Pj Gubernur Sulsel Dilantik, Sederet Tugas Telah Menanti

Bahtiar Baharuddin dilantik jadi Pj Gubernur Sulsel

Makassar, IDN Times - Bahtiar Baharuddin telah resmi menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel). Dia dilantik bersama 8 Pj gubernur lainnya oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Selasa (5/9/2023).

Dilantiknya Bahtiar sebagai Pj Gubernur Sulsel tentunya menjadi harapan baru dalam pemerintahan Sulsel. Berbagai pekerjaan rumah yang harus diselesaikan mulai menanti.

"Tugas pertama beliau tentu adalah menjalankan pemerintahan dengan kewenangan yang dimiliki," kata Pengamat Pemerintahan Universitas Islam Negeri Alauddin, Firdaus Muhammad, saat diwawancarai IDN Times, Selasa (5/9/2023).

1. Pj gubernur punya kewenangan sama dengan gubernur definitif

Pj Gubernur Sulsel Dilantik, Sederet Tugas Telah MenantiMendagri Tito Karnavian melantik Pj Gubernur, Selasa (5/9/2023)/Dok. IDN Times/YouTube Kemendagri

Firdaus menjelaskan bahwa seorang Pj tentu berbeda dengan gubernur definitif. Akan tetapi, keduanya memiliki kewenangan yang sama untuk menjalankan pemerintahan.

Pemerintahan yang dimaksud yaitu melanjutkan pembangunan, dan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Menurut Firdaus, hal ini tentu bukan hal sulit bagi Bahtiar mengingat rekam jejaknya sebagai birokrat. Ditambah lagi, Bahtiar merupakan putra daerah asal Sulsel.

"Tentu karena Pak Bahtiar sebagai orang dari Kementerian Dalam Negeri sangat paham kerja beliau. Lalu kemudian juga sangat paham tentang peta Sulawesi Selatan," kata Firdaus.

2. Harus menjaga stabilitas perpolitikan

Pj Gubernur Sulsel Dilantik, Sederet Tugas Telah MenantiBahtiar Baharuddin (kanan) dilantik menjadi Pj Gubernur Sulsel, Selasa (5/9/2023)/Dok. IDN Times/YouTube Kemendagri

Tak hanya itu, Firdaus juga menyebutkan tugas terpenting lainnya yaitu menjaga stabilitas perpolitikan di Sulsel. Tahun ini hingga 2024 mendatang merupakan masa krusial karena memasuki tahun politik.

Sebagai Pj gubernur yang menjabat di masa transisi, maka Bahtiar harus benar-benar mengoptimalkan ini sebab Sulsel sering masuk dalam kategori zona merah atau rawan konflik. Untuk itu, Bahtiar harus menjaga stabilitas politik di Sulsel.

"Tentu dalam hal ini menjaga netralitasnya sendiri untuk memberi peluang kepada semua kontestan dan masyarakat diharapkan untuk berpartisipasi," kata Firdaus.

3. Mencegah terjadinya politik SARA

Pj Gubernur Sulsel Dilantik, Sederet Tugas Telah MenantiIlustrasi politik. (Unspalsh/Maarten van den Heuvel)

Selain itu, Firdaus juga menyebutkan bahwa politik SARA juga kerap berpotensi menimbulkan konflik di masyarakat. Untuk mencegah politik SARA ini, kata Firdaus, semua elemen masyarakat harus membantu Bahtiar.

Sebab sekalipun Bahtiar telah berkomitmen untuk mencegah politik SARA namun tidak didukung masyarakat, maka hasilnya tentu tidak bisa optimal.

"Karenanya kita mengharapkan di masyarakat, di elit-elit politik, tokoh-tokoh agama, pemuda, tokoh budaya, tokoh masyarakat, kita mengharapkan semua bersinergi untuk membantu Pak Pj Gubernur untuk menjalankan tugasnya secara baik," kata Firdaus.

Baca Juga: Profil Bahtiar Baharuddin Pj Gubernur Sulsel, Punya Sederet Pengalaman

4. Diharapkan melanjutkan program dan proyek dari gubernur sebelumnya

Pj Gubernur Sulsel Dilantik, Sederet Tugas Telah MenantiSalah satu titik jalan rusak dan berlubang di poros Pattalasang, Gowa. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Lebih lanjut, Firdaus juga tentu dituntut untuk bisa melanjutkan program maupun proyek yang ditinggalkan Andi Sudirman. Hal ini tentu diharapkan supaya tidak ada proyek mangkrak sehingga harus diselesaikan.

Dia menyebut banyak program Infrastruktur yang telah berjalan pada masa andi Sudirman Sulaiman. Proyek-proyek Itu tetap harus dilanjutkan, apalagi jika merupakan kebutuhan masyarakat.

"Jadi kita mengharapkan pembangunan yang sudah berjalan itu dilanjutkan. Meskipun terjadi pergantian pimpinan, tidak boleh pembangunan itu berhenti. Terutama yang sudah jalan," kata Firdaus.

Baca Juga: Bahtiar Baharuddin Resmi Dilantik Jadi Pj Gubernur Sulsel

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya