Comscore Tracker

Pemkot Makassar Mulai Program Vaksinasi 100 RT Per Hari

Warga yang belum vaksinasi akan dapat undangan

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar mulai menggelar program vaksinasi tingkat rukun tetangga (RT) kepada warganya. Pemkot menargetkan vaksinasi tuntas bagi warga di 100 RT per hari.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan vaksinasi ini dijalankan dengan sistem sapu jagat. Pasalnya, selama ini vaksinasi dilaksanakan di mana orang mendatangi satu tempat yang menggelar vaksinasi, baik oleh instansi maupun komunitas.

"Itu tidak berdasarkan alamat. Kami sekarang menyisir orang-orang yang belum mendapat kesempatan untuk vaksin secara komunitas," kata Danny saat mengunjungi pelaksanaan vaksinasi tersebut di Kantor Kelurahan Mapala, Kecamatan Rappocini, Selasa (21/9/2021).

Baca Juga: Warga Makassar Jangan Lengah Meski sudah di Zona Kuning

1. Warga yang belum divaksinasi akan diundang

Pemkot Makassar Mulai Program Vaksinasi 100 RT Per Hariilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Uni Lubis)

Layanan vaksinasi tersebut ditujukan untuk warga yang belum divaksinasi. Pemerintah akan menyisir warga dari rumah ke rumah dengan memberikan undangan ikut vaksinasi.

Undangan itu, kata Danny, hampir mirip dengan undangan untuk pergi ke TPS. Undangan ini dimaksudkan supaya warga mereka lebih dirangkul sehingga mau ikut vaksinasi.

"Ini undangan kepada orang yang belum vaksin, itu diundang sehingga mereka merasa sangat dihormati, sehingga sistem ini akan membuat monitoring kita terhadap pandemik yang berpotensi muncul," katanya.

2. Pemkot tetap pakai cara persuasif

Pemkot Makassar Mulai Program Vaksinasi 100 RT Per HariIlustrasi Vaksinasi COVID-19 (dok. Istimewa)

Danny berharap, vaksinasi 100 RT per hari tersebut dapat mempercepat upaya Pemerintah Kota Makassar untuk memastikan warga mendapat vaksinasi. Namun jika masih ada warga yang menolak divaksinasi, maka pemerintah akan tetap berupaya membujuk mereka.

"Kita akan bikin penanganan tersendiri secara persuasif. Tokoh-tokoh masyarakatnya akan datang karena masalah ini masalah keyakinan juga sehingga perlu diyakinkan orang bahwa vaksin itu riil," katanya.

3. Capaian vaksinasi Makassar hampir 60 persen

Pemkot Makassar Mulai Program Vaksinasi 100 RT Per Hariilustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis).

Adapun capaian vaksinasi yang sudah dilaksanakan Pemerintah Kota Makassar hingga saat ini sudah menyasar hampir 60 persen. Menurut Danny, capaian tersebut karena masyarakat Kota Makassar juga kian antusias mengikuti vaksinasi.

"Alhamdulillah kita masuk top ten di Indonesia tapi kita ingin dengan 100 RT 1 hari 100 persen ini insya Allah kita menjadi bagian dari yang terbaik di Indonesia untuk percepatan vaksinasi bersama TNI-Polri," katanya.

Baca Juga: Isolasi Apung di KM Umsini Makassar Resmi Ditutup

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya