Cerita Warga Palu Rela Tidur di Depan Bank Demi Antre BLT UMKM

Mereka berbuka puasa dan sahur di depan kantor bank

Palu, IDN Times - Pemandangan tak biasa terlihat di depan kantor cabang BRI, di Jalan Moh Hatta Kota Palu, Sulawesi Tengah, Rabu dini hari (21/4/2021). Puluhan orang membentangkan tikar dan tidur di depan kantor itu.

Mereka warga yang didominasi ibu-ibu itu merupakan nasabah bank penerima program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM dari pemerintah. Sesuai kebijakan pemerintah, penerimanya mendapatkan bantuan uang senilai Rp1,2 juta.

Baca Juga: Petani Palu Mulai Tanam Padi Pascabencana Gempa dan Tsunami 2018

1. Berbuka puasa dan sahur di depan kantor bank

Cerita Warga Palu Rela Tidur di Depan Bank Demi Antre BLT UMKMIDN Times/Kristina Natalia

Sebagian besar nasabah yang tidur di depan kantor bank itu merupakan warga dari luar Kota Palu. Mereka juga rela berbuka puasa dan sahur di tepi jalan demi mendapatkan nomor antrean awal pengambilan rekening.

Enci (40), salah satu orang yang menginap di depan bank. Dia pedagang bantal kapuk dari Desa Dalaka, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala. Sudah enam hari Enci datang dan antre di kantor cabang BRI Palu. Namun ia baru mendapatkan nomor antrean setelah memilih menginap di depan kantor.

“Kalau tidak begini ya tidak mau dapat-dapat nomor kita,” ucapnya, Rabu (21/4/2031).

Selain antre dan menginap di depan kantor cabang BRI Palu, Enci juga berjualan bantal kapuk di sekitar Jalan Moh Hatta. Itu supaya dia tetap mendapatkan pendapatan sehari-hari.

“Laku juga bantal itu. Kalau tidak begitu ya bagaimana mau dapat uang hari-hari,” tuturnya.

2. Warga berharap pencairan dana lebih cepat

Cerita Warga Palu Rela Tidur di Depan Bank Demi Antre BLT UMKMIDN Times/Kristina Natalia

Proses lebih cepat dan mudah jadi alasan puluhan warga rela tidur beralaskan tikar di depan kantor cabang BRI Palu. Seperti yang diutarakan Desianti (32), seorang pedagang barang campuran.

Ia dan saudaranya datang jauh-jauh dari Desa Dampal, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala. Jarak dari desa tersebut ke Kota Palu berkisar 87 kilometer dengan waktu tempuh lebih dari dua jam.

Desianti mengatakan, beberapa kantor BRI unit di daerahnya mempersulit pencairan dana. Katanya, pihak unit BRI akan melayani pelaku UMKM setelah lebaran. Berkas yang dibawa pelaku usaha pun hanya akan disimpan dan nasabah dijanjikan akan dihubungi kembali via telepon.

“Kalau di BRI cabang ini tidak pakai aturan begitu, kami langsung dilayani makanya kami datang jauh-jauh. Kalau pulang pergi ya makan ongkos,” kata Desianti.

Ia menambahkan, pemerintah telah memberikan jangka waktu tiga bulan untuk UMKM mencairkan dana bantuan tersebut. Namun jelang lebaran, Desianti mengaku kehabisan modal usaha dan berharap bantuan itu segera dicairkan setelah menerima buku rekening dari pihak bank.

“Peluang bagus buat kami jualan ini, uang itu nanti dipakai beli kebutuhan kios dan dijual. Kalau lebaran begini laku jadi kami kejar momenya memang,” sebut Desianti.

3. Ada sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi penerima bantuan

Cerita Warga Palu Rela Tidur di Depan Bank Demi Antre BLT UMKMIDN Times/Kristina Natalia

Tahun 2021, pemerintah kembali menyalurkan bantuan untuk UMKM di tengah pandemi COVID-19. Bank BRI ditunjuk sebagai penyalur dana untuk para UMKM. Dalam sehari pihak bank hanya akan melayani 40 sampai dengan 50 penerima bantuan.

Ada beberapa persyaratan yang disipkan para penerima bantuan, yakni KTP, KK, surat keterangan usaha, foto bukti usaha, serta bukti penerima bantuan di EFORM BRI.

Kata Desianti, pada pengambilan rekening, semua persyaratan tersebut dibawa dan ditunjukkan kepada pihak bank. Setelah menerima rekening maka penerima bantuan bisa mencairkan dananya di unit-unit BRI lainnya.

“Alhamdulillah tidak sia-sia kami tidur di sini karena dikasih nomor antrean. Mungkin ini juga hari terakhir diizinkan tidur di depan kantor bank ini,” kata dia.

Baca Juga: Mengunjungi Agrowisata Palu, Wisata Petik Buah Pertama di Sulteng

Topik:

  • Aan Pranata
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya