Kebakaran Hebat di Makassar, 110 Rumah Hangus Terbakar 

Penyebab kebakaran belum diketahui pasti

Makassar, IDN Times - Kebakaran hebat menghanguskan seratusan rumah di Kampung Lepping, Jalan Muhammad Tahir, Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalate, Makassar. Peristiwa tersebut dilaporkan terjadi pada Rabu (11/8/2021) sekitar pukul 10.00 WITA.

Pelaksana Harian (Plh) Lurah Jongaya, Zulkifli, kepada ANTARA mengatakan, berdasar data sementara, sebanyak 110 unit rumah hangus terbakar.

"Rumah semi permanen terbakar. Terdapat 397 jiwa dan 87 kepala keluarga," kata Zulkifli.

1. Penyebab kebakaran belum diketahui pasti

Kebakaran Hebat di Makassar, 110 Rumah Hangus Terbakar Ilustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Zulkifili mengatakan, belum ada kepastian mengenai penyebab kebakaran yang terjadi di Kelurahan Jongaya hari.

Saat ini, kata dia, pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikan untuk mengetahu penyebab pasti kebakaran.

2. Seluruh barang milik korban hangus terbakar

Kebakaran Hebat di Makassar, 110 Rumah Hangus Terbakar Kebakaran di Jalan Muhammad Tahir, Kelurahan Jongaya, Kota Makassar, Rabu (11/8/2021). Dok. IDN Times/Damkar Makassar

Salah satu korban, Farida, mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 10.05 WITA. Api yang belum diketahi berasal dari mana, dengan cepat menjalar ke seluruh rumah di kawasan padat penduduk tersebut.

Farida pun hanya mampu menyelematakan diri dan kedua anak serta ibunya saat kebakaran terjadi. Dia berharap pemerintah segera mendatangkan bantuan.

3. Pemkot segera bangun dapur umum untuk korban kebakaran

Kebakaran Hebat di Makassar, 110 Rumah Hangus Terbakar Ilustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Zulkifli menambahkan, Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan segera mendirikan dapur umum bagi para korban.

"Sudah dilaporkan ke Pak Wali Kota. Kami saat ini sedang berkoordinasi dengan Dinsos serta BPBD untuk mendirikan dapur umum. Lokasi sementara kami masih car mana yang mudah diakses," kata Zulkifli.

Sementara ini belum ada laporan korban jiwa dari persitiwa kebakaran yang terjadi di Kampung Lepping, Kelurahan Jongaya, Makassar.

Baca Juga: Kebakaran di Makassar, Satu Orang Ditemukan Tewas

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya