BMKG Peringatkan Potensi Kekeringan di Makassar hingga Akhir Oktober

Masyarakat diimbau irit air dan waspadai kebakaran

Makassar, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini iklim ekstrem di sebagian wilayah Sulawesi Selatan. Wilayah tersebut berpotensi mengalami kekeringan meteorologis setidaknya hingga dua dasarian atau 20 hari ke depan.

Menurut data pantauan BMKG per 1 Oktober 2019, wilayah yang berpotensi kekeringan, antara lain: semua Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Takalar, dan Kabupaten Kepulauan Selayar. Potensi kekeringan terjadi pada jelang akhir musim kemarau.

"Peringatan dini iklim ekstrem kami buat dengan kriteria, jika daerah tersebut mengalami hari tanpa hujan lebih dari 60 hari. Kedua, jika kita prediksi dua dasarian ke depan curah hujannya masih di bawah 20 milimeter," kata Kepala Stasiun Klimatologi Maros Hartanto kepada IDN Times di Makassar, Kamis (3/10).

Baca Juga: 10 Potret Dampak Kemarau Panjang di Sulawesi Selatan

1. Sebagian wilayah di pesisir barat Sulsel diprediksi turun hujan

BMKG Peringatkan Potensi Kekeringan di Makassar hingga Akhir OktoberBMKG

Hartanto menerangkan bahwa sebagian daerah di pesisir barat Sulsel umumnya juga sudah tidak mengalami hujan lebih dari 60 hari. Daerah ini meliputi Pinrang, Parepare, Barru, Pangkep, dan Maros.

Meski demikian, daerah tersebut tidak masuk dalam kriteria peringatan dini iklim ekstrem. Sebab dalam dua dasarian mendatang, diprediksi akan turun hujan di sana, meski masih dalam curah rendah.

Wilayah Sulsel, umumnya masuk musim hujan pada 1-2 November. Namun sebelum waktu tersebut juga tetap ada potensi hujan di sebagian daerah. "Jadi kita harus waspada sampai awal November," ucap Hartanto.

2. Masyarakat diingatkan irit air dan waspadai kebakaran

BMKG Peringatkan Potensi Kekeringan di Makassar hingga Akhir OktoberIDN Times/Dhana Kencana

Di tengah potensi kekeringan, BMKG mengingatkan masyarakat agar bijak penggunaan air bersih. Umumnya saat musim kemarau, kualitas dan kuantitas air pasti menurun.

Pada musim kemarau, kelembapan udara juga cenderung rendah. Dengan suhu yang juga ekstrem, patut diwaspadai terjadinya kebakaran. Masyarakat juga diimbau menjaga kesehatan.

3. Waspadai cuaca ekstrem, suhu pernah mencapai 38,8 derajat celcius

BMKG Peringatkan Potensi Kekeringan di Makassar hingga Akhir OktoberInstagram/iklim_sulsel

Selain iklim ekstrem, BMKG juga memperingatkan soal potensi suhu ekstrem selama bulan Oktober. Kondisi tersebut berlaku untuk Kota Makassar dan sekitarnya.

Hartanto menjelaskan, pada Oktober penyinaran matahari berlangsung maksimal. Itu karena matahari tepat tegak lurus dengan wilayah Sulsel. Kulminasi atau penyinaran tegak lurus.

Sejauh ini, suhu tertinggi yang pernah tercatat di wilayah Sulsel adalah 38,8 derajat celcius, pada tanggal 18 Oktober 2015. "Catatan kita, seluruh suhu ekstrem itu terjadi di bulan Oktober," kata Hartanto.

Baca Juga: BMKG Sulsel: Waspadai Kemarau Panjang hingga Oktober

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya