Polisi Simpulkan Siswa SMP Athirah Makassar Tewas Bunuh Diri

Polisi tengah menyelidik riwayat percakapan di WhatsApp

Makassar, IDN Times - Penyidik Polrestabes Makassar menyimpulkan bahwa Basman Nafa Nasykura (15), siswa SMP Islam Athirah Makassar yang ditemukan tewas di sekolah, Rabu pagi (24/5/2023), sebagai korban bunuh diri.

Dugaan itu disampaikan Kepala Polrestabes Makassar Kombes Mokhmad Ngajib, sesuai hasil penyelidikan. 

"Dari alat bukti yang ada dan keterangan saksi serta rekaman CCTV bahwa anak tersebut naik ke lantai 8 dan setelah itu jatuh ke bawah," kata Ngajib di Kantor Polrestabes Makassar, Kamis (25/5/2023).

Baca Juga: Siswa Sekolah Islam Athirah di Makassar Tewas usai Jatuh dari Lantai 6

1. Polisi jawab keluarga mendiang soal kejanggalan kematian Basman

Polisi Simpulkan Siswa SMP Athirah Makassar Tewas Bunuh DiriPaman Basman, Andi Setiadi, saat diwawancara jurnalis di rumah duka, Jalan Hertasning Makassar, Rabu (24/5/2023). IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Ngajib menanggapi pernyataan keluarga Basman yang menyebut kematian siswa tersebut janggal. Menurut Ngajib, penyidik Polrestabes sudah bekerja sesuai proses pembuktian dan berdasarkan keterangan saksi-saksi.

"Ada rekaman CCTV dan kita dapat terakhir itu dia ada di lantai 8 dan tahu-tahu sudah sampai di bawah, dan ada saksi yang melihat di situ," terangnya.

Sebelumnya paman Basman, Andi Setiadi mengungkapkan salah satu kejanggalan adalah jarak antara titik lompat dengan titik jatuh. Kedua lokasi disebut berjauhan.

"Lokasi (titik) jatuh ponakan saya dari bangunan tempat dia disebut lompat itu berjarak kurang lebih 25 meter, itu cukup jauh. Dan pihak kepolisian tidak menemukan bercak darah di lokasi jatuh," katanya.

2. Polisi selidiki riwayat percakapan Basman di grup WA

Polisi Simpulkan Siswa SMP Athirah Makassar Tewas Bunuh DiriKapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Kapolrestabes menyebut sebelum ditemukan tewas, Basman sempat curhat di grup angkatan sekolahnya di WhatsApp. Penyidik tengah menyelidiki riwayat percakapan tersebut, mengingat ponsel Basman masih disimpan sebagai barang bukti.

"Nanti kita lihat karena kan itu (ponsel) rusak, jadi nanti kita cek lagi," ucap Ngajib.

3. Polisi pastikan saat kejadian semua CCTV di sekolah aktif

Polisi Simpulkan Siswa SMP Athirah Makassar Tewas Bunuh DiriSMA Islam Athirah 1 Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Kombes Ngajib juga memastikan bahwa pada saat kejadian, semua CCTV di lingkungan sekolah Islam Athirah aktif. Sehingga aktivitas korban terpantau dari saat masih berada di basement, masuk ke lift, hingga naik ke lantai 8.

"Dari hasil dan rangkaian CCTV itu dia sendiri ke atas. Korban ini tidak masuk kelas saat itu. Karena saat itu dia (Basman) izin sama gurunya bahwa dia sedang tidak enak badan," Ngajib menambahkan.

Baca Juga: Titik Lompat dan Jatuh Siswa SMP Athirah yang Tewas Berjarak 25 Meter

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya