Polisi Duga Mahasiswa Kedokteran Unhas yang Hilang Punya Masalah

Keluarga menduga Fikki mengikuti organisasi ekstrem

Makassar, IDN Times - Penyidik Polrestabes Makassar memastikan, Fikki Darmawan, mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin (Unhas), masih dinyatakan hilang hingga saat ini, Senin (29/5/2023).

Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) Polrestabes Makassar, AKBP Ridwan Hutagaol, mengatakan keluarga Fikki sudah melapor ke polisi terkait hilangnya mahasiswa semester dua pada Program Studi Kedokteran Hewan Unhas itu.

"Kita sudah terima laporannya, kita juga belum identifkasi dimana titiknya (Fikki), makanya kita belum komunikasi dengan yang bersangkutan, hanya keluarganya saja," singkat AKBP Ridwan kepada IDN Times Sulsel saat dikonfirmasi.

1. Penyidik Jatanras Polrestabes Makassar sebut Fikki tidak hilang

Polisi Duga Mahasiswa Kedokteran Unhas yang Hilang Punya MasalahSuasana depan ruang piket Reskrim Polrestabes Makassar. Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Sementara itu, penyidik lapangan Reskrim Polrestabes unit Jatanras menduga, Fikki tidak hilang, melainkan bersembunyi karena diduga memiliki masalah internal dengan keluarganya. 

"Diduga yang bersangkutan ini tidak hilang, tapi karena dia (Fikki) menghadapi masalah dengan keluarganya," ungkap Kepala Subdit 2 Jatanras Polrestabes Makassar, IPDA Nasrullah saat dikonfirmasi wartawan di Makassar.

2. Jatanras menduga Fikki punya masalah dengan keluarga

Polisi Duga Mahasiswa Kedokteran Unhas yang Hilang Punya MasalahMahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dilaporkan hilang. (Dok. Istimewa)

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, menurut penyidik Jatanras Polrestabes Makassar, Fikki diduga mempunyai masalah keluarga terutama dengan salah satu kakaknya, sehingga dia bersembunyi dan menyatakan diri untuk hilang.

"Yang bersangkutan ini diduga ditekan oleh kakaknya, dia di chat terus sama orang tuanya. Dia dipaksa masuk kuliah kedokteran hewan sehingga dia terpaksa kuliah di situ (Unhas), jadi dia ini tidak hilang," Nasrullah menjelaskan.

Baca Juga: Seorang Mahasiswa Unhas Dilaporkan Hilang Sejak Sepekan Lalu

3. Keluarga menduga Fikki mengikuti organisasi terlarang

Polisi Duga Mahasiswa Kedokteran Unhas yang Hilang Punya MasalahPemandangan pintu masuk dan tugu nama kampus Universitas Hasanuddin di Tamalanrea, Kota Makassar. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Secara terpisah, kakak Fikki Darmawan, Berriawan menyatakan, ada dugaan adiknya tidak hilang melainkan mengikuti sebuah organisasi terlarang yang berafiliasi dengan jaringan organisasi esktrem sejak beberapa pekan terakhir.

"Terkait dengan kecurigaan dia (Fikki) dengan organisasi radikal itu ada kecurigaan di situ, karena ada rekam jejaknya Fikki waktu SMA pernah dicari dan ditemukan tiga hari berikutnya, dia bermalam di masjid," ungkap Berriawan.

"Terakhir kali saya komunikasi dengan dia itu saat lebaran kemarin, karena saya bilang ke dia jangan urus banyak organisasi, kau (Fikki) urus saja kuliah, tapi di situ dia bentak saya. Barusan itu dia bentak saya," sambungnya.

Walaupun menduga Fikki tergabung di sebuah organisasi terlarang, tapi keluarga berharap kepada pihak kepolisian untuk mencari tahu keberadaan Fikki. Keluarga jugfa berharap Fikki bisa pulang dan kembali lagi kuliah.

Baca Juga: Mahasiswa Unhas yang Hilang Punya Prestasi Cemerlang-Aktif Organisasi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya