Pemadaman Listrik PLN di Makassar Ganggu Pasokan Air PDAM

Pompa distribusi air PDAM terganggu karena listrik padam

Makassar, IDN Times - Pemadamam listrik oleh PLN di Kota Makassar sudah berlangsung selama satu bulan lebih. Berbagai dampak negatif ditimbulkan akibat mati lampu, termasuk terganggunya pasokan air bersih ke masyarakat.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar mencatat, akibat pemadaman listrik bergilir ini suplai air ke masyarakat terganggu karena mesin pompa yang tidak menyala mengakibatkan aliran air terputus.

"Pemadaman ini berdampak sekali, pompa kita kalau trip (instalasi putus) satu sampai tiga menit saja bisa buat pipa kosong," kata Kabag Humas PDAM Makassar, Idris Tahir kepada IDN Times, Jumat (17/11/2023).

1. IPA Somba Opu sering mengalami trip

Pemadaman Listrik PLN di Makassar Ganggu Pasokan Air PDAMIlustrasi penyaluran air bersih. (IDN Times/Herka Yanis)

PDAM Makassar sendiri punya beberapa Instalasi Pengelolaan Air (IPA), seperti IPA Somba Opu, IPA Ratulangi, IPA Antang, IPA Maccini Sombala, dan IPA Panaikang.

Dalam kasus pemadaman bergilir ini, Idris Tahir menerangkan IPA yang sering terkena trip atau terputusnya instalasi air itu di IPA Somba Opu. Karena di IPA tersebut masih sangat bergantung pada listrik untuk jalankan mesin pompa pendistribusian.

"Di IPA lima Sompa Opu itu dalam sehari bisa alami trip satu sampai lima menit dan hampir setiap hari," Idris menerangkan.

2. PDAM terpaksa pakai genset tapi suplai air tidak normal

Pemadaman Listrik PLN di Makassar Ganggu Pasokan Air PDAMIlustrasi droping air bersih. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Kata Idris, sebenarnya PDAM punya mesin ganset tapi hal itu tidak bisa mendukung IPA dalam memproduksi air sesuai dengan kebutuhan masyarakat secara normal.

"Kan bisa kita lihat tekanan air dari pompa yang pakai genset dan tekanan air pakai listrik, perbandingannya di situ kalau sudah trip satu sampai lima menit butuh empat jam baru normal tekanan air," jelas Idris.

Saat terjadi pemadaman listrik, lanjut Idris, suplai air memang tidak berhenti namun volumenya berkurang, sebab genset di setiap IPA tidak mampu menanggulangi kebutuhan listrik secara normal.

Baca Juga: Tilang Elektronik di Makassar Terkendala Pemadaman Listrik PLN

3. Pakai genset, PDAM keluarkan anggaran tambahan beli minyak

Pemadaman Listrik PLN di Makassar Ganggu Pasokan Air PDAMGedung kantor PDAM Kota Makassar di Jalan DR. Ratulangi Makassar. (Dok. PDAM Makassar)

Idris membeberkan, dalam kondisi seperti saat ini yang mengharuskan PDAM menggunakan genset, otomatis ada biaya atau anggaran tambahan yang dikeluarkan seperti pembelian bahan bakar minyak.

"Kita pasti paham kalau pemakaian mesin genset kan dibutuhkan minyak, dan itu kan pakai uang juga, dan pasti itu kita siapkan anggaran untuk genset," tambah Idris.

Baca Juga: Jadwal Pemadaman Listrik di Makassar Hari Ini Jumat 17 November 2023

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya