Comscore Tracker

Sekarang Bisa Panggilan Video dengan 8 Orang di WhatsApp, Ini Caranya

Jumlah partisipan meningkat dari sebelumnya cuma 4 orang

WhatsApp baru-baru ini memperbarui layanan panggilan videonya. Jumlah partisipan video call kini bertambah menjadi maksimal delapan orang, dari sebelumnya hanya empat.

Pembaruan yang berlaku per Rabu (29/4) ini seiring tren meningkatnya komuikasi secara virtual selama pandemik COVID-19. WhatsApp sendiri mencatat kini dalam satu bulan rata-rata penggunanya berbicara lewat panggilan selama lebih dari 15 miliar menit, atau jauh lebih banyak dibandingkan biasanya.

"Untuk mengakses layanan ini, pengguna perlu memperbarui aplikasi WhatsApp, untuk Android dan iOS, ke versi terbaru. Setelah itu, sama seperti cara lama, lakukan panggilan suara atau video dan pilih kontan hingga delapan orang untuk berkomunikasi," kata WhatsApp dalam keterangan pers yang dikutip dari Antara, Kamis (30/4).

Baca Juga: Sering Dilakukan, Ini 5 Alasan Jangan Biasakan Awali Chat dengan 'P'

1. WhatsApp jamin keamanan yang lebih baik dibandingkan aplikasi lain

Sekarang Bisa Panggilan Video dengan 8 Orang di WhatsApp, Ini Caranyapexels.com/Anton

Meski bertambah, partisipan dalam panggilan video di WhatsApp masih lebih sedikit jika dibandingkan aplikasi sejenis. Contohnya Google Duo, yang sejak lalu menambah kapasitas menjadi 12 orang. Sebelumnya, FaceTime juga menampung 32 partisipan dalam sekali panggilan untuk pengguna iPhone.

Meski begitu, WhatsApp menawarkan jaminan keamanan yang diklaim lebih baik dibandingkan yang lain. Panggilan para pengguna diklaim terlindung ekripsi end-to-end, sehingga percakapan hanya bisa diketahui oleh partisipan.

"Tidak ada orang lain di antara Anda, bahkan WhatsApp sendiri," kata mereka.

2. Layanan ini bisa dinikmati pada versi update teranyar

Sekarang Bisa Panggilan Video dengan 8 Orang di WhatsApp, Ini CaranyaIDN Times/Auriga Agustina

Supaya kamu bisa melakukan panggilan video hingga delapan peserta, pastikan telah memperbarui WhatsApp ke versi teranyar.  Kalau sudah memperbarui WhatsApp tapi fitur itu belum tersedia, maka kamu perlu mencadangkan riyawat obrolan dan memasang ulang aplikasi.

Versi terbaru WhatsApp sudah tersedia di iOS maupun Android. Pastikan juga peserta lain telah menggunakan versi pembaruan teranyar supaya bisa ditambahkan dalam panggilan grup.

3. Begini cara melakukan panggilan hingga delapan orang di WhatsApp

Sekarang Bisa Panggilan Video dengan 8 Orang di WhatsApp, Ini Caranyablog.whatsapp.com

Buka grup dan ketuk tombol Panggilan: jika grup memiliki jumlah peserta lebih tinggi dari batas lama (4) dalam panggilan, WhatsApp akan menanyakan kontak mana yang ingin Anda panggil. Jika tidak, panggilan akan langsung dimulai.

Peserta grup yang tidak disimpan di buku alamat Anda tidak akan ditambahkan dalam panggilan.

Kamu juga bisa memulai percakapan dengan cara : Buka tab Panggilan, ketuk tombol Panggilan, lalu pilih Panggilan grup baru. Di sini kamu  dapat memilih kontak mana yang akan dipanggil.

Baca Juga: 14 Trik Jitu Memulai Chat ala Netizen Bikin Perut Sakit, Ngakak Abis

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya