Comscore Tracker

Polisi Serahkan Jasad Terduga Teroris MT kepada Keluarga 

"Bersangkutan ini kan terduga teroris, untuk apa divisum..."

Makassar, IDN Times - Jenazah MT, terduga teroris yang ditembak mati tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri dalam penyergapan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 15 April 2021, sudah dikembalikan kepada keluarganya.

Petugas Densus dibantu aparat Polda Sulsel menangkap MT di rumahnya, Jalan Manuruki 3, Kecamatan Biringkanaya. Polisi menyebut MT ditembak karena berupaya menyerang aparat dengan senjata tajam.

"Sudah diambil keluarganya sejak semalam," kata Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan kepada jurnalis, Jumat (16/4/2021). 

Baca Juga: Kesaksian Warga, Detik-detik Densus Sergap Terduga Teroris MT

1. Polisi memeriksa sejumlah saksi termasuk istri MT

Polisi Serahkan Jasad Terduga Teroris MT kepada Keluarga Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan/Humas Polda Sulsel

Pengambilan jenazah oleh pihak keluarga MT bertempat di kantor Bidokkes Polda Sulsel. Pengembalian jenazah dikawal ketat oleh petugas. Namun Zulpan mengaku belum mengetahui di mana MT dimakamkan.

"Saksi-saksi juga sudah diperiksa termasuk istrinya," ucapnya.  

Zulpan juga enggan berpekulasi dan menjelaskan lebih rinci mengenai latar belakang MT. Dia hanya menyebut MT merupakan jaringan Jemaah Ansharut Daulah (JAD) yang berbasis di perumahan Villa Mutiara, Makassar.

2. Polisi tegaskan jenazah tidak perlu visum dan diautopsi

Polisi Serahkan Jasad Terduga Teroris MT kepada Keluarga Kondisi rumah terduga teroris dipasangi garis polisi di Kecamatan Biringkanaya, Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Menurut keterangan sebelumnya, Zulpan mengatakan jenazah MT langsung dibawa ke RS Bhayangkara Makassar usai ditembak mati. Dia menyatakan jenazah MT tidak perlu diautopsi karena yang bersangkutan bersalah.

"Yang bersangkutan ini kan terduga teroris, untuk apa divisum apalagi diautopsi. Kita tinggal sampaikan ke keluarganya agar jenazah diambil," ujar Zulpan. 

3. MT ditembak karena dianggap melawan petugas saat hendak ditangkap

Polisi Serahkan Jasad Terduga Teroris MT kepada Keluarga Kondisi rumah terduga teroris dipasangi garis polisi di Kecamatan Biringkanaya, Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Zulpan menjelaskan, MT ditembak karena berupaya melawan petugas saat hendak ditangkap. 

"Yang bersangkutan melawan secara agresif dengan menggunakan dua parang yang panjang, yang tajam dan menyerang petugas dengan membabi buta," ungkap Zulpan. 

Baca Juga: Terduga Teroris yang Ditembak Eks Napiter Bom Pipa ke Syahrul YL

Topic:

  • Sahrul Ramadan
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya