Comscore Tracker

Gokil, Gim Antik Super Mario Bros Ini Terjual Rp28 Miliar!

Minat menjual barang koleksimu dengan harga segitu?

Makassar, IDN Times - Sebuah kaset video game Super Mario Bros antik terjual seharga  dua juta dolar AS atau sekitar Rp28 miliar. Kabar itu diumumkan oleh sebuah situs perusahaan barang koleksi, Rally, pada Jumat 6 Agustus 2021.

Dikutip dari The New York Times, gim yang terjual merupakan produksi tahun 1985, dibuat untuk konsol Nintendo. Menurut salah satu pendiri Rally, Rob Petrozzo, gim itu termasuk barang langka karena kemasannya belum pernah dibuka. 

Harga Rp28 miliar sekaligus memecahkan rekor penjualan gim termahal yang ditetapkan situs yang sama beberapa pekan sebelumnya. Namun identitas pembelinya seorang anonim.

Baca Juga: Mengenang Game Boy, Konsol Game Mungil Favorit Anak-anak 90-an

1. Permintaan barang koleksi melonjak di masa pandemik

Gokil, Gim Antik Super Mario Bros Ini Terjual Rp28 Miliar!Video Game Super Mario Bros. rallyrd.com

Dari sumber yang sama dilaporkan permintaan barang koleksi melonjak selama pandemik. Fenomena itu seiring populernya bentuk investasi lain, karena orang-orang terjebak di rumah mencari cara untuk membelanjakan uangnya. 

Orang-orang bahkan rela menghabiskan jutaan dolar untuk karya seni digital, seperti meme internet dan video highlight pemain basket NBA. Sedangkan Petrozzo mengatakan video game termasuk pasar yang baru lahir.

Minat membeli game antik meningkat dalam beberapa tahun terakhir, tapi sebagian kehilangan nilai karena barangnya sudah pernah dibuka dan dimainkan.

2. Game Super Mario 64 lebih dulu terjual Rp22 miliar

https://www.youtube.com/embed/JJR7ER4_jmk

Kabar penjualan gim dengan harga fantastis beberapa kali mengejutkan belakangan ini. Awalnya, kartrid game Legend of Zelda 1987 yang terjual seharga $870.000 pada awal Juli dianggap menjadi rekor tertinggi.

Belakangan, sebelum Super Mario Bros dijual Rp28 miliar, sebuah gim Super Mario 64 tahun 1996 lebih dulu terjual seharga 1,56 juta dolar AS atau Rp22 miliar.

3. Orang berinvestasi barang koleksi fisik seperti saham

Gokil, Gim Antik Super Mario Bros Ini Terjual Rp28 Miliar!Video Game The Legend of Zelda 1987. zeldanews.com

Dalam menjual barang koleksi, perusahaan Rally membeli barang fisik dan mengundang orang untuk berinvestasi seperti halnya saham. Ketika seseorang mengajukan penawaran untuk membeli salah satu barang, Rally mengambil tawaran itu kepada investor, yang memilih apakah akan menjual dan menguangkan bagian keuntungan mereka, atau menolak.

Rally membeli game Super Mario Bros seharga 140 ribu dolar AS pada April 2020, dan investor menolak tawaran 300 ribu dolar AS untuk itu tahun lalu. Hingga akhirnya tawaran 2 juta dolar AS dari pembeli anonim disetujui oleh tiga perempat investor. Demikian penjelasan Petrozzo.

Baca Juga: 7 Game Indie Terbaik untuk Dimainkan di Nintendo Switch, Super Seru!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya