Comscore Tracker

Daftar Tempat Isolasi Mandiri Pasien COVID-19 di Makassar, Gratis!

Warga yang positif COVID-19 tanpa gejala boleh daftar

Makassar, IDN Times - Kasus COVD-19 di Sulawesi Selatan (Sulsel), khususnya di Kota Makassar, terus meningkat pada bulan Juli 2021 ini. Peningkatan pada jumlah pasien ini membuat kapasitas berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya mulai penuh.

Di RSKD Dadi, keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) per tanggal 28 Juli 2021 mencapai 66,7 persen. Di RSUD Labuang Baji, BOR mencapai 50 persen, RSUD Sayang Rakyat 62,5 persen dan RSUD Haji 80 persen.

Meningkatnya angka hunian rumah sakit rujukan COVID-19 itu membuat isolasi mandiri menjadi pilihan yang tak terelakkan, terutama bagi seseorang yang terpapar COVID-19 tanpa gejala atau bergejala ringan.

Sejatinya, isolasi mandiri bisa dilakukan di rumah. Tapi tidak sedikit masyarakat yang khawatir soal keamanan isolasi mandiri di rumah. Pemerintah maupun relawan kemudian membuka layanan isolasi mandiri.

Di tempat isolasi mandiri, pasien tetap akan mendapatkan perawatan layaknya rumah sakit. Ada dokter dan perawat yang siap membantu kondisi pasien secara penuh.

Berikut daftar tempat yang menyediakan layanan isolasi mandiri di Makassar, Sulawesi Selatan.

1. Isolasi apung di KM Umsini

Daftar Tempat Isolasi Mandiri Pasien COVID-19 di Makassar, Gratis!KM Umsini yang dijadikan sebagai lokasi isolasi apung untuk pasien COVID-19 di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Melalui program Makassar Recover, Pemerintah Kota Makassar menyediakan layanan isolasi mandiri di kapal Umsini bagi masyarakat yang terpapar COVID-19 tanpa gejala dan bergejala ringan. Layanan ini diberi nama Isolasi Apung.

Bagi warga Makassar yang ingin menjalani isolasi mandiri di kapal tersebut, cukup mendaftar via Emergency WhatsApp 0811400112 dan atau melalui kantor lurah dan Puskesmas setempat. 

Kapal ini akan berlabuh di perairan sekitar Pulau Lae-lae yang lokasinya tak jauh dari daratan Kota Makassar. Saat ini, kapal tersebut masih bersandar di dermaga Pelabuhan Soekarno Hatta di Jalan Nusantara.

Layanan isolasi apung kapal Umsini dipersiapkan menampung 804 pasien COVID-19. Pemerintah Kota Makassar telah menyiapkan 64 tenaga kesehatan. Kapal Umsini ini juga dilengkapi sejumlan fasilitas seperti kebutuhan dasar makan minum, suplemen dan sarana hiburan.

Ada tiga kegiatan yang difokuskan selama masa isolasi yaitu recovery atau penyembuhan pasien COVID-19, traning yakni pasien COVID-19 dibekali ilmu tentang COVID-19, dan recreation atau kegiatan menyenangkan bagi pasien supaya tidak bosan.

Adapun syarat lengkap bagi warga yang ingin menjalani isolasi di kapal Umsini: 

  1. Mendaftar via Emergency WhatsApp 0811400112 dan atau melalui kantor lurah dan puskesmas setempat
  2. Melampirkan bukti PCR Positif atau melakukan resting PCR baru dari Pemerintah Kota Makassar
  3. Mengisi Aplikasi "MR Detektor" via Play Store
  4. Menandatangani surat peryataan "Bersedia di Isolasi" 
  5. Manpu beraktivitas mandiri selama isolasi apung terpadu
  6. Menaati segala aturan yang ada di isolasi apung terpadu

2. Asrama Haji Sudiang

Daftar Tempat Isolasi Mandiri Pasien COVID-19 di Makassar, Gratis!Salah satu kamar di Asrama Haji Sudiang Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Kementerian Agama juga menghadirkan layanan isolasi untuk mereka yang terinfeksi COVID-19 namun tanpa gejala ataupun bergejala ringan. Lokasinya di Asrama Haji Sudiang Makassar.

Selama proses isolasi di sana, pasien akan mendapatkan fasilitas kamar layaknya hotel, di mana setiap kamar berisi satu tempat tidur, bahkan ada juga kamar untuk satu keluarga. Setiap kamar sudah dilengkapi kamar mandi dan televisi.

