Comscore Tracker

Ramadan, Masjid Al Markaz Makassar Tiadakan Tarawih dan Buka Bersama

Seluruh aktivitas di lingkungan masjid ditiadakan sementara

Makassar, IDN Times - Masjid Al-Markaz Al-Islami di Makassar, Sulawesi Selatan, meniadakan aktivitas rutin selama Ramadan 1441 Hijriah, karena situasi pandemik COVID-19. Aktivitas yang dimaksud antara lain salat tarawih, buka puasa bersama, dakwah, serta bazar Ramadan.

Imam Besar Masjid Al-Markas KH M Muammar Bakry mengatakan, semua aktivitas dihentikan sementara karena menyangkut dengan kerumuman orang banyak. Keputusan ini sekaligus bentuk dukungan kepada pemerintah yang menjalankan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), yang mulai diterapkan pada Jumat (24/4) besok. 

"Kita di Al-Markaz itu mengikuti keputusan pemerintah untuk PSBB. Sehingga tidak ada kegiatan keramaian sama sekali. Dalam bentuk syiar-syiar dakwah, baik tarawih, buka puasa bersama atau bazar ramadan seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Muammar kepada IDN Times, Kamis (23/4).

Baca Juga: Hitungan BMKG, Sore Ini Hilal Ramadan Sudah di Atas Ufuk

1. Lingkungan masjid yang biasanya ramai kini terpaksa dibiarkan sepi

Ramadan, Masjid Al Markaz Makassar Tiadakan Tarawih dan Buka BersamaSeorang petugas membersihkan mimbar masjid Al Markaz Al Islami Makassar, Sabtu (14/3). IDN Times/Asrhawi Muin

Muammar mengatakan, Al-Markaz merupakan salah satu masjid favorit warga Makassar untuk melakukan beragam aktivitas pada bulan Ramadan. Biasanya, pada tahun-tahun sebelumnya, lingkungan masjid mulai dipadati orang sejak sehari sebelum bulan puasa.

Umumnya mereka yang datang selain untuk beribadah, juga untuk berbelanja. Mengingat, tiap tahun pengurus masjid menyediakan wadah bagi masyarakat untuk menggelar pasar ramadan. Namun karena tahun ini, Indonesia, khususnya Kota Makassar ikut terdampak pandemik COVID-19, seluruh aktivitas keagamaan dan berdagang di lingkungan masjid ditiadakan.

"Biasanya ada banyak kios-kios kita siapkan untuk pedagang. Padat, biasa selain ibadah, tarawih, buka puasa bersama, kemudian bazar. Untuk tahun ini, itu semua kita tiadakan sementara waktu sesuai aturan di dalam PSBB. Sama sekali tidak ada," ungkap Muammar.

2. Sepanjang Bulan Ramadan, Al-Markaz bagikan paket buka puasa ke warga

Ramadan, Masjid Al Markaz Makassar Tiadakan Tarawih dan Buka BersamaIlustrasi. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sebagai wujud perhatian kepada masyarakat terdampak corona, pengurus Masjid Al-Markaz bakal membagikan paket buka puasa selama Ramadan. Metode pembagian akan dilakukan dengan mendatangi langsung rumah-rumah warga atau warga di sekitar lingkungan masjid.

Pembagian langsung dilakukan untuk mengantisipasi dan menghidari kerumunan warga sesuai dengan aturan dalam PSBB di Makassar.

"Jadi masyarakat tidak berkumpul. Tidak berfokus pada satu titik di sini. Tapi tim kita nanti yang akan bawa ke masyarakat," ujar Muammar.

Sementara ini, dia dan jajarannya semetantara menyiapkan segala keperluan kebutuhan untuk dibagikan setiap buka puasa sepanjang ramadan. Pembagian dipertanggungjawabkan kepada tim khusus yang dibentuk oleh jajaran pengurus Masjid Al-Markaz.

3. Pandemik COVID-19 diharapkan tidak mengganggu ibadah sepanjang bulan Ramadan

Ramadan, Masjid Al Markaz Makassar Tiadakan Tarawih dan Buka BersamaANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Di sisi lain, Muammar mengingatkan kepada masyarakat, agar tidak henti-hentinya berdoa dengan khusyuk. Menurut dia, pandemik COVID-19 bukan suatu alasan yang mengakibatkan perjalanan ibadah bulan suci Ramadan ini terganggu.

Muammar mengimbau umat Muslim agar tetap melaksanakan ibadah sesuai tuntunan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam PSBB.

"Tahun ini kita diuji, mendapatkan cobaan, apakah kita masih konsisten melaksanakan ibadah di rumah. Kita berdoa agar situasi ini cepat berlalu dan kita kembali ke keadaan yang normal seperti sediakala," katanya.

Baca Juga: Kumpulan Doa Puasa Lengkap di Bulan Ramadan, dari Hari 1-30!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya