Susul Irman, Haris YL Ikut Penjaringan Kandidat di Partai Demokrat

Mereka bersaing untuk pencalonan di Pilkada Makassar

Makassar, IDN Times - Politikus Partai Golkar Haris Yasin Limpo meramaikan penjaringan bakal calon wali kota Makassar yang digelar Partai Demokrat. Dia diwakili petugas penghubung (LO) mengambil fomulir pendaftaran pada Jumat (3/1).

Haris menyusul adiknya, Irman Yasin Limpo, yang dulu mengambil formulir pendaftaran di Partai Demokrat. Kedua saudara Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo itu bersaing mendapatkan rekomendasi partai untuk pencalonan di Pilkada Makassar 2020.

"Saya mewakili tadi Pak Haris mendaftar di Partai Demokrat. Untuk pengembalian (formulir) nanti, mungkin setelah beliau ada di Makassar. Karena saat ini, (dia) menjalani ibadah umrah," kata LO Haris YL, Ahmad Mannarai, saat dihubungi hari ini.

Baca Juga: Bertarung di Pilkada Makassar, None Dapat Restu Syahrul Yasin Limpo

1. Haris Yasin Limpo siap mengikuti tahapan seleksi

Susul Irman, Haris YL Ikut Penjaringan Kandidat di Partai DemokratIDN Times / Istimewa

Partai Demokrat membuka penjaringan bakal calon Wali Kota Makassar sejak 26 Desember 2019. Pendaftaran dibuka hingga 7 Januari 2020.

Ahmad, mewakili Haris, menyatakan siap mengikuti seluruh tahapan penjaringan. Selain Demokrat, Haris mendaftarkan diri pada penjaringan di sejumlah parpol, di antaranya: Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Berkarya, Hanura dan Perindo.

"Insya Allah kita optimis dapat rekomendasi partai, karena kita mengikuti prosesnya," ucap Ahmad.

2. Haris tak masalah bersaing dengan saudaranya

Susul Irman, Haris YL Ikut Penjaringan Kandidat di Partai DemokratIDN Times/Aan Pranata

Sebelumnya pernah diberitakan, Haris tidak masalah jika haris bersaing dengan saudaranya sendiri. Di keluarga, eks Direktur PDAM itu mengaku sudah terbiasa dengan perbedaan pilihan politik.

Haris menyinggung pengalaman pada Pilkada Makassar tahun 2013. Saat itu, Irman mencalonkan diri, namun Haris justru mendukung calon lain yang didukung oleh partainya, Golkar.

"Ada None (Irman), ada saya, silakan partai atau pengusung memilih siapa. Yang pasti kan saya tidak mungkin dipasangkan dengan None," ucap Haris.

Baca Juga: Mengenal Kabupaten Gowa, Tiga Kali Dipimpin Trah Yasin Limpo  

3. Sudah sebelas kandidat yang mendaftar di Demokrat

Susul Irman, Haris YL Ikut Penjaringan Kandidat di Partai DemokratPartai Demokrat membuka penjaringan kandidat wali kota Makassar. IDN Times/Aan Pranata

Hingga Jumat (3/1), sudah sebelas orang yang mendaftarkan diri pada penjaringan Partai Demokrat Makassar. Mereka merupakan orang yang telah mengambil formulir, namun belum mengembalikan kepada panitia.

Para pendaftar itu adalah Wakil Ketua DPRD Makassar Adi Rasyid Ali; eks Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto; CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin; politikus PDI Perjuangan Andi Yagkin Padjalangi.

Berikutnya, Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sulsel Muhammad Hasan Basri Ambarala; politikus PKS Iqbal Jalil; politikus Jabal Nur; dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Sulsel Irman Yasin Limpo.

Tiga pendaftar terakhir adalah wirausaha Julianti Noor, eks Manajer Persija Jakarta Diza Rasyid Ali, dan Haris YL.

"Hari ini, masih ada dua kandidat lain yang dijadwalkan datang. Ada Sukriansyah S Latief, dan Reza," kata panitia tim penjaringan, Iskar Kadir.

Baca Juga: 8 Bakal Calon Wali Kota Makassar Berebut Rekomendasi Partai Demokrat

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya