OJK Diminta Bantu Pengembangan Kualitas Produk UKM di Sulsel

Bank wakaf bisa membantu masyarakat melakukan pinjaman

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan ingin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional VI Sulawesi, Maluku, Papua (Sulampua) mengembangkan usaha mikro di Sulawesi Selatan.

Musababnya Makassar memiliki bank wakaf mikro yang bisa membantu masyarakat melakukan pinjaman tanpa bunga. Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan, bank wakaf yang terletak di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar itu harus dikembangkan dengan berbasis ekonomi syariah.

1. Wagub ingin berdayakan usaha mikro

OJK Diminta Bantu Pengembangan Kualitas Produk UKM di Sulsel

Baca Juga: Sengketa Pilpres, KPU Sulsel Bawa 60 Boks Form Rekapitulasi ke MK  

Oleh karena itu Andi Sudirman meminta saran kepada OJK agar bisa mengembangkan bank wakaf di Sulsel. “Bank wakaf ini bisa membantu melakukan pinjaman dan bisa dibayar dalam jangka waktu panjang,” ucap Andi Sudirman Sulaiman, Kamis (13/6).

2. Usaha kecil dan menengah (UKM) diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk

OJK Diminta Bantu Pengembangan Kualitas Produk UKM di Sulsel

Setelah OJK membantu usaha-usaha mikro, Andi Sudirman berharap, seluruh UKM atau usaha kecil dapat meningkatkan standar kualitas produknya. Pasalnya persaingan usaha sangat ketat terutama yang ada di ritel-ritel modern. “OJK bisa membantu untuk memberdayakan mereka sampai standar ekspor,” tutur adik kandung Menteri Amran Sulaiman ini.

Sementara Kepala Regional VI Sulampapua, Zulmi menambahkan bahwa bank wakaf konsepnya memang berbentuk syariah. Sehingga hanya diperuntukkan bagi usaha kecil dengan pinjaman tanpa bunga dan dikembalikan dalam waktu jangka panjang.

Baca Juga: Berpadu dengan Budaya Lokal, Ini Dia Tiga Tradisi Islam Unik di Sulsel

3. Sejumlah produk mulai dipasarkan

OJK Diminta Bantu Pengembangan Kualitas Produk UKM di Sulsel

Saat ini produk-produk UKM mulai dipasarkan seperti sendal berbahan eceng gondok serta kopi toraja. Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulsel telah menjalin kerja sama dengan pihak Phinisi Hospitality Hotel (PHI) Sulsel. Per bulan ada 1.000 unit sendal yang rutin dipesan. Itu sekaligus untuk memberdayakan UKM di kalangan masyarakat.

4. Sulsel berencana membuat supermarket di 24 kabupaten/kota

OJK Diminta Bantu Pengembangan Kualitas Produk UKM di Sulsel

Pemprov Sulsel juga berencana membuat supermarket di 24 kabupaten/kota. Ritel modern ini dikhususkan untuk para petani yang dikelola langsung masyarakat atau kelompok tani.

Supermarket ini akan menjadi bagian dari implementasi ekonomi kreatif. Karena menurut Nurdin Abdullah, banyak petani, kelompok tani, dan UKM yang orientasi pasarnya sudah masuk ke ritel modern. “Kita memberikan semangat kepada masyarakat bersaing, saya yakin produk kita tidak kalah,” ucap Nurdin beberapa waktu lalu.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya