Comscore Tracker

Sejarah Baru, Ketua DPRD Sulsel Dijabat Perempuan

Golkar tunjuk Andi Ina Kartika Sari

Makassar, IDN Times - Partai Golkar menunjuk legislator Andi Ina Kartika Sari sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan periode 2019-2024. Golkar berhak atas posisi ketua karena merupakan pemenang Pemilu 2019 di tingkat provinsi, dengan jumlah kursi terbanyak di DPRD.

Penunjukan Ina sebagai Ketua DPRD diumumkan langsung Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel Nurdin Halid, di Makassar, Rabu (9/10). Pengumuman ini bertepatan jelang rapat paripurna penetapan pimpinan definitif di DPRD, yang diagendakan pada hari yang sama.

"Golkar memutuskan Ina Kartika Sari menjadi Ketua DPRD Sulsel," kata Nurdin Halid.

Baca Juga: 23 Anggota Dewan Mangkir Sidang Paripurna Perdana DPRD Sulsel

1. Andi Ina jadi perempuan pertama jabat Ketua DPRD Sulsel

Sejarah Baru, Ketua DPRD Sulsel Dijabat PerempuanIDN Times/Aan Pranata

Andi Ina Kartika Sari bakal melanjutkan perannya memimpin DPRD Sulsel. Saat ini, dia dipercaya sebagai ketua sementara.

Penunjukan Ina sebagai ketua juga jadi sejarah baru. Sebab baru kali ini Ketua DPRD Sulsel dipimpin seorang perempuan. Pada periode 2014-2019, DPRD sempat dipimpin wanita,namun untuk posisi wakil ketua, yakni Andi Rachmatika Dewi.

Andi Ina Kartika merupakan legislator petahana di DPRD Sulsel. Dia lolos mewakili daerah pemilihan VI meliputi Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, dan Kota Parepare. Dia jadi legislator dengan dukungan 19.652 suara.

2. Posisi ketua DPRD ditentukan DPP Golkar

Sejarah Baru, Ketua DPRD Sulsel Dijabat PerempuanIDN Times/Aan Pranata

Partai Golkar berhak atas posisi ketua DPRD Sulsel, karena berstatus mayoritas. Mereka menguasai 13 dari total 85 kursi DPRD.

Nurdin Halid menjelaskan, penentuan ketua DPRD Sulsel sesuai proses dan mekanisme di internal Golkar. Keputusan akhir ada di Ketua Umum DPP Partai Golkar.

"Meski pun saya memiliki kewenangan menentukan sendiri, tapi saya mengirim tujuh nama. Hasilnya diserahkan Ketua Umum Golkar," kata Nurdin.

3. Komposisi Pimpinan DPRD Sulsel sudah lengkap

Sejarah Baru, Ketua DPRD Sulsel Dijabat PerempuanIDN Times/Aan Pranata

Selain ketua, pimpinan DPRD Sulsel akan diisi oleh empat wakil ketua. Mereka berasal dari partai politik dengan jumlah kursi terbanyak. Berdasarkan ketentuan, maka yang berhak atas kursi wakil adalah NasDem, Gerindra, Demokrat, dan PKS.

Empat parpol sudah menyampaikan legislator yang ditunjuk sebagai wakil ketua, masing-masing: Syaharuddin Alrif dari NasDem, Darmawangsyah Muin asal Gerindra, Ni'matullah mewakili Demokrat, dan Muzayyin Arif asal PKS.

Nama pimpinan DPRD Sulsel akan diumumkan dalam rapat paripurna, Rabu (9/10) petang. Setelah itu nama-nama pimpinan disampaikan ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Sulsel, untuk disahkan lewat surat keputusan.

"Setelah ada SK, menunggu proses pelantikan definitif. Rencananya, Insya Allah tanggal 22, 23 atau 24 Oktober," kata Wakil Ketua DPRD sementsra Syaharuddin Alrif.

Baca Juga: Golkar Putuskan Ketua Sementara DPRD Sulsel, Ini Dia Orangnya

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You