Festival Sandeq 2022 Sulbar, 35 Perahu Bercadik Mandar Berlayar ke IKN

Perahu kayu kecil Mandar akan menerjang ombak Selat Makassar

Makassar, IDN Times - Festival Sandeq di Sulawesi Barat (Sulbar) digelar kembali usai vakum selama dua tahun terakhir. Tahun 2022, perahu layar bercadik khas Tanah Mandar itu akan berlayar melintasi Selat Makassar menuju Ibu Kota Nusantara atau IKN di Kalimantan Timur (Kaltim).

Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik, mengatakan, Festival Sandeq kali ini lebih istimewa untuk membangun kebanggaan bagi dunia maritim Sulbar.

"Kemudian adanya IKN, kita ingin menghadirkan maha karya maritim ini menjadi hebat dan itu kenapa kita coba kompatibelkan dengan hadirnya IKN," kata Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik, kepada wartawan di Makassar, Sabtu (27/8/2022).

1. Festival Sandeq 2022 dikemas berbeda

Festival Sandeq 2022 Sulbar, 35 Perahu Bercadik Mandar Berlayar ke IKNGubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Akmal Malik (tengah) saat malam persiapan kegiatan Festival Sandeq 2022. Dok. IDN Times/Humas Pemprov Sulbar

Perhelatan Festival Sandeq tahun 2022 berbeda dengan kegiatan serupa pada tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, pemerintah tidak hanya menyelenggarakan Sandeq Race atau balapan perahu Sandeq. Menurut Akmal, pengemasan kegiatan Festival Sandeq akan lebih beragam. Di mana setiap etape nantinya akan digelar festival kebudayaan yang akan membangkitkan kembali geliat UMKM di setiap wilayah.

"Selama ini kan kita laksanakan dalam bentuk Sandeq Race, nah sekarang kita kemas dalam bentuk event yang tidak hanya balapan saja, tapi juga ada event budaya yang kita buat. Pada akhirnya nanti ini menjadi sebuah rangkaian kolaborasi antara sport and culture," ucapnya.

Akmal berharap, Festival Sandeq ini bisa menjadi kegiatan nasional agar Sandeq bisa dikenal di penjuru tanah air bahkan hingga ke seluruh dunia. Apalagi perahu Sandeq adalah salah satu warisan budaya yang hanya di miliki oleh masyarakat Mandar.

"Karena nanti finisnya di IKN, pada akhirnya seluruh indonesia dan seluruh dunia akan tahu ternyata Sulbar itu punya event yang hebat. Itulah kenapa kita arahkan ke IKN agar penjuru Tanah Air tahu bahwa Sulbar itu memiliki maha karya budaya luar biasa yang tidak dimiliki provinsi lain di Indonesia," jelasnya.

2. Mengangkat tema "Indonesia Mendukung IKN"

Festival Sandeq 2022 Sulbar, 35 Perahu Bercadik Mandar Berlayar ke IKNGubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Akmal Malik saat malam persiapan kegiatan Festival Sandeq 2022. Dok. IDN Times/Humas Pemprov Sulbar

Festival Sandeq 2022 di Sulbar mengangkat tema "Indonesia Mendukung IKN". Akmal yakin kegiatan ini akan menarik banyak wisatawan domestik dan mancanegara. Apalagi kegiatan ini telah lama tak terselenggara karena pandemi COVID-19.

"Kegiatan ini juga pasti akan menjadi destinasi wisata. Itulah kemudian kenapa selama ini Sulbar, mohon maaf, agak sedikit kunjungan wisatanya karena kita tidak punya event-event yang menarik bagi orang. Ketika kita bisa menjadi event ini sebagai suatu daya tarik, percayalah Sulbar akan didatangi orang," dia memungkasi.

3. Jadwal kegiatan Festival Sandeq 2022

Festival Sandeq 2022 Sulbar, 35 Perahu Bercadik Mandar Berlayar ke IKNPerahu sandeq warga Sulawesi Barat. Foto Instagram pejalan_polman

Ketua Tim Teknis Festival Sandeq 2022, Agusnia Hasan Sulur menjelaskan, Festival Sandeq 2022 akan berlangsung dari 31 Agustus hingga 9 September 2022. Kegiatan ini juga akan diikuti 35 perahu Sandeq yang terdiri dari 28 Sandeq jenis lomba dan 7 Sandeq Dioloq (klasik).

"Jadi ada Sandeq klasik ya agar masyarakat tahu bahwa ini lah sebenarnya bentuk perahu Sandeq yang asli. Setiap Sandeq terdir nanti terdiri atas 8 awak (sawi). Total sawi atau awak Sandeq sebanyak 252 orang," kata Agusnia kepada wartawan.

Selama 9 hari berlayar, kata Agusnia, seluruh perahu Sandeq itu nanti akan melalui 5 etape. Para passandeq-sebutan bagi pelaut Sandeq-, akan berlayar sejauh 552 kilometer dari Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat hingga Balikpapan, Kalimantan Timur.

Etape pertama para passandeq akan berlayar dari Tanjung Silopo di Kabupaten Polman menuju Pantai Banggae di Kabupaten Majene. Setelah menginap semalam, para peserta kemudian akan melanjutkan perjanalan etape II dari Pantai Banggae menuju Pantai Palipi.

Etape III, seluruh peserta kembali akan melanjutkan perjalanan dari Pantai Palipi menuju Pantai Deking. Kemudian Etape IV dari Pantai Deking menuju Pantai Manakkarra, Mamuju.

"Di empat etape pertama nanti selain balapan  setiap peserta juga akan melakukan berbagai macam atraksi. Merkea juga akan menginap semalam untuk disambut dan disuguhi kegiatan budaya di setiap wilayah. Mereka juga akan diperiksa kesehatannya untuk memastikan semuanya baik-baik saja," ucap Agusnia.

Baca Juga: Festival Sandeq 2022, Libatkan 34 Provinsi Simbol Dukungan untuk IKN

4. Jokowi direncanakan menyambut para Passandeq

Festival Sandeq 2022 Sulbar, 35 Perahu Bercadik Mandar Berlayar ke IKNPresiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Selanjutnya, Agusnia menjelaskan, seluruh peserta Festival Sandeq 2022 melanjutkan perjalanan dari Pantai Mannakarra Mamuju menuju Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bahkan dijadwalkan melepas para peserta secara langsung.

Dalam perjalanan menuju Kalimantan Timur, lanjutnya, para peserta akan menginap semalam di Pulai Ambo dan Pulau Salissingan. Setelah itu para peserta kemudian akan melanjutkan perjalanan ke Pantai Manggar sebelum kemudian melanjutkan perjalanan Etape V menuju Balikpapan Super Block.

"Puncak acara kita nanti akan disambut langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo dan 35 perahu Sandeq itu nanti akan membawa panji-panji dari setiap provinsi. Bahkan setiap daerah direncanakan membawa komoditi khas setiap daerah di perahu Sandeq sebagai bentuk dukungan untuk IKN," Agusnia menerangkan.

Baca Juga: Festival Sandeq di Sulbar, Menpora Minta Digelar saat Haornas 2022

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya