Sulsel akan Bangun Jalan Khusus Tambang di Bantaran Sungai Jeneberang

Nantinya dilalui truk pengangkut hasil galian tambang

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berencana membangun jalan khusus tambang di area bantaran Sungai Jeneberang, Kabupaten Gowa. Rencananya, jalan itu akan dilalui truk pengangkut hasil galian tambang pasir dari sungai tersebut.

Hal itu terungkap dalam peninjauan jalanan tambang Bilibili oleh Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Selasa (18/5/2021). Dalam hal ini, Pemprov berkolaborasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ).

"Tadi kita mengunjungi bersama balai, melihat potensi perencanaan dalam rangka membangun jalan tambang. Kita mau ada akses bawah sehingga yang di bawah tidak perlu naik ke atas, supaya akses wisata itu bisa lebih baik," kata Sudirman usai peninjauan.

1. Truk pengangkut hasil tambang dianggap mengganggu pengendara

Sulsel akan Bangun Jalan Khusus Tambang di Bantaran Sungai JeneberangSejumlah truk pengangkut pasir di bantaran Sungai Jeneberang, Kabupaten Gowa, Sulsel, Selasa (18/5/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Sudirman, pembangunan jalan khusus itu sangat krusial. Agar nantinya kendaraan tambang tidak akan lagi bersinggungan dengan jalan umum. 

Ke depan, jelas Sudirman, Jalan Poros Malino tidak boleh lagi dilalui truk pengangkut hasil tambang. Sebab truk-truk besar mesti melalui jalanan khusus yang berada di bagian bawah atau di sepanjang bantaran sungai.

"Kita mau rapikan itu, kita mau ada jalan tambang khusus agar jalan wisata tidak terganggu. Kadang-kadang kan pergi ke Malino di belakangnya ada truk-truk. Jadi kita mau buatkan akses di bawah supaya enak jalannya dan terlihat lebih rapi," ujarnya.

2. Masih sebatas pengkajian

Sulsel akan Bangun Jalan Khusus Tambang di Bantaran Sungai JeneberangKondisi di bantaran Sungai Jeneberang, Kabupaten Gowa, Sulsel, Selasa (18/5/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Sudirman menyebutkan rencana pembangunan jalan khusus tambang ini masih sebatas tahap pengkajian. Karena itu, pihaknya belum menentukan estimasi anggaran yang dibutuhkan.

Saat ini pemprov melalui dinas terkait masih akan mengkaji bersama pihak BBWSPJ untuk perencanaan pembangunan jalan tersebut. 

"Ini masih dikaji dulu, kaji kelayakannya. Kemudian kita berbicara anggaran, baru kita lihat berapa lama kita kerjakan, terus kita eksekusi. Pelan-pelan ini bertahap, kita masih meninjau dulu," jelasnya.

Baca Juga: Sedimentasi akibat Galian Tambang Ancam Cekdam Bili-bili di Gowa

3. Bakal jadi proyek percontohan untuk daerah Sulsel

Sulsel akan Bangun Jalan Khusus Tambang di Bantaran Sungai JeneberangKondisi di bantaran Sungai Jeneberang, Kabupaten Gowa, Sulsel, Selasa (18/5/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Lebih lanjut Sudirman mengaku akan menjadikan jalan khusus tambang ini sebagai proyek percontohan untuk daerah lainnya di Sulsel. Untuk sementara, Gowa menjadi pilihan pertama.

Rencana ini, kata dia, karena melihat sejumlah daerah di Jawa yang telah memiliki akses khusus bagi kendaraan tambang supaya tidak bersinggungan dengan jalanan umum.

"Kita survei dulu, nanti akhir tahun baru kita perintisan. Kita liat dulu tracking-nya, kita studi layak atau tidak," ucapnya.

Baca Juga: Bupati Gowa Minta Warga Tidak Beraktivitas Sekitar Sungai Jeneberang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya