Comscore Tracker

Polisi Telusuri KTP di Lokasi Kebakaran Ruko Jalan Nusantara Makassar

Identitas mayat korban kebakaran masih misterius

Makassar, IDN Times - Teka-teki kematian pria dalam peristiwa kebakaran rumah toko di Jalan Nusantara, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, masih berselimut kabut misteri. Jajaran Satreskrim Polres Pelabuhan Kota Makassar, saat ini masih berupaya melacak identitas korban melalui sejumlah barang bukti.

Salah satu petunjuk yang ditelusuri petugas adalah kartu identitas perempuan yang ditemukan di sekitar mayat. "Pemilik KTP itu masih kita telusuri juga, mau dilacak. Karena memang dulu ini tempat mess wanita," kata Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Muhammad Kadarislam, saat dikonfirmasi, Rabu (29/7/2020).

1. Ruko kosong sejak Januari 2020 lalu

Polisi Telusuri KTP di Lokasi Kebakaran Ruko Jalan Nusantara MakassarOlah TKP temuan mayat dalam kebakaran ruko di Jalan Nusantara Makassar/Polres Pelabuhan Makassar

Kadarislam mengungkapkan, hasil penyelidikan sementara, ruko yang terbakar rupanya telah sejak lama kosong. Informasi sementara yang dikumpulkan pihaknya, ruko ini dijadikan mes pekerja di sekitar Jalan Nusantara, yang dijaga oleh sejumlah warga setempat. Dua di antaranya, telah diperiksa.

"Yang kita periksa yang pertama kali lihat api dan juga saksi yang menyatakan kalau gedung itu memang kosong sudah lama. Sejak bulan Januari itu sudah kosong memang," ungkap mantan Kapolres Kabupaten Bone, Sulsel ini.

2. Listrik sempat dicuri bangunan lainnya

Polisi Telusuri KTP di Lokasi Kebakaran Ruko Jalan Nusantara MakassarIlustrasi. Warga memasukkan pulsa token listrik di rumahnya di Kota Kediri, Jawa Timur, Minggu (5/4/2020). ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Sebagian dari material di dalam bangunan yang telah lama tidak ditinggali itu terbuat dari kayu. Diduga api dengan cepat menghanguskan bangunan karena dipicu oleh kayu dan percikan listrik dari dalam kamar lantai dua.

Beberapa bulan sejak bangunan dikosongkan, aliran listrik kemudian dicabut oleh petugas PLN. "Sudah tiga bulan ini listriknya sudah dicabut. Jadi kemungkinan sebelum dicabut, orang di sebelah bangunan itu nyuri listrik," ucap Kadarislam.

Sembari mendalami kasus ini, pihaknya juga masih menunggu hasil pemeriksaan tim laboratorium forensik terkait identitas pasti mayat pria yang ditemukan. "Yah sementara masih didalami lagi autopsinya apakah ada kekerasan terhadap korban atau tidak," tegasnya.

Baca Juga: Mayat Perempuan Ditemukan Usai Kebakaran di Jalan Nusantara Makassar

3. Bukti dalam olah TKP jadi petunjuk polisi ungkap identitas pasti mayat yang ditemukan

Polisi Telusuri KTP di Lokasi Kebakaran Ruko Jalan Nusantara MakassarOlah TKP temuan mayat dalam kebakaran ruko di Jalan Nusantara Makassar/Polres Pelabuhan Makassar

Peristiwa kebakaran di Jalan Nusantara Makassar terjadi Senin, 27 Juli 2020. Mayat ditemukan pertama kali oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar. Posisi mayat saat ditemukan disebut tengkurap dan tertindis kasur yang hangus terbakar di dalam kamar. Kebakaran terjadi sekitar pukul 12.14 WITA. Petugas berhasil memadamkan api pukul 15.42 WITA.

Sekitar pukul 19.30 WITA, damkar kembali menerima laporan bahwa percikan api masih terlihat di lantai 2 ruko itu. Pada pukul 22.00 WITA mayat kemudian ditemukan. Setelah mengolah tempat kejadian perkara, Selasa, 28 Juli 2020 kemarin, petugas menemukan sejumlah petunjuk yang mengarah ke identitas korban.

"Sekarang masih didalami, jadi hasil pemeriksaan labfor, telah diautopsi itu (korban) laki-laki, tingginya 150 cm kurang lebih. Di badannya ditemukan cincin di jari sama pakai celana jeans," kata Kadarislam Kasim kepada sejumlah jurnalis usai olah TKP.

Baca Juga: Teka-teki Identitas Mayat Korban Kebakaran di Jalan Nusantara Makassar

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya