Hari Pertama Pj Gubernur Sulsel Berkantor: Langsung Sowan ke DPRD

Bahtiar bersiap menjalankan tugas

Makassar, IDN Times - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, langsung berkantor setelah resmi dilantik oleh Menteri Dalam Negeri pada Senin 5 September 2023. Dia tiba di Kota Makassar sehari setelah dilantik yakni Rabu (6/9/2023). 

Sebelum acara serah terima jabatan yang berlangsung di Baruga Karaeng Pattingalloang Rujab Gubernur Sulsel, dia lebih dahulu mengunjungi kantor yang akan menjadi tempatnya bertugas. Saat tiba di depan lobi utama kantor gubernur, dia langsung disambut para pejabat Pemprov Sulsel. 

"Pertama saya sampaikan hari ini alhamdulillah saya kembali ke Makassar, pulang kampung. Jadi kalau saya ke sini, yah, pulang kampung," kata Bahtiar di Kantor Gubernur Sulsel.

1. Bahtiar mengaku senang kembali ke Sulsel

Hari Pertama Pj Gubernur Sulsel Berkantor: Langsung Sowan ke DPRDPj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin saat ditemui di kantor gubernur, Rabu (6/9/2023). IDN Times/Asrhawi Muin

Sulsel bukanlah daerah yang baru bagi Bahtiar. Dia berasal dari Kabupaten Bone yang berarti dia putra daerah Sulsel. Saat ini, dia juga masih menjabat sebagai Direktur Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri. 

Pada 11 Agustus 2023 lalu, dia juga sempat hadir dalam acara nasional pembagian bendera Merah Putih oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Kegiatan ini diselenggarakan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

"Itu gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih yang kita sebarkan 13 juta seluruh Indonesia. Ketua Panitianya saya, saya inisiatornya dan kebetulan saya putra daerah sini juga jadi sangat menyenangkan dan ketemu kawan-kawan," kata Bahtiar.

2. Bersiap mengawal Pemilu 2024

Hari Pertama Pj Gubernur Sulsel Berkantor: Langsung Sowan ke DPRDPj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin saat ditemui di kantor gubernur, Rabu (6/9/2023). IDN Times/Asrhawi Muin

Selanjutnya, Bahtiar akan melaksanakan tugasnya untuk memimpin roda pemerintahan di Sulsel sebagaimana yang diamatkan oleh Mendgari dan Presiden. Salah satu yang akan menjadi fokus utamanya yaitu mengawal Pemilu 2024, terlebih waktunya kian dekat.

"Jangan lupa bulan depan sudah pemilu, tanggal 10 Oktober kan sudah pendaftaran Pilpres, tanggal 3 November sudah (penetapan) DCT," katanya.

Dia menjelaskan bahwa dengan jabatannya sebagai Direktur Polpum Kemendagri, maka dia juga bertugas menyusun dan mengawal regulasi tentang kepemiluan di Indonesia.

"Jadi saya harus pastikan kesiapan daripada penyelanggara pemilu baik KPU, Bawaslu dan Instasi terkait yang mendukung sukses pemilu itu harus kita pastikan sudah siap, siap dari sisi SDM, alat, uang dan seterusnya, kita harus pastikan," kata Bahtiar.

Baca Juga: Profil Bahtiar Baharuddin Pj Gubernur Sulsel, Punya Sederet Pengalaman

3. Bahtiar perkenalkan diri ke DPRD Sulsel

Hari Pertama Pj Gubernur Sulsel Berkantor: Langsung Sowan ke DPRDPj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin saat ditemui di kantor gubernur, Rabu (6/9/2023). IDN Times/Asrhawi Muin

Sebagai permulaan, dia juga lanjut memperkenalkan diri dengan pimpinan dan anggota DPRD Sulsel. Dia menjelaskan bahwa DPRD selaku legislatif merupakan mitra kerja pemerintahan eksekutif.

"Makanya hari ini sowan kalau kata orang Jakarta, matur ke mitra kerja kita dalam hal ini DPRD karena pemerintahan daerah itu adalah gubernur dan DPRD. Jadi kita dan DPRD adalah satu kesatuan,makanya saat tiba di sini saya kunjungi atau datang bersilaturahmi dengan pimpinan DPRD Provinsi Sulsel," kata Bahtiar.

Baca Juga: Bahtiar Baharuddin Resmi Dilantik Jadi Pj Gubernur Sulsel

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya