Festival Diplomasi 2019 Berlangsung di Makassar

Anak muda bisa merasakan pengalaman menjadi diplomat

Makassar, IDN Times - Kementerian Luar Negeri memilih Makassar, Sulawesi Selatan, sebagai salah satu lokasi pelaksanaan Festival Diplomasi atau Diplofest 2019. Diplofest digelar dengan berbagai kegiatan untuk membumikan diplomasi Indonesia agar lebih dekat dengan masyarakat, khususnya mahasiswa, pelajar, dan kalangan pemuda.

Diplofest rencananya digelar di Makassar pada 22-23 Februari mendatang. Rencana tersebut disampaikan langsung Inspektur Jenderal Kemenlu, Rachmat Budiman, saat bertamu ke rumah pribadi Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, di Jalan Amirullah Makassar, Senin (22/2).

“Puncak acara digelar 23 Februari di Universitas Hasanuddin dengan kuliah umum yang akan disampaikan Menteri Luar Negeri,” kata Rachmat.

Baca Juga: Heboh Kekerasan di ATKP Makassar, Polisi Siap Usut Jika Ada Kasus Lain

1. Pemuda bisa merasakan langsung pengalaman menjadi diplomat

Festival Diplomasi 2019 Berlangsung di Makassarkemlu.go.id

Diplofest secara umum terbagi ke dalam dua kegiatan, yakni public lecture dan festival diplomasi. Dalam public lecture, pelajar dan mahasiswa dapat langsung berdiskusi dengan pelaku garis depan diplomasi Indonesia, termasuk Menteri Luar Negeri.

Sedangkan dalam festival, pengunjung bisa merasakan langsung pengalaman menjadi diplomat. Antara lain terjun pada simulasi Sidang Dewan Keamanan PBB mewakili Indonesia, berhadapan dengan wakil negara lain dalam sidang bilateral, serta berlatih berbicara di depan publik. 

“Makassar menjadi salah satu lokasi, karena bukan hanya kota besar yang berpotensi, tetapi juga punya pengalaman cukup banyak dalam konteks komunikasi dengan dunia luar,” ujar Rachmat.

2. Kemlu mengundang masyarakat umum untuk berpartisipasi

Festival Diplomasi 2019 Berlangsung di Makassarkemlu.go.id

Diplofest Makassar merupakan ajang kelima yang digelar Kementerian Luar Negeri (Kemlu). Sebelumnya, festival yang sama digelar di Yogyakarta, Surabaya, Bandung, dan Padang. Melalui kegiatan ini, Rachmat menerangkan, Kemlu ingin mengajak partisipasi seluruh masyarakat untuk ambil bagian dalam pelaksanaan hubungan politik dan diplomasi luar negeri.

Pada festival, Kemlu akan mengungkapkan berbagai capaian pemerintah Indonesia dalam hubungan diplomasi internasional. Antara lain peran sebagai anggota Dewan Keamanan PBB serta upaya menciptakan ketertiban dan keamanan dunia.

“Kita akan menampilkan semua kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan politik luar negeri, serta capaian diplomasi yang diperoleh empat tahun terakhir,” Rachmat melanjutkan.

3. Wali Kota Makassar siap ambil bagian dalam festival

Festival Diplomasi 2019 Berlangsung di MakassarIDN Times / Aan Pranata

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menyatakan, daerahnya siap menjadi tuan rumah Diplofest. Dia ingin turut mengambil peran untuk menjamin kesuksesan acara.

Danny -sapaan Ramdhan- mengatakan, dalam rangkaian Diplofest, rencananya akan menghadirkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam sebuah jamuan makan malam. Dia bakal mengundang perwakilan tokoh masyarakat agar bisa terjalin silaturahmi.

“Kita sediakan audiensi untuk saling bertukar pikiran dan menambah wawasan soal hubungan luar negeri,” katanya.

Topic:

  • Sunariyah

Just For You