Selama menjalani isolasi di Asrama Haji, pasien akan diberikan pelayanan kebutuhan dasar, seperti makan, minum maupun vitamin dan suplemen. Pasien juga akan dibekali dengan aktivitas olahraga, hiburan dan kegiatan lainnya. 

Fasilitas ini bebas dan gratis bagi seluruh warga terkonfirmasi positif COVID-19 yang tanpa gejala dan bergejala ringan. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan dengan menghubungi Telemedicine Hallo Dokter atau langsung ke rumah sakit provinsi terdekat untuk rujukan online ataupun offline.

Adapun nama untuk layanan isolasi pasien COVID-19 tersebut adalah FIT SULSEL (Fasilitas Isolasi Terintegrasi Provinsi Sulawesi Selatan). 

Pasien yang berhak mengikuti layanan tersebut adalah yang telah mendaftar di call center Hallo Dokter 0811466465 atau mendaftar melalui website hallodokter.sulselprov.go.id. 

Kemudian, mendapat rujukan dari Puskesmas untuk mendapatkan perawatan COVID-19 di rumah sakit. Lalu, telah menjalani swab RT-PCR dengan hasil positif tanpa gejala dan gejala ringan tanpa komorbid.

Warga yang mendapatkan prioritas adalah;

  1. Tinggal sendiri dalam rumah, tanpa keluarga 
  2. Tinggal bersama kelompok rentan seperti usia lansia dan memiliki penyakit penyerta seperti dibetes, gangguan jantung, hipertensi, gagal ginjal, stroke, penyakit pernapasan kronis, penyakit kanker
  3. Kondisi rumah tidak memungkinkan melakukan isolasi mandiri, tidak ada kamar khusus bagi penderita
  4. Jika kondisi lingkungan masyarakat di sekitar rumah tidak memungkinkan dilakukan isolasi mandiri seperti ancaman penolakan atau ancaman keamanan
  5. Penilaian nomor 1-4 dilakukan oleh Puskesmas

Baca Juga: Ini Fasilitas Kapal Isolasi Apung di Makassar, Pasien OTG Bisa Mancing

3. BBPK Antang

Daftar Tempat Isolasi Mandiri Pasien COVID-19 di Makassar, Gratis!Relawan yang terdari dari mahasiswa Fakultas Kedokteran Unhas dan Umi menjemput pasien COVID-19 di Makassar/dr. Hisbullah

Relawan COVID-19 yang terdiri dari para dokter dan mahasiswa kedokteran juga menyediakan layanan isolasi mandiri bagi pasien COVID-19 tanpa gejala dan bergejala ringan. Layanan ini diinisiasi oleh dr Hisbullah, relawan yang juga dokter spesialis di RSUP dr Wahidin Sudirohusodo. 

Lokasinya di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) di Jalan Moha Lasuloro No 59, Antang, Kecamatan Manggala, Makassar. Ada 80 tempat tidur yang disiapkan di sini.

Relawan yang bertugas di sana umumnya merupakan dokter dan mahasiswa kedokteran Unhas, apalagi di Fakultas Kedokteran memang ada tim bantuan medis. Itulah yang digerakkan untuk membantu warga untuk isolasi.

Dokter-dokter yang bertugas di sana umumnya merupakan dokter senior. Mereka akan melayani pasien seperti mengecek kesehatan pasien mulai dari mengecek tekanan darah pada pagi dan sore hari, memeriksa denyut nadi, pernapasan, suhu tubuh dan saturasi oksigen. 

Sementara mahasiswa kedokteran yang bertugas menyiapkan kebutuhan pasien mulai makanannya, mengatur laundry dan mengatur jadwal olahraga bagi pasien.

Sama seperti tempat isolasi lain, BBPK juga menyediakan tempat tidur dan televisi bagi pasien. Fasilitas lainnya yaitu meja pemeriksaan dan sarana olahraga. 

Warga yang mau ikut menjalani isolasi mandiri di BBPK bisa menghubungi nomor telepon +62818203167 atas nama Anastaqif atau 082397001252 atas nama Sahrul Fajar Perdana.

Setelah mendaftar, pertugas akan memverifikasi berdasarkan hasil pemeriksaan PCR dan KTP. Setelah itu, warga akan dijemput di rumahnya menggunakan ambulans yang telah disiapkan.

Baca Juga: Pasien COVID-19 Kini Bisa Isolasi di Asrama Haji Makassar, Ini Caranya

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya