Comscore Tracker

Sulsel Siapkan 5 Ribu Dosis Vaksin Moderna untuk Umum

Bantuan dari pemerintah pusat untuk masyarakat umum

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan sekitar 5.600 dosis vaksin Moderna bagi masyarakat umum untuk mencegah penularan COVID-19. Moderna diberikan kepada warga yang belum pernah divaksinasi.

Ketua Kordinator Satgas COVID-19 Sulawesi Selatan dr. Arman Bausat mengatakan, vaksin Moderna tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang memang ditujukan bagi masyarakat umum.

"Jadi ada dua jenis vaksin yang disiapkan ada Sinovac yang utama, tapi ada juga yang Moderna," kata Arman dikutip dari Antara, Kamis (19/8/2021).

Baca Juga: HUT RI, Bapenda Sulsel Hapus Denda Pajak Kendaraan

1. Moderna diberikan bagi warga sebagai dosis pertama

Sulsel Siapkan 5 Ribu Dosis Vaksin Moderna untuk UmumIlustrasi antrean untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Arman mengatakan, vaksin Moderna akan diberikan kepada masyarakat yang belum pernah menjalani vaksinasi COVID-19. Sebab nantinya, mereka juga akan mendapatkan vaksin serupa pada dosis kedua.

"Jadi siapa saja boleh divaksin Moderna tapi yang belum pernah divaksin sebelumnya dan dua kali juga dengan interval satu bulan," ujarnya.

2. Pemberian vaksin Moderna butuh sosialisasi

Sulsel Siapkan 5 Ribu Dosis Vaksin Moderna untuk UmumVaksin Moderna (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Pemberian suntikan vaksin dengan jenis moderna, menurut Arman, harus disertai dengan sosialisasi ke masyarakat. Sebab pihaknya menemukan adanya efek cukup berat yang dirasakan sejumlah tenaga kesehatan yang lebih dahulu memperoleh vaksin jenis tersebut.

Berdasarkan laporan yang diterima, efek tersebut di antaranya menggigil hingga tiga hari sehingga ada keraguan yang timbul bahkan dari tenaga kesehatan sendiri. Namun berdasarkan penelitian vaksin Moderna lebih efektif dan efisien mengatasi penularan virus dibandingkan dengan jenis vaksin lainnya.

"Kami susun dulu SOP-nya karena kami harus kasih tahu betul efek sampingnya. Cuman kalau soal efisiensinya Moderna itu 94 persen sampai 95 persen. Dia lebih kuat terhadap COVID-19," kata Arman.

3. Sulsel luncurkan sarana mobile vaksinator

Sulsel Siapkan 5 Ribu Dosis Vaksin Moderna untuk UmumMobile Vaksinator Sulsel. humas.sulselprov.go.id

Pada peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa (17/8/2021), Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman meluncurkan sarana Mobile Vaksinator. Sarana itu akan bergerak untuk vaksinasi secara berkelompok.

Pada tahap awal, Mobile Vaksinator akan beroperasi di wilayah aglomerasi Mamminasata yang terdiri dari Makassar, Maros, Sungguminasa (Gowa) dan Takalar. Jika target vaksinasi telah dicapai, maka juga dapat menyasar wilayah di kabupaten/kota lainnya.

Sudirman menyebut sarana itu sebagai upaya dalam mendukung Sulsel Kebut Vaksinasi. Sehingga herd immunity (kekebalan kelompok) bisa lebih cepat terbentuk.

Baca Juga: 5,1 Juta Vaksin Moderna Dikirim, 3 Provinsi Ini Dapat Jatah Terbanyak

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya