Ridwan Kamil Terkesan pada Masjid Kubah 99 Makassar 

Ridwan Kamil baru pertama kali kunjungi masjid tersebut

Makassar, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkesempatan melihat langsung bentuk fisik Masjid Kubah 99 Asmaul Husna yang berada di Kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar. Dia merupakan arsitek bangunan masjid tersebut.

Momen itu dia bagikan juga melalui akun Instagramnya @ridwankamil pada Sabtu (7/5/2022). Dia terkesan dan mengagumi bentuk fisik masjid tersebut.

"Ikon Kota Makassar. Hari ini pertama kalinya berkunjung ke masjid pinggir laut ini setelah dibangun, dan sekarang menjadi ikon Kota Makassar. Semoga Masjid 99 Kubah Asmaul Husna ini menjadi kebanggaan warga Sulawesi Selatan khususnya warga Kota Makassar. Saya desain konsepnya tahun 2016-2017, atas permintaan Gubernur Sulsel saat itu Bapak Syahrul Yasin Limpo. Hatur Nuhun," demikian caption pada unggahannya.

1. Berharap jadi ikon Kota Makassar

Ridwan Kamil Terkesan pada Masjid Kubah 99 Makassar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama istri Atalia Praratya berfoto berlatar Masjid Kubah 99 Asmaul Husna. IDN Times/Instagram

Saat bertemu dengan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman di hari yang sama, Ridwan Kamil membahas terkait pembangunan dan pemanfaatan masjid tersebut. 

Ridwan Kamil pun memuji komitmen gubernur Andi Sudirman yang berupaya menyelesaikan pembangunan masjid tersebut hingga dimanfaatkan oleh masyarakat

“Pak Gub, waktu pas buka jendela, alhamdulillah terlihat indahnya Masjid Kubah 99 Asmaul Husna ini. Hari ini pertama kalinya berkunjung ke masjid pinggir laut ini setelah dibangun,” kata Ridwan kepada Sudirman.

Dia pun berharap masjid yang menjadi tempat ibadah ini, juga dapat menjadi ikon di Kota Makassar dan menjadi kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar.

 “Kalau Paris punya Eiffel, Kota Makassar  punya Masjid Kubah yang jadi ikon,” ucapnya.

2. Dimanfaatkan untuk beribadah dan wisata religi

Ridwan Kamil Terkesan pada Masjid Kubah 99 Makassar Salat Id di pelataran Masjid Kubah 99 Asmaul Husna Makassar. (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Masjid Kubah 99 Asmaul Husna tahun ini telah dimanfaatkan untuk kegiatan beribadah umat Islam. Masjid ini juga sekaligus menjadi lokasi wisata religi bagi masyarakat, mulai dari lokal hingga dari luar Kota Makassar.

“Ini sudah digunakan untuk salat berjemaah dan baru-baru ini untuk salat Idul Fitri (1443 H),” kata Sudirman.

Pembangunan masjid ini sempat terhenti di tahun 2019 sebelum akhirnya dilanjutkan kembali pada 2020. Andi Sudirman menyatakan bahwa Pemprov Sulsel telah berkomitmen menyelesaikan pembangunan masjid agar lebih fungsional dengan sarana yang lebih lengkap. 

"Kami berkomitmen untuk menyelesaikan agar lebih fungsional. Karena banyak anggaran dari uang rakyat yang sudah masuk. Kita tidak ingin pembangunannya terhenti, dan harus dilanjutkan sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak," jelasnya.

3. Pemprov kembali anggarkan dana untuk penyelesaian

Ridwan Kamil Terkesan pada Masjid Kubah 99 Makassar Salat Id di pelataran Masjid Kubah 99 Asmaul Husna Makassar. (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Untuk melanjutkan pembangunan masjid tersebut di tahun 2021, Pemprov Sulsel menggelontorkan anggaran sebesar Rp23 miliar. Pemprov Sulsel bahkan menganggarkan Rp45 miliar dalam APBD Sulawesi Selatan 2022 untuk ini. 

Jika dibandingkan anggaran APBD 2021, anggaran Masjid Kubah 99 Asmaul Husna naik dua kali lipat. 

“Tahun ini dialokasikan Rp45 miliar dan telah lelang, sementara akan memasuki tahap penandatanganan kontrak,” kata Sudirman.

Baca Juga: Gubernur Sudirman dan Mentan SYL Salat Id di Masjid Kubah 99

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya