Comscore Tracker

Gubernur Sulsel Berangkat Haji Lewat Embarkasi Jakarta

Tusgas Gubernur Sulsel dilimpahkan ke Sekda

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, akan menunaikan ibadah haji tahun ini. Sudirman berangkat tidak melalui embarkasi Makassar melainkan embarkasi Jakarta.

Sudirman berangkat haji bersama sang istri, Naoemi Octarina. Dia direncanakan menunaikan ibadah haji selama dua minggu.

"Lewat embarkasi Jakarta. Di sana proses-proses keberangkatannya," ujar Kepala Bidang Humas Pemprov Sulsel, Sultan Rakib, saat dihubungi IDN Times, Selasa (28/6/2022).

1. Tugas gubernur Sulsel diambil alih Sekda

Gubernur Sulsel Berangkat Haji Lewat Embarkasi JakartaSekda Sulsel Abdul Hayat Gani saat rakor TPID di Hotel D'Maleo Makassar, Selasa (3/11/2020). Humas Pemprov Sulsel

Roda pemerintahan Pemprov Sulsel, menurut Sultan, dipastikan akan tetap berjalan normal meskipun Sudirman ke Tanah Suci. Selama masa itu, tugas Gubernur Sulsel akan dijalankan oleh Sekretaris Daerah Sulsel Abdul Hayat Gani sebagai Pelaksana Harian.

"Karena tidak ada Pak Wagub, maka Pak Sekda yang mengerjakan selama Pak Andi Sudirman Sulaiman menunaikan ibadah haji," katanya.

2. Mendapat izin dari Mendagri

Gubernur Sulsel Berangkat Haji Lewat Embarkasi JakartaGubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Asrhawi Muin

Sultan mengatakan, Sudirman telah mendapatkan izin dari Kementerian Dalam Negeri untuk melaksanakan ibadah haji. Kemarin, Senin 27 Juni 2022, merupakan hari terakhir Sudirman berkantor. 

"Hari ini, agendanya sudah tidak ada. Bapak sudah dapat izin dari Mendagri. Bapak sudah siap melaksanakan ibadah haji," kata Sultan.

Baca Juga: Gubernur Sulsel: WFA bagi ASN Butuh Regulasi Khusus

3. Masih menunggu visa

Gubernur Sulsel Berangkat Haji Lewat Embarkasi JakartaPlt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Sudirman sendiri enggan berbicara banyak saat disinggung terkait rencananya menunaikan ibadah haji. Namun kemarin, Gubernur Sulsel Sudirman mengaku masih menunggu visa untuk keberangkatannya ke Tanah Suci.

"Visanya se-Indonesia masih menunggu persetujuan. Karena ini memang visa yang khusus untuk bukan reguler. Kita masih menunggu meskipun izin sudah keluar dari kementerian," kata Sudirman. 

Baca Juga: Andi Sudirman Berangkat Haji, Sekda Pimpin Pemprov Sulsel

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya