Kasus Positif Corona Pertama di Pinrang Dinyatakan Telah Sembuh

Pasien 01 sempat dirawat di RSUD Andi Makkasau Parepare

Makassar, IDN Times - Kabar baik perihal penanganan virus corona datang dari Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang, drg. Dyah Puspita Dewi, mengonfirmasi bahwa salah satu warga yang sempat berstatus positif terpapar COVID-19 telah dinyatakan sembuh pada hari Jumat (3/4).

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau di Kota Parepare, salah satu rumah sakit rujukan terkait COVID-19, tempat yang bersangkutan dirawat selama beberapa hari terakhir.

1. Setelah diizinkan pulang, Kasus 01 Kabupaten Pinrang kembali jalani isolasi di rumah selama 14 hari

Kasus Positif Corona Pertama di Pinrang Dinyatakan Telah SembuhIlustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Hasil negatif didapatkan dari dua hasil pemeriksaan sampel swab PCR. Usai dinyatakan sembuh, Kasus 01 diperkenankan pulang. Selanjutnya, dia akan kembali menjalani isolasi di kediaman selama 14 hari dengan pengawasan dari pihak Dinas Kesehatan Pinrang.

Dalam keterangan pers yang diterima oleh IDN Times, Dyah berharap kabar baik tersebut menjadi motivasi sekaligus pelajaran bagi masyarakat Pinrang agar tetap menjaga kesehatan diri demi terhindari dari wabah COVID-19. Mulai dari mencuci tangan hingga mengurangi aktivitas di luar rumah.

2. Warga diminta lebih disiplin dalam menjaga jarak dan pola hidup sehat demi terhindar dari paparan wabah COVID-19

Kasus Positif Corona Pertama di Pinrang Dinyatakan Telah SembuhPixabay/zukunftssicherer

Lebih jauh, Dyah turut mengimbau agar kedisiplinan menjaga jarak saat terpaksa beraktivitas di luar rumah (physical distancing) ditingkatkan demi menurunkan angka-angka kasus terkait coronavirus.

Menurut data Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang per hari Jumat (3/4) pukul 17.30 WITA, ada 729 warga berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). Sebanyak 227 di antaranya sudah selesai menjalani proses pemantauan. Adapun angka Orang Dalam Pemantauan (ODP) mencapai 7.

Baca Juga: 29 Positif Virus Corona, DPRD Sulsel Siapkan Anggaran Rp500 Miliar

3. Tidak ada kasus aktif di Pinrang per hari Jumat (3/4), sementara 7 warga berstatus PDP sedang menunggu hasil pemeriksaan sampel swab

Kasus Positif Corona Pertama di Pinrang Dinyatakan Telah SembuhDok. Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang

Sementara itu, ada 7 orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sedang jalani perawatan intensif. Seluruh pasien tersebut telah melalui pengambilan sampel swab dan sedang menunggu hasil.

"Mudah-mudahan, pasien dalam pengawasan yang sementara menunggu hasil pemeriksaan dinyatakan negatif," ungkap Dyah.

Baca Juga: [UPDATE] Positif COVID-19 di Sulsel Kini 82 Kasus, 4 Sembuh

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya