Comscore Tracker

Polisi Tunggu Hasil Forensik Terkait Kebakaran Rumah Adat Bone

Polisi mengamankan sejumlah benda pusaka Kerajaan Bone

Makassar, IDN Times - Tim penyidik Satreskrim Polres Bone, Sulawesi Selatan, sementara menunggu hasil pemeriksaan untuk mengetahui penyebab kebakaran yang menghanguskan rumah adat kerajaan atau Bola Soba.  

Tim Laboratorium Forensik Polda Sulsel telah mengambil sejumlah sampel saat olah tempat kejadian, Sabtu 20 Maret 2021.

"Tunggu hasil dari labfor sementara ini," kata Kasat Reskrim Polres Bone, AKP Ardy Yusuf saat dihubungi, Kamis (25/3/2021). 

1. Polisi sudah periksa 8 orang saksi

Polisi Tunggu Hasil Forensik Terkait Kebakaran Rumah Adat BoneIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Kata Ardi, penyidik telah memeriksa delapan orang saksi. Mulai dari pihak pengelola rumah adat kerajaan hingga masyarakat sekitar. Mereka dimintai keterangan untuk kelengkapan berkas penyelidikan. 

Tidak menutup kemungkinan, pemeriksaan saksi akan bertambah seiring dengan proses perjalanan penyelidikan. "Kita tindak lanjuti dengan pengumpulan bahan keterangan seluruh saksi," jelas Ardi.

2. Polisi sementara inventarisir benda pusaka di rumah adat

Polisi Tunggu Hasil Forensik Terkait Kebakaran Rumah Adat BoneIlustrasi. Pameran bilah pusaka dan konservasi di Rammang-rammang, Salenrang, Kabupaten Maros. IDN Times/Sahrul Ramadan

Di sisi lain, lanjut Ardi, pihaknya bersama Labfor Polda Sulsel, sementara menginventarisir benda pusaka di dalam rumah adat kerajaan. Benda peninggalan sejarah didata agar bisa diketahui apabila ada yang kurang. 

Hanya saja, Ardi tidak menyebut jelas benda pusaka jenis apa saja yang banyak ditemukan. Dia menyerahkan semua kepada pihak Labfor Polda Sulsel untuk segera ditindaklanjuti.

Baca Juga: Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Bola Soba Rumah Adat Bone

3. Api dengan cepat menjalar hanguskan material bangunan

Polisi Tunggu Hasil Forensik Terkait Kebakaran Rumah Adat BonePetugas Damkar Bone saat berupaya memadamkan api dalam kebakaran rumah adat Bone/Damkar Bone

Peristiwa kebakaran Bola Soba di Kabupaten Bone terjadi pada Sabtu, 20 Maret lalu, sektiar pukul 03.45 WITA dini hari. Kobaran api dengan cepat menghanguskan sebagian besar material bangunan yang terbuat dari kayu tersebut. Api baru dapat dipadamkan 30 menit kemudian.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Polisi juga belum dapat menaksir berapa banyak kerugian materil akibat kebakaran yang terjadi.

Baca Juga: Kebakaran Hanguskan Rumah Adat Kerajaan Bone

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya