Pemprov Sulsel Bangun Jalan 689 Km di Masa Gubernur Andi Sudirman

Upaya Pemprov memperlancar mobilitas masyarakat

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di masa kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan. Pemprov mencatat selama masa jabatan Andi Sudirman, peningkatan kemantapan jalan provinsi sepanjang 1.500 kilometer.

Menurut data Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulsel, pada masa yang sama pembangunan jalan provinsi sepanjang 689 km. Di antaranya, Ruas Takkalasi-Bainange-Lawo di Kabupaten Soppeng dan Barru, Ruas Sabbang-Tallang di Luwu Utara, dan Ruas Ussu-Nuha-Beteleme-Batas Provinsi Sulteng di Kabupaten Luwu Timur.

Selanjutnya, Ruas Pasobbo-Matangli-Massupu di Tana Toraja, Ruas Massupu-Batas Pinrang, Ruas Rantepao-Sa'dan-Batusitanduk, dan Ruas Rantepao-Pangalla-Batas Sulbar.

Telah dilakukan pula pembangunan jalan Ruas Palampang-Munte-Bontolempangan di Sinjai, Ruas Tanabau-Ngapaloka-Patumbukang di Kepulauan Selayar, serta Ruas Tuppu-Pao-Pamulungan-Batas Kabupaten Toraja di Pinrang.

Baca Juga: Dinkes Sulsel Mulai Gencarkan Imunisasi Rotavirus

1. Pemprov bangun 18 jembatan sebagai penunjang rehabilitasi jalan

Pemprov Sulsel Bangun Jalan 689 Km di Masa Gubernur Andi SudirmanJembatan Pacongkang yang dibangun Pemprov Sulsel di Kabupaten Soppeng. (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Di masa kepemimpinan Andi Sudirman Sulaiman, Pemprov Sulsel membangun jembatan 18 unit sepanjang 683,9 meter persegi. Selain itu ada rehabilitasi jembatan dua unit sepanjang 124,5 meter.

Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulsel, Astina Abbas, menyampaikan, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan menjadi prioritas Gubernur Andi Sudirman Sulaiman. Khususnya, dengan lalulintas harian rata-rata tinggi, serta bagaimana membuka akses ke daerah terisolir.

"Pembangunan jalan dan jembatan menjadi program prioritas Bapak Gubernur Andi Sudirman. Meningkatkan akses antarwilayah, sehingga melancarkan arus distribusi barang dan jasa bagi masyarakat," kata Astina Abbas.

Selain pembangunan jalan dan jembatan, Astina Abbas mengatakan, juga dilakukan pelatihan dan sertifikasi tenaga ahli 840 orang. Hal ini dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita di bidang konstruksi.

2. Pembangunan jalan memperlancar mobilitas masyarakat

Pemprov Sulsel Bangun Jalan 689 Km di Masa Gubernur Andi SudirmanIlustrasi perbaikan jalan. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, "Alhamdulillah, meresmikan jalan Antang Raya. Ruas jalan ini menjadi prioritas kami tangani bertahap selama dua tahun ini," ujarnya.

Pemprov Sulsel melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi telah menanganani tuntas ruas jalan Antang Raya ini, mulai tahun 2022 dan tahun 2023.

"Kondisinya rusak berat dan termasuk LHR tinggi. Kita telah tangani tuntas sepanjang 1,51 km dengan konstruksi beton rigid dengan lebar penanganan 7,5 meter," jelasnya.

Dalam penanganan jalan ini, dilakukan penebangan 11 pohon, namun telah dilakukan penggantian 330 pohon.

"Kami juga senang masyarakat telah bisa menikmati manfaat jalan ini. Tentunya, percepatan penyelesaian pengerjaan ini, tidak lepas dari dukungan semua pihak, baik dari DPRD Provinsi Sulsel, Pemerintah Daerah, Kepolisian, serta masyarakat sekitar," tuturnya.

Lebih lanjut, "diharapkan dengan selesainya tertangani jalan ini, bisa memperlancar mobilitas masyarakat, yang muaranya akan menggeliatkan perekonomian," pungkasnya

3. Andi Sudirman titip pesan untuk Pj Gubernur

Pemprov Sulsel Bangun Jalan 689 Km di Masa Gubernur Andi SudirmanGubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Istimewa

Masa jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman akan berakhir pada 5 September 2023. Sebulan jelang masa akhir jabatannya, Sudirman menyampaikan pesan khusus kepada siapa pun kelak yang jdi penjabat (Pj) gubernur.

Kepada Pj Gubernur Sulsel yang akan diputuskan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sudirman berharap sosok terpilih dapat melanjutkan beberapa program dan kebijakan yang telah berjalan semasa periodenya. Menurutnya, ada banyak pekerjaan rumah untuk Pj nantinya.

"Banyak sekali. Nantilah, itu ada buku catatannya yang nanti menjadi PR (pekerjaan rumah)," kata Sudirman, Minggu (6/8/2023).

Baca Juga: HUT ke-254 Sulsel Angkat Tema Sulsel Andalan Indonesia

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya