Pilkada Serentak, 4 Kandidat di Sulsel Tebar Sinyal Berpasangan

Mereka sudah aktif bersosialisasi di masyarakat

Makassar, IDN Times - Pemilihan kepala daerah serentak baru akan memasuki tahapan pendaftaran bakal calon pada Maret tahun 2020. Namun sejak jauh hari, sejumlah kandidat bupati atau wali kota di Sulawesi Selatan sudah mulai bersosialisasi sebagai paket atau berpasangan.

Sejumlah paket kandidat bermunculan seiring proses penjaringan kandidat yang digelar sebagian partai politik. Meski belum pasti mendapat rekomendasi pencalonan dari parpol, pasangan ini sudah memperkenalkan diri dan ramai dibicarakan publik.

Di Sulsel, pilkada 2020 digelar serentak pada 12 kabupaten/kota. Berikut empat pasang kandidat yang sejauh ini mengisyaratkan akan berpasangan.

1. Basli Ali-Saiful Arif, Kepulauan Selayar

Pilkada Serentak, 4 Kandidat di Sulsel Tebar Sinyal BerpasanganHumas Sulsel/Facebook Saiful Arif

Bupati Kepulauan Selayar Basli Ali sudah terang-terangan mengungkapkan rencana pencalonan sebagai petahana di pilkada 2020. Dia ingin berpasangan dengan Saiful Arif, mantan wakil bupati Selayar sekaligus rivalnya di pilkada 2015.

Basli menyampaikan rencana itu saat mengikuti tes wawancara pada penjaringan kandidat bupati Selayar di DPD I Partai Golkar Sulsel, belum lama ini. Basli menyatakan sudah terbangun komunikasi politik antara dia dengan Saiful, dan serta mulai turun bersosialisasi.

"Kita telah membentuk tim dan membagi tugas, antara saya dan pak Saiful. Saat ini juga tim sudah sampai di desa,'' kata Basli Ali.

2. Askar HL-Andi Makmur, Bulukumba

Pilkada Serentak, 4 Kandidat di Sulsel Tebar Sinyal Berpasangan(Askar HL) Dok. IDN Times/Istimewa

Ketua PPP Bulukumba Askar HL kembali bertarung di pilkada tahun depan, setelah kalah di ajang sama tahun 2015. Kali ini dia menggandeng pejabat pemerintah Andi Makmur.

Askar tengah menanti rekomendasi dari partainya, PPP, sembari berharap dukungan koalisi dari parpol lain. Kedua kandidat kepala daerah ini juga sudah rutin bersosialisasi di masyarakat.

"Baru jalan sosialisasi seperti biasa. Saat kita melakukan sosialisasi di tempat berbeda, kita sampaikan kalau saya berpaket dengan pak Andi Makmur, begitu pula sebaliknya,'' ucap Askar.

Baca Juga: Jelang Pilkada Serentak 2020, Pemprov Sulsel Kuatkan Akurasi Data KTP

3. Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara, Tana Toraja

Pilkada Serentak, 4 Kandidat di Sulsel Tebar Sinyal Berpasangantanatorajakab.go.id

Pasangan yang dikenal dengan akronim NIVI ini menang lawan calon bupati petahana di pilkada Tana Toraja tahun 2015. Jelang periode masa jabatan berakhir, keduanya mengungkapkan rencana untuk kembali berpasangan di pilkada 2020.

Rencana itu disampaikan Victor kepada wartawan usai menjalani tes di DPD I Golkar Sulsel, pekan lalu. Dia menyebut hubungannya dengan Nico selama ini berjalan dengan baik.

"Setiap saat dan di setiap kesempatan kami sampaikan bahwa jika masih dipercaya dan ada dukungan dari masyarakat, kami berdua akan kembali maju dengan berpaket NIVI 2,'' kata Victor.

4. Yohanis Bassang-Marthen Rantetondok, Toraja Utara

Pilkada Serentak, 4 Kandidat di Sulsel Tebar Sinyal Berpasanganmimikakab.go.id/facebook Marthen Rantetondok

Om Bas, sapaan Yohanis Bassang, pulang kampung setelah menjadi wakil bupati Mimika, Papua, periode 2014-2019. Dia berencana mencalonkan diri di pilkada Toraja Utara.

Om Bas kini tengah memperjuangkan rekomendasi sejumlah parpol. Sebagai bakal calon wakil, dia memilih kader Partai Golkar Marthen Rantetondok.

"Pak Marthen memiliki komitmen dan visi-misi yang sama untuk membangun Toraja Utara untuk lebih baik," katanya.

Baca Juga: Sama-sama Serius, Dua Adik Mentan Berebut Golkar di Pilkada Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya