Comscore Tracker

Kapolrestabes Makassar Cup, Ada Lomba Lari Maraton hingga Sepeda Hias

Kapolrestabes Makassar Cup digelar Juni 2022

Makassar, IDN Times - Momen Hari Kelahiran Pancasila tahun ini akan dirayakan oleh Kapolrestabes Makassar dengan berbeda. Mereka akan menghelat Kapolrestabes Cup pada 1 Juni mendatang, bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dan Kalla Toyota.

Berbicara dalam konferensi pers di Garasi Nipah Park pada Jumat siang (13/5/2022), Kombes Pol Budhi Haryanto selaku Kapolrestabes Makassar menjelaskan bahwa acara ini terbagi menjadi beberapa event otot dan otak. Antara lain lomba lari maraton 10K, lomba debat, orasi ilmiah dan pawai sepeda hias. Selain sebagai ajakan pola hidup sehat, ada misi lain yang dibawa yaitu membangkitkan ekonomi.

"Saya ingin mengajak masyarakat untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Nantinya kita akan undang juga rekan-rekan UMKM sektor kuliner dan kerajinan. Kita juga ingin membangkitkan imunitas. Sebab sekarang di Makassar ini mulai membaik grafiknya (kasus COVID-19, red.), dilihat dari angka kematian yang hampir 0 persen," ujar Budhi saat berbicara di hadapan awak media.

1. Dianggap sebagai cara membuktikan bahwa Makassar sudah benar-benar pulih

Kapolrestabes Makassar Cup, Ada Lomba Lari Maraton hingga Sepeda HiasChief Operation Officer Kalla Toyota Robby Wijaya saat berbicara di konferensi pers lomba Kapolrestabes Makassar Cup di Garasi Nipah Park, Jumat 13 Mei 2022. (Dok. Humas Kalla Toyota)

Senada dengan Budhi, Chief Operation Officer (COO) Kalla Toyota yakni Robby Wijaya menambahkan bahwa Kapolrestabes Makassar Cup bisa memberi dampak positif pada kesehatan dan ekonomi dalam sekali tepuk. Terlebih lari adalah olahraga yang bisa dilakukan siapa saja.

"Sebuah kota ketika semuanya aman, termasuk kesehatan, maka aktivitas ekonomi akan berjalan baik. Kita sudah mengalami dua tahun pandemik yang pelik. Maka ide ini kami anggap sebagai sesuatu yang bisa kami dukung agar lebih baik lagi," katanya.

"Tak lupa, Makassar adalah sebuah kota ekonomi. Kegiatan ini bisa menunjukkan kita sebagai kota yang sudah pulih. Ini bisa menarik hati para pelaku ekonomi dari luar untuk beraktivitas di kota ini," sambung Robby.

2. Mendapat apresiasi dari Wali Kota Makassar Danny Pomanto

Kapolrestabes Makassar Cup, Ada Lomba Lari Maraton hingga Sepeda HiasWali Kota Makassar Ramdhan "Danny" Pomanto saat berbicara di konferensi pers lomba Kapolrestabes Makassar Cup di Garasi Nipah Park, Jumat 13 Mei 2022. (Dok. Humas Kalla Toyota)

Walikota Makassar, Ramdhan "Danny" Pomanto, menyambut gembira Kapolrestabes Makassar Cup. Ia menyebutnya sebagai cara luar biasa untuk menyalurkan aspirasi dan energi anak muda ke arah produktif. Terlebih ini sesuai dengan terobosannya sejak dua bulan terakhir.

"Idenya cocok dengan anak Makassar itu selalu penuh energi. Tapi sering kali salurannya tidak produktif, makanya kita perlu hal ini demi menyalurkan minat-minat secara positif. Maka izinkan saya mengucap terima kasih pada Kapolrestabes atas ide luar biasa yang baru digelar ini," ucap Danny.

Sementara itu, Komandan Kodim 1408 Makassar Letkol Inf Norman Syahreda menyebut pihaknya siap mendukung acara Kapolrestabes Cup. Turut pula terlontar rencana agar setiap instansi mengirim wakil.

"Pihak Babinsa dan Koramil akan membantu pengamanan acara ini. Selain itu, kami mengusulkan bagaimana kalau instansi lain juga mengirim peserta, ya hitung-hitung meramaikan acara kan?" ucap Norman.

Baca Juga: Cerita Komunitas Sepeda Minion Makassar, Seni Merakit Frame Lawas

3. Panitia menargetkan ada 10 ribu peserta yang ikut ambil bagian

Kapolrestabes Makassar Cup, Ada Lomba Lari Maraton hingga Sepeda HiasKapolrestabes Kota Makassar Kombel Pol Budhi Haryanto saat berbicara di konferensi pers lomba Kapolrestabes Makassar Cup di Garasi Nipah Park, Jumat 13 Mei 2022. (Dok. Humas Kalla Toyota)

Berdasarkan rilis resmi Kalla Toyota, lomba lari maraton 10K pada 1 Juni mendatang diselenggarakan di ruas Jalan Pettarani, dan cuma menggunakan satu lajur. Pendaftaran akan dibuka berdasarkan tiga kelas yakni umum, mahasiswa serta pelajar. Tak sampai disitu, produk UMKM binaan Dinas Koperasi Kota Makassar juga akan membuka tenant di sepanjang jalur arteri tersebut.

Namun, bertindak sebagai pendahuluan adalah lomba debat dan orasi ilmiah. Mengangkat topik utama "Mempertahankan Pancasila Sebagai Ideologi Negara", dua lomba tersebut dihelat mulai 23 Mei. Beragam hadiah menarik ditawarkan, seperti voucher makan dengan total senilai jutaan rupiah, tablet elektronik, televisi plus hadiah utama berupa 10 unit motor Benelli. Pihak panitia menargetkan ada 10 ribu peserta di seluruh lomba.

"Masyarakat dari wilayah Sulsel pada umumnya, dan wilayah Makassar pada khususnya dapat mendaftarkan diri di kegiatan ini. Peserta yang berasal dari berbagai kalangan pun dapat mendaftarkan diri. Kalla Toyota senantiasa memberikan dukungan penuh bagi kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat," kata Robby Wijaya.

"Bagi calon peserta yang akan mengikuti lonba debat dan orasi ilmiah, silahkan mempersiapkan materi sebaik-baiknya. Bagi yang akan mengikuti lomba maraton, persiapkan diri dan fisik," tutup Kombes Pol Budhi Haryanto.

Baca Juga: Besok, Bosowa Runners Gelar Brunity Relay di Makassar

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya