konser online, vibes nonton konser offline-nya hilang. Dan akhirnya bisa rasakan itu lagi saat nonton Prolog Fest 2021," katanya kepada IDN Times, Sabtu (30/10/2021).

Ia pun mengapresiasi kerja panitia yang tak henti-hentinya mengingatkan penonton agar tetap patuh pada prokes. Meski dijalani dengan susah payah, rasa rindu nonton konser langsung sudah teratasi.

"Panitianya juga menurutku bagus, karena sering mengingatkan untuk pakai masker dan jaga jarak. Meskipun agak sesak ya, sing along pakai masker, tapi tidak mengurangi euforianya. Senang juga bisa ketemu teman-teman lama saat nonton di acara Prolog Fest," imbuh Andini.

"Lineup-nya juga tidak kalah keren, menurutku pilihan tepat sekali, bisa menyatukan semua penonton," pungkasnya.

Baca Juga: Prolog Fest 2021 Tawarkan Model Nonton Konser Musik Aman

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya