UNM Bakal Punya Prodi Pendidikan Kedokteran, Minat Daftar?

UNM belajar soal pembentukan prodi ke Undiksha Bali

Makassar, IDN Times - Universitas Negeri Makassar (UNM) berencana menghadirkan program studi Pendidikan Kedokteran. Selama ini UNM dikenal sebagai kampus pencetak guru.

Rencana pembukaan prodi Pendidikan Kedokteran terungkap dalam kunjungan Rektor UNM Prof. Husain Syam ke Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) di Bali, Selasa (25/1/2022). Kunjungan itu dalam rangka studi banding pengusulan prodi Pendidikan Kedokteran.

“Sejak awal memang kami ingin UNM bisa menghadirkan prodi layanan di masyarakat, khususnya Ilmu Kedokteran, seperti yang ada di Undiksha," kata Husain dikutip dari laman UNM, Kamis (27/1/2022).

Baca Juga: Keren! Tim eSport UNM Dominasi Ajang End Year Campus Tournament

1. Undiksha kampus pertama yang punya prodi Pendidikan Kedokteran

UNM Bakal Punya Prodi Pendidikan Kedokteran, Minat Daftar?Rektor UNM Prof. Husain Syam (keempat dari kiri) saat berkunjung ke kampus Undiksha, Bali. (unm.ac.id)

Kunjungan Rektor UNM dan rombongannya diterima Rektor Undiksha Prof I Nyoman Jampel. Undiksha dipilih sebagai lokasi studi banding karena merupakan perguruan tinggi lembaga kependidikan yang pertama kali mendapatkan izin Prodi Pendidikan Kedokteran.

"Karena itu saya juga tidak mengatakan Undiksha di bawah grade dari kita, itu sama pergerakannya. Karena ada yang lebih di UNM ada yang kurang, begitu pula sebaliknya,” kata Husain.

2. Upaya serius UNM mewujudkan prodi Pendidikan Kedokteran

UNM Bakal Punya Prodi Pendidikan Kedokteran, Minat Daftar?Ilustrasi mahasiswa kedokteran. (setkab.go.id)

Dalam kunjungannya, Rektor UNM didampingi sejumlah pejabat universitas. Mulai dari Ketua Senat, Wakil Rektor, hingga Ketua Program Pascasarjana. Dia mengatakan, itu menunjukkan bentuk keseriusan pihaknya untuk belajar.

Lewat kunjungan itu, pihak UNM bisa mempersiapkan berbagai hal dalam rangka mewujudkan Prodi Pendidikan Kedokteran.

“Kami membawa rombongan keseluruhan, full team. Ini maksudnya bahwa kita serius ingin belajar tentang Prodi Pendidikan Kedokteran di Undiksha,” kata Rektor.

3. Kedua kampus sudah lama bekerja sama

UNM Bakal Punya Prodi Pendidikan Kedokteran, Minat Daftar?unm.ac.id

Dijelaskan bahwa kolaborasi antara Undiksha dengan UNM sudah berjalan sejak lama, khususnya dalam implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Kolaborasi ini terus ditingkatkan dalam rangka peningkatan kualitas maupun data saing, terlebih di era revolusi industri maupun era globalisasi.

Ke depan, kolaborasi ini diupayakan terus dipererat untuk bersama-sama meningkatkan kualitas output agar menjadi Sumber Daya Manusia Unggul yang kompetitif, berdaya saing, dan berkarakter. Hal tersebut menjadi komitmen Undiksha maupun UNM.

Baca Juga: Begini Harapan Ketua BEM Unhas dan Presma UNM di HUT ke-75 RI

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya