Comscore Tracker

6 Keutamaan Hari Jumat, Doamu akan Mudah Dikabulkan!

Sunnah-sunnah di hari jumat

Hari Jumat merupakan hari paling istimewa di antara hari-hari yang lain bagi umat muslim. Maka banyak sekali keutamaan dan sunah-sunah yang bisa dilakukan pada hari itu. 

Hari jumat hari yang paling baik karena banyaknya peristiwa yang diceritakan pada hari tersebut, Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda:

"Sebaik-baik hari yang padanya matahari terbit adalah hari Jumat, karena pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke dalam surga, dan  pada hari itu pula ia dikeluarkan dari surga." (HR.Muslim)

Apa aja ya keutamaan dan sunah-sunahnya di hari Jumat? Simak di bawah ini!

Baca Juga: Doa Sholat Jumat Lengkap dengan Arti dan Tata Caranya

1. Membaca surat Al-kahfi dan Yasin

6 Keutamaan Hari Jumat, Doamu akan Mudah Dikabulkan!ilustrasi membaca al quran (unsplash.com/masjid pogung dalangan)

Di hari Jumat, umat Islam disunnahkan untuk memperbanyak membaca Al-Quran, terutama membaca surat Al-Kahfi dan surat Yasin. Pahalanya adalah disinari dua Jumat dan dikabulkan doanya. 

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Siapa saja membaca surat al-Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi) 

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.”(HR. Ad Darimi) 

 “Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr)

2. Memperbanyak selawat kepada Nabi

6 Keutamaan Hari Jumat, Doamu akan Mudah Dikabulkan!alquran (pinterest.com/islam-kingdom)

Memperbanyak sholawat nabi pada malam dan hari Jumat tertuang dalam hadits yang diriwayatkan Baihaqi:

 "Perbanyaklah sholawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat, barangsiapa yang bersholawat kepadaku satu kali maka Allah akan bersholawat kepadanya 10 kali," (HR Baihaqi)

3. Memperbanyak doa

6 Keutamaan Hari Jumat, Doamu akan Mudah Dikabulkan!ilustrasi berdoa (pinterest.com/kalbi-nin sesini dinle)

Perbanyaklah berdoa di hari Jumat, karena ada waktu-waktu istijabah. "Dimana ketika seorang hamba berdoa maka Allah akan mengabulkan Do'a tersebut". Adapaun waktu yang banyak diterangkan ulama, pada saat duduknya khotib dan salamnya.

Di dalam hari Jumat terdapat satu waktu yang sangat mustajab untuk berdoa yaitu waktu setelah shalat Ashar jadi perbanyaklah berdoa diwaktu tersebut, Abu Hurairah meriwayatkan:

Rasulullah pernah menyampaikan perihal hari Jumat. Beliau mengatakan, 'Pada hari Jumat ada satu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim mengerjakan shalat lalu ia berdoa telat pada waktu tersebut, melainkan Allah akan mengabulkan doanya.' Kemudian beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu tersebut." (HR. Bukhari)

4. Perbanyak sedekah

6 Keutamaan Hari Jumat, Doamu akan Mudah Dikabulkan!ilustrasi sedekah (twitter.com/IndyPutrrr)

Bagi Muslim yang gemar bersedekah, ganjarannya bisa sampai tak terhitung dan senantiasa dilipatkangandakan. Apalagi, hal itu dilakukan di hari Jumat.

Rasulullah bersabda, "Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar'. Nabi bersabda, 'Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan'."

5. Bersegera menuju shalat jumat

6 Keutamaan Hari Jumat, Doamu akan Mudah Dikabulkan!ilustrasi menuju shalat jumat (twitter.com/tobelokodim)

Shalat Jumat adalah ibadah mulia yang di dalamnya banyak keutamaan dan pahala berlimpah. Dalam satu firman-Nya, Allah menyeru orang-orang beriman agar bersegera menunaikan sholat Jumat dan meninggalkanlah semua pekerjaan dan perniagaannya. 

Allah Ta'ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ ﴿٩﴾ فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ ﴿١٠﴾ وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انْفَضُّوا إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا ۚ قُلْ مَا عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ مِنَ اللَّهْوِ وَمِنَ التِّجَارَةِ ۚ وَاللَّهُ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhotbah). Katakanlah: 'Apa yang di sisi Allah lebih baik daripada permainan dan perniagaan', dan Allah sebaik-baik pemberi rezeki.” (QS. Al-Jumu’ah: 9-11)

6. Bersiwak, memotong kuku dan mencukur kumis

6 Keutamaan Hari Jumat, Doamu akan Mudah Dikabulkan!ilustrasi memotong kuku (twitter.com/bincangsyariah)

Dalam sebuah hadits riwayat Baihaqi dan At-Thabrani, Rasulullah SAW selalu bersiwak, memotong kuku, dan mencukur kumis setiap hari Jumat, tepatnya sebelum beliau berangkat ke masjid.

كان يقلم أظافره ويقص شاربه يوم الجمعة قبل أن يخرج إلى الصلاة

Artinya: "Adalah Rasulullah SAW memotong kuku dan mencukur kumis pada hari Jumat sebelum beliau pergi salat jumat." (HR Baihaqi dan At-Thabrani)

Baca Juga: 5 Rukun Khutbah Jumat, Lengkap dengan Bacaan Latin dan Artinya

pratiwi wii Photo Community Writer pratiwi wii

"Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain" Instagram @hestipartwi_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya