Comscore Tracker

Jelang Natal dan Tahun Baru, Bandara Hasanuddin Buka Posko Terpadu

Beroperasi selama 18 hari, awasi arus penumpang

Makassar, IDN Times - Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 resmi dibuka oleh PT Angkasa Pura I pada area keberangkatan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Beroperasi sejak hari Jumat ini (17/12/2021) hingga 6 Januari 2022, atau selama 18 hari, posko tersebut berfungsi mengawasi pergerakan arus pesawat, penumpang kargo selama Natal dan pergantian tahun.

1. Posko terpadu juga libatkan aparat keamanan

Jelang Natal dan Tahun Baru, Bandara Hasanuddin Buka Posko TerpaduPengunjung mengamati pesawat Garuda Indonesia bercorak khusus dengan visual masker pada bagian moncong pesawat di Hanggar GMF AeroAsia Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (8/12/2020) (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Wahyudi, selaku General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, menyebut pihaknya juga melibatkan pihak eksternal seperti TNI dan Kepolisian. Ini dimaksudkan dalam meningkatkan keamanan di bandara.

"Melihat peningkatan jumlah penumpang di bandara kami yang cukup signifikan, manajemen memutuskan untuk menambahkan personel posko di tahun ini," kata Wahyudi seperti dilansir ANTARA pada Jumat (17/12/2021).

"Kami berupaya untuk menjaga keselamatan dan keamanan penumpang, serta menerapkan protokol kesehatan di seluruh area bandara," lanjutnya.

2. Rata-rata jumlah penumpang kini menjadi 25 ribu per hari

Jelang Natal dan Tahun Baru, Bandara Hasanuddin Buka Posko TerpaduBandara Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat 16 April 2021. IDN Times/Irwan Idris

PT Angkasa Pura I mencatat terjadi penambahan penumpang sejak September 2021. Jika tiga bulan lalu cuma sebanyak 15.797 penumpang per hari, kini angkanya menyentuh hampir 25 ribu.

Sejumlah maskapai bahkan mengajukan jadwal penerbangan tambahan (extra flight) untuk rute Makassar-Jakarta-Makassar dan Makassar-Gorontalo-Makassar. Beberapa diantaranya yakni Sriwijaya Air serta Garuda Indonesia.

Baca Juga: Perluasan Bandara Hasanuddin Makassar Ditarget Selesai Mei 2022

3. Tes rapid antigen akan dilakukan secara acak oleh pihk bandara

Jelang Natal dan Tahun Baru, Bandara Hasanuddin Buka Posko TerpaduBandara Sultan Hasanuddin Makassar menyediakan layanan tes GeNose C19. Dok. Humas Bandara Sultan Hasanuddin Makassar

Selain itu, pihak Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sudah mengantisipasi sejumlah hal seperti tertundanya penerbangan dan pembatalan tiket. Beberapa langkah yang disiapkan antara pemanfaatan ruang tunggu keberangkatan internasional, peningkatan frekuensi patroli keamanan serta koordinasi dengan maskapai.

"Para pengguna jasa juga diimbau untuk selalu tetap menerapkan protokol kesehatan selama di bandara," tutur Wahyudi.

Sejumlah alat medis serta obat-obatan juga sudah disediakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Pemeriksaan rapid antigen jiga bakal dilakukan secara acak.

Baca Juga: Calo Tes PCR dan Sertifikat Vaksin Palsu di Bandara Makassar Ditangkap

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya