Wagub Kunjungi Lokasi Kebakaran TPA, Pemkot Buka Posko Kesehatan

Asap masih menyelimuti daerah sekitar

Makassar, IDN Times - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengunjungi lokasi bekas kebakaran di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Tamangapa Makassar, Senin (16/9). Kebakaran hebat terjadi di sana pada Minggu (15/9) siang hingga malam sehingga membuat daerah sekitar terdampak asap hingga sehari berselang.

Wagub Sudirman datang melihat langsung lokasi kebakaran dan berdiskusi dengan petugas setempat. Dia juga berkeliling di lokasi permukiman sekitar TPA untuk memantau kondisi warga yang terdampak asap. 

"Dengan mengunjungi langsung TPA, saya bisa melihat kondisi di lapangan atas masalah yang ada. Alhamdulillah sudah dibagikan masker dan juga ada tim medis, pemadam pun 'standby' untuk pendinginan titik api," kata Sudirman dalam keterangannya kepada wartawan.

1. Sekolah di sekitar TPA diliburkan sementara

Wagub Kunjungi Lokasi Kebakaran TPA, Pemkot Buka Posko KesehatanANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Wagub mengatakan Pemerintah Kota Makassar sudah bergerak cepat menanggapi peristiwa kebakaran di TPA Tamangapa. Petugas Dinas Kesehatan sudah membagikan masker kepada masyarakat dalam radius dekat agar tidak terpapar asap.

Pada musibah ini, setidaknya terdapat sejumlah sekolah dan panti asuhan yang terdampak asap kebakaran. Aktivitas di sana pun dihentikan sementara.

“Tim gerak cepat sudah dibuat untuk menangani dampak cepat akibat asap, terdapat tiga SD yang hari ini dijadwalkan libur sekolah sampai siang karena dekat dari lokasi TPA dan merasakan dampak asap yang hebat,” ucap Wagub.

Baca Juga: [FOTO] TPA Antang Terbakar, Sebagian Makassar Diselimuti Kabut Asap

2. Wagub berharap TPA dikelola lebih baik

Wagub Kunjungi Lokasi Kebakaran TPA, Pemkot Buka Posko KesehatanANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Tak hanya melihat dampak kebakaran, Wagub juga berdialog dengan masyarakat sekitar TPA Tamangapa. Dia menyampaikan perlunya pemerintah memperbaiki pengelolaan TPA agar lebih ramah lingkungan. Pengelolaan yang lebih baik juga diharapkan meminimalisir potensi kebakaran.

Di TPA Tamangapa, diperkirakan masuk sekitar 800 kilogram sampah dari masyarakat setiap hari. Sampah tersebut hendaknya dipilah berdasarkan jenisnya serta mesti terpisah dari unsur tanah.

3. Pemkot buka posko bantuan medis

Wagub Kunjungi Lokasi Kebakaran TPA, Pemkot Buka Posko KesehatanANTARA FOTO/Arnas Padda

Usai peristiwa kebakaran TPA Tamangapa, Dinas Kesehatan Kota Makassar langsung membuka Posko Bantuan Medis. Posko yang berpusat di Puskesmas Pembantu (Pustu) Tamangapa sebagai antisipasi terhadap masyarakat yang terdampak efek negatif paparan asap. Tenaga medis disiagakan selama 24 jam untuk melayani masyarakat yang mengeluhkan gangguan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Makasar Naisyah Tun Azikin mengatakan asap kebakaran bisa menimbulkan sejumlah dampak medis, antara lain gangguan saluran pernafasan. Petugas Dinas sudah mengimbau masyarakat, terutama ibu yang memiliki anak kecil agar menjauh dari lokasi.

"Penanganan pasca bencana dilakukan dengan menyisir, dan membuat data lokasi. Juga pemberian masker pada lokasi yang telah terdampak, dengan data yang bersumber dari hasil mitigasi kemarin," kata Naisyah.

Baca Juga: TPA Antang Terbakar, Waspada Terpapar Asap Beracun

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya